Pengembangan Kurikulum Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Berbasis Kompetensi dalam Membangun Profesionalisme dan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Authors

  • Widi Asih Nurhajati Universitas Negeri Surabaya
  • Bachtiar Sjaiful Bachri Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p156-164

Keywords:

pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, PNS, profesionalisme, kompetensi

Abstract

Diklat berbasis kompetensi diselenggarakan untuk mengatasi diskrepansi kompetensi PNS agar kemampuan PNS lulusan diklat sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Salah satu komponen dalam diklat berbasis kompetensi adalah kurikulum yang berbasis kompetensi berdasar pada kebutuhan akan kompetensi peserta diklat. Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan jaman berikut situasi dan kondisi di masyarakat, pengembangan kurikulum diklat perlu dilakukan. Pengembangannya tetap menyesuaikan dengan landasan pengembangan kurikulum, yakni landasan filosofis, psikologis, sosiologis dan IPTEK. Pengembangan kurikulum diklat berbasis kompetensi juga menyesuaikan dengan model kurikulum yang dikehendaki, sehingga kurikulum tersebut nantinya dapat menghasilkan lulusan diklat dengan kemampuan sesuai yang diinginkan. Pengembangan kurikulum diklat berbasis kompetensi pada akhirnya diharapkan dapat membangun profesionalisme dan kompetensi PNS dalam menjawab tantangan di masa depan.Dengan demikian diklat akan menghasilkan lulusan, dalam hal ini PNS, yang profesional dan kompeten. 


Abstract

Competency-based training is held to overcome the discrepancy of civil servant competence to the ability of civil servants graduate training in accordance with the expected competencies. One component of competency-based training is a competency-based curriculum based on competency needs of training participants. In order to meet the demands of the development of the times following the situation and conditions in the community, the development of training curriculum needs to be done. Its development still adjusts to the curriculum development foundation, namely philosophical, psychological, sociological and science and technology. Development of competency-based training curriculum also adapts to the desired curriculum model, so that the curriculum will be able to produce training graduates with the desired ability. Development of competency-based training curriculum is ultimately expected to build the professionalism and competence of civil servants in answering challenges in the future. Thus the training will produce graduates, in this case civil servants, who are professional and competent. 

References

Arifin, Z., 2015. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamanik, O., 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

LAN, 2015. Pedoman Akreditasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah, Indonesia.

Rahman, H.A.T., 2012. Pengembangan Karier Pegawai Negeri Sipil (PNS). Available at: http://harianggoro.mhs.narotama.ac.id/2012/06/19/pengembangan-karier-pns-pegawai-negri-sipil/.

Santoso, B., 2012. Definisi Profesional. Available at: https://inisantoso.wordpress.com/2012/09/25/definisi-profesional/.

Tangkilisan, H.N.S., 2005. Manajemen Publik, Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Downloads

Published

2018-01-09

How to Cite

Nurhajati, W. A., & Bachri, B. S. (2018). Pengembangan Kurikulum Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Berbasis Kompetensi dalam Membangun Profesionalisme dan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS). JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p156-164
Abstract views: 15446 , PDF Downloads: 6634