IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Authors

  • Winda Fajar Qomariah UIN Suska Riau
  • Rian Vebrianto UIN Suska Riau
  • Abu Anwar UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p82-86

Keywords:

Kurikulum, SD Babussalam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa paham guru tentang kurikulum yang sedang berlaku dan mengidentifikasi apa saja masalah dan bagaimana cara pihak guru sekolah menyelesaikan permasalahan dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Informan penelitian ini yaitu satu orang kepala sekolah, satu orang wakil kurikulum, satu orang guru kelas, satu orang tua siswa dan dua orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebenarnya guru paham dengan konsep kurikulum 2013 namun terkendala dalam proses pelaksanaannya karena kurangnya sosialisasi serta lemahnya kemampuan guru dalam teknologi informasi. Kemampuan guru dalam mengelola kelas dinilai baik namun dalam menyediakan media pembelajaran Guru terkendala karena lemahnya kemampuan IT Sumber Daya Manusia.

References

<p> </p><p class="DaftarPustaka">Abdulhak, I. (2017). Implementation Of Scientific Approach Based Learning To Think High Levels In State Senior High School In Ketapang. International Journal Of Education And Research, 5(8), 221 230. Retrieved From <a href="http://www.ijern.com/">Www.Ijern.Com</a></p><p class="DaftarPustaka">Abong, R. (2015). Konstelasi Kurikulum Pendidikan di Indonesia. <em>Jurnal At-Turats</em>, <em>9</em>(2), 37-47.</p><p>Herman Zaini. (2015). Karakteristik kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). <em>El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam</em>, <em>1</em>(01), 15-31.</p><p>Hidayat, R. (2011). <em>pengantar sosiologi kurikulum</em>. raja grafindo.</p><p>Kamiludin, K., &amp; Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. <em>Jurnal Prima Edukasia</em>, <em>5</em>(1), 58.</p><p class="DaftarPustaka">Milles, M. B. and Huberman, A. M. (2014) <em>Analisis Data </em><em>Kualitatif. Transleted by Tjetjep Rohendi Rohidi</em>. Jakarta: Universitas Indonesia Press.</p><p class="DaftarPustaka">Mislinawati, M., &amp; Nurmasyitah, N. (2018). Kendala Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Sd Negeri 62 Banda Aceh. <em>Jurnal Pesona Dasar</em>, <em>6</em>(2).</p><p>Nasrulloh, I., &amp; Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. <em>Jurnal Petik</em>, <em>3</em>(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355</p><p>Nur, R. . (2018). No Title. <em>Indonesia Journal Of Primary</em>, <em>2</em>, 114123.</p><p>Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Masril, Fanny<br /> Rahmatina Rahim.2017.Kurikulum Fisika SMA. Padang : SUKABINA press, Cetakan<br /> Pertama Desember 2017. ISBN : 978-602-6277-60-2.</p><p>Qondias, D., Kaka, P. W., &amp; Nau, M. I. K. (2018). Studi evaluasi kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar di wilayah timur Indonesia. <em>Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar</em>, <em>4</em>(1), 63-72.</p><p>Sakilah. (2002). <em>Ilmu Pengetahuan Sosial</em>. kreasi edukasi.</p><p>Sudarman.2019. Pengembangan Kurikulum.Kalimantan Timur, Mulawarman University</p><p>Sutrisno, E. N., &amp; Minsih, S. A. (2018). <em>Keterlibatan Wali Murid Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar IT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Ajaran 2017/2018</em> (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).</p><p>Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. <em>ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar</em>, <em>2</em>(1), 78-88.</p><p>Warda, M. K., &amp; Sri Hartini, S. H. (2017). <em>Problematika Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta</em> (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)..</p><p>Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam prespektif teori pembelajaran konstruktivis. <em>TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam</em>, <em>1</em>(1), 59-72.</p><p>Widiastuti, R., &amp; Fathoni, A. (2017). <em>Kesiapan Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SD Negeri I Girimarto Kabupaten Wonogiri</em> (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)..</p><p class="DaftarPustaka">Wisudaningrum, A., &amp; Risminawati, M. P. (2017). <em>Problematika dalam Penerapan Penilaian Kurikulum 2013 Bagi Guru di SD Muhammadiyah 24 </em></p><p class="DaftarPustaka"><em>Surakarta</em> (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).</p><p>W.F, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (k-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah dasar. <em>Al-Murabbi</em>, <em>3</em>, 263-278384.</p><p>Zainal Arifin,. 2011. Konsep &amp; Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.</p>

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Qomariah, W. F., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 6(2), 82–86. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p82-86
Abstract views: 2166 , PDF Downloads: 826