PENGARUH CAREER SUCCESS TERHADAP CAREER CRAFTING DENGAN LEARNING VALUE OF THE JOB SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.vn.p639-653Kata Kunci:
career crafting, learning value of the job, objective career success, subjective career successAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh career success terhadap career crafting dengan learning value of the job sebagai variabel moderasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 77 karyawan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa objective career success tidak memiliki pengaruh terhadap career crafting, subjective career success berpengaruh positif terhadap career crafting, peran moderasi learning value of the job memperlemah objective career success terhadap career crafting, peran learning value of the job tidak memoderasi subjective career success terhadap career crafting. Implikasi dari temuan ini adalah perusahaan harus lebih memerhatikan dan bertindak secara berkelanjutan terhadap keberhasilan karier yang dirasakan, baik secara objektif maupun subjektif, serta learning value dari pekerjaan karyawannya untuk menumbuhkan perilaku karier proaktif mereka.
Referensi
Ge, X., Gao, L., & Yu, H. (2023). A New Construct in Career Research: Career Crafting. Behavioral Sciences, 13(1), 49. https://doi.org/10.3390/bs13010049
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam & Latan, Hengky (2017). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0, Edisi ke-3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro
Ghozali, Imam. (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris, Edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hirschi, A., & Koen, J. (2021). Contemporary career orientations and career self-management: A review and integration. Journal of Vocational Behavior, 126, Article 103505. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.103505
Janssen, E., van der Heijden, B. I. J. M., Akkermans, J., & Audenaert, M. (2021). Unraveling the complex relationship between career success and career crafting: Exploring nonlinearity and the moderating role of learning value of the job. Journal of Vocational Behavior, 130, Article 103620. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2021.103620
Thomas, W. H. N., Lillian, T. E., Kelly, L. S., & Daniel, C. F. (2005). Predictors of Objective and Subjective Career Success: a Meta-Analysis. Personnel Psychology, 58(2), 367-408. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.2005.00515.x.
Tims, M., & Akkermans, J. (2020). Job and Career Crafting to Fulfill Individual Career Pathways. In Career Pathways: From School to Retirement. Oxford University Press (Issue February), 165-190. https://doi.org/10.1093/oso/9780190907785.003.0010
Tri Wijayati, D., Fazlurrahman, H., Kholidi Hadi, H., Rahman, Z., & Kautsar, A. (2020). Coaching As Determinant of Job Performance: Co-working Support As Mediating Variable. KnE Social Sciences, April, 240-250. https://doi.org/10.18502/kss.v4i7.6855
Vidwans, M. (2016). Exploring career success with the new paradigm of career crafting. https://researcharchive.lincoln.ac.nz/handle/10182/8040
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

