Pengaruh Advertising dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Menginap di Hotel POP! Diponegoro Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.v13n2.p530-539Kata Kunci:
advertising, budget hotel, consumer behavior, sales promotion, stay decisionAbstrak
Di Indonesia, salah satu industri yang berkembang pesat adalah industri pariwisata. Kota Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan dan industri di Jawa Timur. Hasil survei nasional melalui RedDoorz Indonesia menunjukkan bahwa 77% menggunakan akomodasi hotel sebagai sarana penginapan. Salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam industri pariwisata adalah kebutuhan konsumen akan fasilitas penunjang ketika melakukan perjalanan. Selain itu survei membuktikan penggunaan media sosial melalui Instagram tertinggi adalah 99,15 juta pengguna aktif Instagram atau sekitar 33,5% dari populasi, karena masih banyak yang mengandalkan rekomendasi teman melalui media sosial Instagram. Untuk menjadi merek hotel yang unggul, hotel harus melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan Keputusan Menginap. Selain itu, diperlukan upaya maksimal di tengah situasi sulit untuk meningkatkan pemasaran industri pariwisata dengan menggunakan teknologi yang sudah tersebar luas di masyarakat dunia. Perlu upaya maksimal untuk menarik minat konsumen alami dalam memutuskan menginap di hotel yang sesuai dengan keinginannya sesuai dengan kebutuhannya melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan menginap di POP! Diponegoro Surabaya. Penelitian ini memilih Periklanan dan Promosi Penjualan sebagai variabel independen. Populasi yang digunakan adalah masyarakat yang pernah menginap di POP! Diponegoro dengan usia minimal 21 tahun tanpa memandang sumber penghasilannya. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling sehingga menghasilkan 75 sampel. Data pengujian ini menggunakan analisis linier berganda dengan software IBM SPSS versi 21. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Periklanan dan Promosi Penjualan mempunyai pengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap Keputusan Tinggal.
Referensi
Aas, T. H., & Pedersen, P. E. (2011). The impact of service innovation on firm-levelfinancial performance. The Service Industries Journal, 31(13), 2071–2090.
Alam I and Perry C (2002). A customer-oriented new service development process. Journal of Services Marketing 16(6): 515–534.
Anastasia, Melliana. 2006. Menjelajah Tubuh: Perempuan dan Mitos Kecantikan. Yogyakarta: Lkis
Antoncic, B. and Hisrich, R.D. (2001), “Intrapreneurship: construct refinement and cross-cultural validation”, Journal of Business Venturing, Vol. 16, pp. 495-527.
Amrullah, Siburian, P. S., & ZA, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.
Arslan, M., & Zaman, R. (2014). Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intention: A Study of Retail Store in Pakistan. 4(22), 2225–2484.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Atik,dan ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bharwani S and Mathews D (2016) Customer service innovations in the Indian hospitality industry. Worldwide Hospitality and Tourism Themes 8(4): 416–431.
Bian, Qin and Forsythe, Sandra. 2011. Purchase intention for luxury brands: A cross cultural comparison. Journal of Business Research.
De Jong, J.P.J., Bruins, A., Dolfsma, W., & Meijgaard, J. (2003). Innovation in service firms explored: What, how and why? Strategic study B200205. Zoetermeer: EIM Business & Policy Research.
Den Hertog, P. (2000). Knowledge-intensive business services as co-producers ofinnovation. International Journal of Innovation Management, 4(4), 491–528.
Djaya, A.M. (2007). Natural Beauty Inner Beauty: Manajemen Diri Meraih Kecantikan Sejati dari Khazanah Tradisional. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Engel. (2000). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jidil I. Jakarta: Binarupa Aksara.
Grönroos, C. (2007). Service management and marketing (3rd ed.). Chichester: JohnWiley.
Hapsari, A. P. (2008). Analisis Perbandingan Penggunaan Celebrity Endorser dan Typical-Person Endorser dan Hubungannya Dengan Brand Image Produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen.
Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882-897.
Howard, J. A. (1994). Buyer Behavior in Marketing Strategy, 2nd Edition. New Jersey: Prentice-Hall.
Kartajaya, H. (2009). New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Keller, K. L. (1993). How to manage brand equity. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Keller, K. L. (1998). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P dan G. Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen pemasaran. Jilid kedua. (10th ed). Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Benyamin Molan, Penerjemah, Jakarta : PT Indeks.
Lemy, Diena., Edmund Goh & Jie Ferry. (2019). Moving out of the silo: How service quality innovations can develop customer loyalty in Indonesia’s hotels. Journal of Vacation Marketing, 1-18.
Lin, N. (2007). The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. August, 121–132.
Malhotra, N.K. (2017). Riset Pemasaran.
New York: McGraw-Hill.
Narver, J.C., & Slater, F.S. (1990). The effect of a market orientation on business profitability. Journal of Marketing, 54(4), 20–35.
Rangkuti, F. (2008). The Power of Brands. Jakarta: Gramedia.
Reinartz, W., & Ulaga, W. (2008). How to sell services more profitably. HarvardBusiness Review, 86(5), 90.
Resmawa, I. N. (2017). Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai Moderating Variabel pada Produk the Body Shop di Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1–11.
Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta.
Tajeddini, K., Trueman, M. and Larsen, G. (2006), “Examining the effect of market orientation on innovativeness”, Journal of Marketing Management, Vol. 22 Nos 5/6, pp. 529-51.
Tambajong, Geraldy. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di Pt. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA Volume 1 Nomor 3 September 2013, Halaman 1291- 1301.
Tantri, A. P., & Widiastuti, T. (2013). ( Some Factors That Influence Customer Satisfaction at Toko Kosmetik. 8(1), 60–71.
Teher, B.S., & Metcalfe, J.S. (2001). Services and systems of innovation, paper at DRUID 2002.
Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. (2000). Prinsip- Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.
Toivonen, M., & Tuominen, T. (2009). Emergence of innovations in services. TheService Industries Journal, 29(7), 887–902.
Wu, P. C. S., Yeh, G. Y. Y., & Hsiao, C. R. (2011). The effect of store image and service quality on brand image and purchase intention for private label brands. Australasian Marketing Journal, 19(1), 30–39.
Wyckof, 2002, Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid I, Erlangga, Jakarta.
Zeithaml, V.A., Bitner, M. J. dan Gremler, D. D. (2009). Service Marketing – integrating customer focus across the firm (5th ed.)
Zeithaml,Valarie A and Bitner,M.J.2003.Service Marketing.Tata McGraw-Hill.Hal 62
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 161
,
PDF Downloads: 56







