EFEKTIVITAS STRATEGI PENGELOLAAN KELAS PADA GENERASI MILENIAL

Authors

  • Arif Wijaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Rizal Fathurrohman Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Intan Roudhotusyarifah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p94-101

Keywords:

Strategi Guru, Pengelolaan Kelas, Generasi Millenials

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan pengelolaan kelas yang berhasil untuk milenial, serta mengetahui strategi guru dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Dengan hasil bahwa pengkondisian kelas bagi generasi milenial rata-rata lebih dominan tergantung kepada guru bagaimana memanajemen kelas dan mengkondisikan kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research: systematic literature review. Dari beberapa penelitian yang berhasil di review masalah utama terletak dalam mempersiapkan, memperagakan, dan mengelola hasil dalam proses maupun hasil akhir untuk evaluasi dirinya ketika mengajar. Namun yang perlu digaris bawahi juga adalah guru harus memahami model belajar problem based learning, karena generasi millenial yang sangat kritis, dan menyukai debat maka dengan strategi diskusi, presentasi, debat kelompok di kelas efektif dalam menggugah minat belajarnya.

Author Biography

Arif Wijaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Islamic Education

References

<p>Abidin, Zainal, PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN <em>THINK PAIR  SHARE</em> UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 001 BINAMANG, <em>Jurnal PAJAR</em> (Pendidikan dan Pengajar) Program Studi  Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, Vol.I,No.02 November 2017.</p><p>Bahri, Syaiful. 2010. <em>Strategi Belajar Mengajar</em>. Jakarta: Rineka Cipta</p><p>Mark Loon, Jason Evans &amp;Clive Kerridge, 2015. œLearning with a strategic management simulation game: A case study, <em>The International Journal of Management E</em>ducation, Vol.13, Issue 3, hal. 227-236, <a href="https://doi.org/10.1016/j.ijme.2015.06.002">https://doi.org/10.1016/j.ijme.2015.06.002</a>.</p><p>Slavin, R.E. (2005).<em>Cooperative Learning</em>. A Simon And Schester Company: USA.</p><p>Wiswanti, C., &amp; Belaga, S. Y. (2020). œINTEGRASI NILAI KEISLAMAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI ERA MOOC (E-LEARNING) MELALUI STRATEGI PRE-POST RULES. <em>Jurnal</em><em> Pendidikan Islam</em>, 11(1), 86-99.</p><p>Sri Warsono, œPENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN BELAJAR SISWA, <em>Jurnal Manajer Pendidikan</em>, Vol.1X, No.(5), November 2016</p><p>Kusnandar. (2011). <em>Langkah-Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru</em>. Jakarta: Rajawali Press.</p><p>Prasetyaningsih dan Insih Wilujeng, œANALISIS KUALITAS PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN SAINS PADA SMP SSN DI KABUPATEN PATI, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA JPPI, Vol. 2, No. 2, Desember 2016, Hal. 147-165</p><p>Mardiah Kalsum Nasution, œPENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA, Jurnal Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017.</p><p>Marlisa, 2014. œPenerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains di Kelas V Sdn No. 106/I Muara Tembe, <em>Artikel Ilmiah</em>: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.</p><p>Irham, M. &amp; Wiyani, N. A. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan aplikasi <em>dalam</em> proses pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media. Kartono, K. 1998</p><p>Hamdiyatur Rohmah, 2019. œKURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM INSAN MULIA, MENUMBUHKAN LIFE SKILL SISWA, <strong>Prosiding Seminar Nasional &amp; Call Paper 206</strong>: Psikologi Pendidikan 2019 Fakultas pendidikan Psikologi, 13 April 2019.</p><p>Issaura Sherly Pamela1, Faizal Chan ,dkk.  œKEDISIPLINAN BELAJAR SISWA BERPRESTASI SEKOLAH DASAR NEGERI 13/1 RENGAS CONDONG MUARA BULIAN, Jurnal Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan <a href="http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera">http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera</a></p><p>Ekosiswoyo, Rasdi. 2000. Manajemen Kelas. Semarang: CV. Ikip.Semarang press.</p><p>Bahri Djamarah. 2000. Syaiful. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Rineka Cipta.</p><p>Fathurrohman. Pupuh. 2014. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum &amp; Islami, Cet ke 16, Bandung: Penerbit PT Refika Aditama.</p><p>Abu Hasan Agus R. 2015. œPENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN, <em>Jurnal Pendidikan Pedagogik</em>, Vol. 03 No.(1)</p><p>Sri Warsono. 2016. œPENGELOLAAN KELAS DALAM RANGKA PROSES BELAJAR MENGAJAR, <em>Jurnal Manajer Pendidikan</em>, Vol.X, No.5, hal.469-476</p><p>Clark, S. K., &amp; Byrnes, D. (2015). What millennial preservice teachers want to learn in their training. <em>Journal of Early Childhood Teacher Education</em>, Vol.36 (4), hal.379-395.</p><p>McDonald, N. C. (2015). œAre millennials really the œgo-nowhere generation?. <em>Journal of the American Planning Association</em>, Vol.81 (2),hal. 90-103.</p><p align="left">Saxon, D. P., Levine-Brown, P., &amp; Boylan, H. R. (2008). œAffective assessment for developmental students, part 1. <em>Research in Developmental</em><em> Education</em>, Vol.22 (1), hal.1-4.</p>Kristiawan, M., Jumeldi, A., Ahmad, S., &amp; Asvio, N. (2016). The Implementation Of Affective Assessment For Islamic Education In High School 1 Pariangan. <em>Research Journal of Social Sciences</em>, 9(4), hal.1-8.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Wijaya, A., Fathurrohman, R., Roudhotusyarifah, I., & Ibrahim, I. (2022). EFEKTIVITAS STRATEGI PENGELOLAAN KELAS PADA GENERASI MILENIAL. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 6(2), 94–101. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p94-101
Abstract views: 769 , PDF Downloads: 746