PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER DALAM BUKU PENDIDIKAN BUDAYA MELAYU RIAU
DOI:
https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p87-93Keywords:
Pendidikan Budaya Melayu Riau, pendidikan budaya dan karakter.Abstract
Buku Pendidikan Budaya Melayu Riau ini memang telah menyertakan karakter yang dikembangkan pada awal bab, yaitu nilai religius, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan budaya dan karakter yang terdapat dalam buku Budaya Melayu Riau yang ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Buku tersebut merupakan buku yang menjadi bahan ajar mata pelajaran Budaya Melayu Riau untuk kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Riau. Mata pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran muatan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode yang dapat digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik pengumpulan data dengan dokumen. Sugiyono (2021: 124) memaparkan bahwa dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. Pengumpulan data penelitian ini termasuk dalam teknik pengumpulan data dengan dokumen karena objek yang diteliti dalam bentuk tulisan, yaitu buku Pendidikan Budaya Melayu Riau. Terdapat 3 (tiga) karakter yang diutamakan oleh penulis buku dalam buku pelajaran Budaya Melayu Riau. Nilai-nilai tersebut adalah nilai religius, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab.Downloads
Published
2022-11-15
How to Cite
Sufa, D. P., Amir, A., & Gani, E. (2022). PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER DALAM BUKU PENDIDIKAN BUDAYA MELAYU RIAU. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 6(2), 87–93. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p87-93
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

