Pengaruh Online Customer Trust Dan Online Store Environment Terhadap Online Impulse Buying Melalui Perceived Enjoyment Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen TikTok Shop)

Penulis

  • Sherly Regita Cahyani Universitas Negeri Surabaya
  • Yessy Artanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jim.v11n2.p252-265

Kata Kunci:

Online Customer Trust, Online Impulse Buying, Online Store Environment, Perceived Enjoyment, Social Commerce.

Abstrak

Adanya kemudahan dalam mengakses social commerce menyebabkan pembelian impulsif secara online meningkat secara signifikan. Mengetahui serta membahas hubungan antara online customer trust, online store environment, perceived enjoyment, dan online impulse buying merupakan tujuan utama dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan menggunakan 110 responden. Menggunakan model SEM dengan software AMOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawa terdapat pengaruh antara online customer trust, online store environment, perceived enjoyment, dan online impulse buying. Penelitian ini berguna bagi para peneliti serta social commerce khususnya TikTok Shop guna memperhatikan serta memperdulikan bagaimana pentingnya online customer trust ,online store environment, serta perceived enjoyment bagi konsumen.

Referensi

Ahdiat, A. (2022). Banyak Konsumen Lebih Pilih E-Commerce untuk Belanja Fashion. Databoks. (https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/08/banyak-konsumen-lebih-pilih-e-commerce-untuk-belanja-fashion. Diakses pada 21 Maret 2023)

Dunne, P. M., & Lusch, R. F. (2005). Retailing. Ohio: South Western, A Division of Thomson Learning.

Entrepreneur, J. (2022). 7 Strategi Bisnis untuk Bersaing di Era Digital (https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-bersaing-di-era-digital. Diakses pada 22 Desember 2022)

Data Reportal. (2022). Digital 2022: Indonesia. (https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia. Diakses pada 8 April 2023)

Kominfo. 2020. Apa itu Industri 4.0 dan bagaimana Indonesia menyongsongnya. (https://www.kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media. Diakses pada 23 Desember 2022)

Loukides, G. and A. S. (2016). Assessing The Drivers Of Online Impulse Buying. Proceedings of 4th International Conference on Contemporary Marketing Issues (ICCMI 2016), 1-5. https://eprints.mdx.ac.uk/id/eprint/22798

Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta. Erlangga.

Nielsen, A. C. (2007). Survei Of Consumer Behavior and Perception Toward Modern Retail and Traditional Trade Channels. Jakarta: Departemen Perdagangan Indonesia

Octavilia, D. (2023). Penjualan TikTok Shop Melebihi Marketplace Tokopedia. Cek Faktanya. PopStar. (https://www.pop-star.me/blogs/penjualan-tiktok-shop-melebihi-marketplace-tokopedia-cek-faktanya. Diakses pada 21 Maret 2023)

Populix. 2022. Orang Indonesia Makin Gemar Belanja Online lewat Media Sosial, Terbanyak di TikTok Shop. (https://tekno.kompas.com/read/2022/09/25/08000077/orang-indonesia-makin-gemar-belanja-online-lewat-media-sosial-terbanyak-di. Diakses pada 25 Desember 2022)

Razak, D. 2022. Impulse Buying di Era Post-Pandemic. (https://file.iainpare.ac.id/impulse-buying-di-era-post-pandemic. Diakses pada 25 Desember 2022)

Samat, N. A., & Gisip, I. A. (2022). Examining Factors Affecting Online Impulse Buying Of Apparels Among Consumers In Kota Kinabalu, Insight Journal, 9(2), 1-9. https://doi.org/10.24191/insightjournal.v0i0.17404

Sisi. 2022. Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Gaya Hidup Masyarakat. (https://sisi.id/stories/life-at-sisi/pengaruh-perkembangan-teknologi-terhadap-gaya-hidup-masyarakat. Diakses pada 25 Desember 2022)

Sunarto, A. (2009). Seluk Beluk e - Commerce : Panduan Bagi Pemula Untuk Menjual Produknya Melalui Internet. Yogyakarta. Garailmu.

Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2015). Electronic Commerce A Managerial and Social Networks Perspective. Springer Cham Heidelberg New York Dordrecht London. http://www.springer.com/series/10099

Vrechopoulos, A. P. (2005). Designing alternative store layouts for internet retailing. In Consumer Driven Electronic Transformation: Applying New Technologies to Enthuse Consumers and Transform the Supply Chain, 91-109. Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/3-540-27059-0_7

Wibowo, T. (2019). Pengaruh Consumer Trust dan Expectation Terhadap Online Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Situs Jual Beli Online Bukalapak di Kota Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(12), 22-30. https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/624

Wu, X., & Gao, Y. (2011). Applying the Extended Technology Acceptance Model to the Use of Clickers in Student Learning: Some Evidence from Macroeconomics Classes. American Journal of Business Education, 4(7), 43-50. https://doi.org/10.19030/ajbe.v4i7.4674

Yusniar, Y. (2021). Fenomena Impulse Buying (Pembelian Tidak Terencana) Pada Praktik Belanja Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah. Al-Ilmu, 6(2), 99-121. https://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/AIJKIS/article/view/302

Zhang, L., Shao, Z., Li, X., & Feng, Y. (2021). Gamification And Online Impulse Buying: The Moderating Effect Of Gender And Age. International Journal of Information Management, 61, 102267. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102267

Zakawali, G. (2023). 10 Barang Terlaris di TikTok Shop, Bisa Jadi Ide Jualan!. Sirclo. (https://store.sirclo.com/blog/barang-terlaris-di-tiktok-shop. Diakses pada 21 Maret 2023)

Diterbitkan

2023-04-11

Cara Mengutip

Cahyani, S. R., & Artanti, Y. (2023). Pengaruh Online Customer Trust Dan Online Store Environment Terhadap Online Impulse Buying Melalui Perceived Enjoyment Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen TikTok Shop). Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 252–265. https://doi.org/10.26740/jim.v11n2.p252-265

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 3095 , PDF Downloads: 3030

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.