PEMANFAATAN TEKNOLOGI ASISTIF KALKULATOR UANG UNTUK BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL

Authors

  • donik lestari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/gkjsen.v4i2.35322

Abstract

Abstrak

Kesulitan dalam memahami konsep matematika uang seringkali menjadi tantangan bagi siswa dengan hambatan intelektual. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan menghitung uang dan motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan kalkulator uang dalam meningkatkan kemampuan menghitung uang dan motivasi belajar pada enam siswa kelas 5 dengan hambatan intelektual di SLBN Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kedua aspek yang diukur. Pada Siklus 1, rata-rata kemampuan menghitung uang siswa meningkat dari 19% pada tahap pra-tindakan menjadi 49%, dan motivasi belajar meningkat dari 35% menjadi 55%. Peningkatan lebih lanjut terlihat pada Siklus 2, dengan kemampuan menghitung uang mencapai 74% dan motivasi belajar mencapai 80%. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi asistif, seperti kalkulator uang, dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa dengan hambatan intelektual menguasai keterampilan hidup sehari-hari.

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

lestari, donik. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI ASISTIF KALKULATOR UANG UNTUK BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 4(2). https://doi.org/10.26740/gkjsen.v4i2.35322
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 11