Sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan

Authors

  • Muhammad Arif Permana Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Syafaruddin Syafaruddin Pedidikan Olahraga, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Wahyu Indra Bayu Universitas Sriwijaya https://orcid.org/0000-0002-0650-8783
  • Rasyono Rasyono Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.28737

Keywords:

sikap, belajar, PJOK

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan sikap belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri. Metode penelitian berupa deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi sebanyak 439 peserta didik SMP Negeri kelas VII dan VIII tahun pelajaran 2022/2023, metode Proportionate Stratified Random Sampling digunakan untuk memilih sampel sehingga didapatkan sebanyak 82 peserta didik. Angket tertutup yang terdiri atas 42 pernyataan digunakan untuk mengukur sikap belajar peserta didik. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata: (1) Sikap peserta didik pada indikator kognitif sebesar 83,60% dikategorikan tinggi; (2) Sikap belajar peserta didik pada indikator afektif sebesar 84,77% dikategorikan tinggi; dan (3) Sikap belajar peserta didik pada indikator konatif sebesar 84,83% dikategorikan tinggi. Simpulan penelitian adalah sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri dikategorikan tinggi dengan rata-rata 84,18. Sikap belajar peserta didik dominan terletak pada interval 76 – 85% sebesar 48,78%, kemudian 46,34% pada interval 86 – 100%, dan 4,88% diantara interval 60 – 75%, sedangkan pada interval 55 – 59%, dan ≤ 54% tidak ditemukan (0%). Sikap belajar peserta didik berada pada kategori tinggi memungkinkan tuntutan belajar yang tinggi terhadap proses pembelajaran untuk itu guru harus lebih inovatif sehingga pembelajaran yang dilaksanakan mampu memenuhi harapan belajar peserta didik.

References

Hidayah, N., Hardika, Hotifah, Y., Susilawati, S. Y., & Gunawan, I. (2017). Psikologi Pendidikan (N. Hidayah, Hardika, & I. Gunawan (eds.)). Universitas Negeri Malang.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin (eds.)). LPPPI.

Purwanto, N. (2015). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2016). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sobur, A. (2015). Psikologi Umum. Pustaka Setia.

Taufik, M. S., Rahadian, A., Sungkawa, M. G. G., Iskandar, T., & Ridlo, A. F. (2020). Manajemen Penjas (Abdul (ed.)). CV. Adanu Abimata.

Wawan, A., & Dewi. (2015). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika.

Yusmawati, & Hutomo, P. (2021). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Praktek dan Aplikasi. CV. Nakomu.

Published

2024-01-13

How to Cite

Permana, M. A., Syafaruddin, S., Bayu, W. I., & Rasyono, R. (2024). Sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.28737

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 155 , PDF Downloads: 106 , PDF Downloads: 4

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.