PENGARUH PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE DAN SALES PROMOTION TERHADAP PURCHASE DECISION (STUDY PADA KONSUMEN TUMBLER TUPPERWARE)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p268-279Kata Kunci:
Product Quality, Brand Image, Sales Promotion, Purchase DecisionAbstrak
Tupperware merupakan salah satu perusahaan di industri peralatan rumah tangga yang memproduksi tumbler yang telah meraih Top Brand Awards selama 3 tahun berturut-turut di Indonesia. Indonesia merupakan target pasar terbesar Tupperware dengan jumlah pembeli terbesar ke-2 di dunia. Banyaknya pembelian konsumen dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan penjualan suatu perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Artikel ini membahas tentang Brand Image, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan pada Keputusan Pembelian Tupperware Tumbler. Analisis data menggunakan pendekatan regresi linier berganda dengan SPP 26. Menggunakan sampel 100 responden secara sampling dengan skala likert sebagai alat ukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merekomendasikan tupperware untuk menjaga Brand Image yang positif, memberikan Kualitas Produk yang optimal dan melakukan Sales Promotion lebih banyak untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas produk tumbler Tupperware yang baik mendorong keputusan konsumen untuk membeli, Brand Image meningkatkan kepercayaan konsumen dalam membeli atau menggunakan produk, sedangkan Sales Promotion mendorong konsumen untuk membeli tumbler Tupperware.
Referensi
ish.com. (2019). Review Jujur Brand Tupperware. (https://www.123ish.com/id/entries/1583-review-jujur-brand-tupperware. Diakses pada 7 Agustus 2021)
Aaker, D. A., & Biel, A. L. (2009). Brand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates.
Ambolau, M. A. P., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2015). The Influence of Brand Awareness and Brand image on Purchase decision (Study on Aqua Consumers in Administrative Science Faculty Brawijaya University Class of 2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 2(2): 1-8.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran (Jilid 1). Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Dikemas. 2021. Beralih Kemasan yang Ramah Lingkungan Berubah Lebih Baik. (https://dikemas.com/beralih-kemasan-yang-ramah-lingkungan-berubah-lebih-baik. Diakses pada 6 Maret 2021)
Eleboda, S. S. (2017). Sales Promotion as a Strategy in Service Marketing : Exploring the Believability Dilemma and Consumer Purchase Decision. American Journal of Marketing Research, 3(2): 8-15.
Elvierayani, R. R., & Choiroh, F. (2020). Pengaruh Green Product dan Green Price Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tupperware (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen FE UNISLA). Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(1): 67-75.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer Behavior (8th ed.). New York: The Dryden Press.
Febriana, A., & Yusnita, R. T. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Ditinjau dari Kualitas Produk dan Strategi Multi Level Markrting (MLM) dengan Model Tupperware Party (survei pada member dan konsumen Tupperware di Kota Tasikmalaya). Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(2): 154-166. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.668
Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, I., & Sudita, I. N. (2010). Perilaku Keorganisasian (3rd ed.). Yogyakarta: BPFE.
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1): 54-70. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1827
Ikawati, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Di Toko Sakinah Jambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 5(1): 1-6.
Indonesiabaik.id. 2019. Kurangi Sampah Plastik! Gerakan Satu Juta Tumbler. (https://indonesiabaik.id/infografis/kurangi-sampah-plastik-gerakan-satu-juta-tumbler. Diakses pada 7 Agustus 2020)
Keller, K.L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed.). Harlow: Pearson.
Keller, Kevin Lane. (2003). Brand Synthesis: The Multidimensionality of Brand Knowledge. Journal of Consumer Research, 29(4): 595-600.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12 Jilid 1). Jakarta: PT. Indeks.
Kurnianingsih, W., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1): 18-27.
Malhotra, N. K. (2017). Riset Pemasaran (Keempat). Jakarta: Indeks.
Malingkas, J. (2015). Penggunaan Plastik Untuk Wadah Makanan dan Minuman. Kompasiana. (https://www.kompasiana.com/produktupperwaredanlocknlock/55547783b67e616c14ba55f4/penggunaan-plastik-untuk-wadah-makanan-dan-minuman. Diakses pada 9 Juni 2021)
Maslakhah, A. N., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Mascara Oriflame (Studi Pada Konsumen Mascara Oriflame Wilayah Surabaya Pusat). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(4): 486-492.
Nangoy, C. L., & Tumbuan, W. J. F. A. (2018). The Effect of Advertising And Sales Promotion on Consumer Buying Decision of Indovision Tv Cable Provider. Jurnal EMBA, 6(3): 1228-1237.
Novansa, H., & Ali, H. (2017). Purchase decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME products) 1. Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(8): 621-632. https://doi.org/10.21276/sjhss
Pandensolang, J. D., & Tawas, H. N. (2015). The Influence of Differentiation, Product Qualty and Brand Equity Toward Purchasing Decision of Coca-Cola At PT. Bangun Wenang Beverges Company in Manado. Jurnal EMBA, 3(3): 1113-1124.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Kesembilan). Jakarta: Erlangga.
Prasetiyo, A. R., & Andjarwati, A. L. (2021). Analisis Gaya Hidup Hedonis, Harga, Dan Kualitas Produk Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3): 990-1001.
Priscillia, E., & Indriyani, R. (2019). Pengaruh product knowledge, product involvement terhadap repurchase intention pada produk Tupperware di kalangan ibu rumah tangga di Surabaya. Jurnal Manajemen, 17(3): 129-141. https://doi.org/https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601037
Raditya, B., Yuliati, L. N., & Krisnatuti, D. (2019). Analysis of the Effect of Brand Image, Product Quality and After-Sales Service on Repurchase decision of Samsung Smartphones. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 92(8): 19-32. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-08.03
Ristanti, A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3): 1026-1037. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p1026-1037
Sabdillah, R., Hidayat, R., & Lubis, D. S. W. (2017). Influence of Celebrity Endorser Raisa Andriana in Advertisement on Magnum Ice Cream Brand image on the Transmart Costumers. Journal Online Jaringan Pengajian Seni Bina, 10(1): 112-115. https://doi.org/10.31227/osf.io/q4z2d
Schiffman, L., & Kanuk, L. (2009). Perilaku konsumen (7th ed.). Jakarta: Indeks.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Sholihat, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9): 1-15.
Suhaily, L., & Darmoyo, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Precieved Price dan Brand image pada Keputusan Pembelan Dimediasi oleh Customer Trust (Studi Pada Produk Elektronik Merek Jepang). Jurnal Manajemen, 21(02): 179-194.
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Yogyakarta: Ghalia Indonesia
Supriyadi, Wiyani, W., & Indra, G. K. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1): 14-28.
Tarigan, M. (2021). Kurangi Plastik, Berikut 5 Wadah Pengganti yang Bisa Digunakan. Cantika. (https://www.cantika.com/read/1479528/kurangi-plastik-berikut-5-wadah-pengganti-yang-bisa-digunakan. Diakses pada 19 Agustus 2021)
Tjiptono, F. (2001). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjokroaminoto, J., & Kunto, Y. S. (2014). Analisa Pengaruh Brand Image Dan Company Image Terhadap Loyalitas Retailer Studi Kasus Pt Asia Paramita Indah. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1): 1-11.
Tokoplas. (2020). Bagaimana Plastik Membantu Kehidupan Kita. (https://tokoplas.com/blog/plastic/kebutuhan-akan-kemasan-plastik/c2614c05-8de1-11eb-8467-7cd30ae46b32. Diakses pada 30 November 2021)
Top Brand. (2021). Top Brand Index. (https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=tupperware. Diakses pada 18 Juni 2021)
Tuperware.com. (2020). Tupperware Product. (https://www.tupperware.id/About. Diakses pada 20 September 2021)
Wibowo, S. F., Sari, E. P., & Saidani, B. (2017). The Effect of Trust and Brand image on Purchase Decree ( Us Toyota Car Survey In Jakarta Region ). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 8(2): 317-337.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 2312
,
PDF Downloads: 2089







