Sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan

Authors

  • Muhammad Arif Permana Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Syafaruddin Syafaruddin Pedidikan Olahraga, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Wahyu Indra Bayu Universitas Sriwijaya https://orcid.org/0000-0002-0650-8783
  • Rasyono Rasyono Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.28737

Keywords:

sikap, belajar, PJOK

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan sikap belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri. Metode penelitian berupa deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi sebanyak 439 peserta didik SMP Negeri kelas VII dan VIII tahun pelajaran 2022/2023, metode Proportionate Stratified Random Sampling digunakan untuk memilih sampel sehingga didapatkan sebanyak 82 peserta didik. Angket tertutup yang terdiri atas 42 pernyataan digunakan untuk mengukur sikap belajar peserta didik. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata: (1) Sikap peserta didik pada indikator kognitif sebesar 83,60% dikategorikan tinggi; (2) Sikap belajar peserta didik pada indikator afektif sebesar 84,77% dikategorikan tinggi; dan (3) Sikap belajar peserta didik pada indikator konatif sebesar 84,83% dikategorikan tinggi. Simpulan penelitian adalah sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri dikategorikan tinggi dengan rata-rata 84,18. Sikap belajar peserta didik dominan terletak pada interval 76 – 85% sebesar 48,78%, kemudian 46,34% pada interval 86 – 100%, dan 4,88% diantara interval 60 – 75%, sedangkan pada interval 55 – 59%, dan ≤ 54% tidak ditemukan (0%). Sikap belajar peserta didik berada pada kategori tinggi memungkinkan tuntutan belajar yang tinggi terhadap proses pembelajaran untuk itu guru harus lebih inovatif sehingga pembelajaran yang dilaksanakan mampu memenuhi harapan belajar peserta didik.

References

Aniodo, D. A., Eskay, M., & F., E. (2014). Knowledge, Attitude and Practice of Physical Activities Among Undergraduate Students of University of Nigeria, Nsukka. Paripex-Indian Journal of Research, 3(8), 22–27.

Arifin, B., Nuro, F. R. M., Muzakki, A., & Riska, L. I. (2022). Implementasi Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 104–111. https://doi.org/10.22219/jp2sd. v10i1.20508

Columna, L., Dillon, S. R., Norris, M. L., Dolphin, M., & McCabe, L. (2017). Parents’ perceptions of physical activity experiences for their families and children with visual impairments. British Journal of Visual Impairment, 35(2), 88–102. https://doi.org/10.1177/0264619617691081/ASSET/IMAGES/LARGE/10.1177_0264619617691081-FIG1.JPEG

Demircan, Ö., & Erden, F. T. (2015). Parental involvement and developmentally appropriate practices: a comparison of parent and teacher beliefs. Early Child Development and Care, 185(2), 209–225. https://doi.org/10.1080/03004430.2014.919493

dos Santos, S. J., Hardman, C. M., Barros, S. S. H., Santos, C. da F. B. F., & de Barros, M. V. G. (2015). Association between physical activity, participation in Physical Education classes, and social isolation in adolescents. Jornal de Pediatria, 91(6), 543–550. https://doi.org/10.1016/J.JPED.2015.01.008

Hadiyah, H. C., & Nurhayati, F. (2013). Survei Tentang Sikap Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Siswa Kelas V SDN Kedungmungal, Kec. Pungging, Kab. Mojokerto). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 118–121. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2812

Hidayah, N., Hardika, Hotifah, Y., Susilawati, S. Y., & Gunawan, I. (2017). Psikologi Pendidikan (N. Hidayah, Hardika, & I. Gunawan (eds.)). Universitas Negeri Malang.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin (eds.)). LPPPI.

Kolbe, L. J. (2019). School Health as a Strategy to Improve Both Public Health and Education. Annu. Rev. Public Health, 40, 443–463. https://doi.org/10.1146/annurev-publhealth

Prasetiyo, R., & Susanto, N. (2021). Pengaruh Sikap Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PJOK. Jurnal Sporta Saintika, 6(2), 147–154. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/sporta.v6i2.189

Purwanto, N. (2015). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Riciputi, S., McDonough, M. H., & Ullrich-French, S. (2016). Participant Perceptions of Character Concepts in a Physical Activity–Based Positive Youth Development Program. Journal of Sport and Exercise Psychology, 38(5), 481–492. https://doi.org/10.1123/jsep.2016-0061

Rifa’i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik untuk Efektivitas Pembelajaran) (R. Ananda & M. Fadlhi (eds.)). CV. Widya Puspita.

Slameto. (2016). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sobur, A. (2015). Psikologi Umum. Pustaka Setia.

Taufik, M. S., Rahadian, A., Sungkawa, M. G. G., Iskandar, T., & Ridlo, A. F. (2020). Manajemen Penjas (Abdul (ed.)). CV. Adanu Abimata.

Utomo, Y. R., & Hamdani, H. (2022). Identifikasi Aktivitas Fisik dan Perilaku Pasif Siswa SD Al Multazam Surabaya di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 89–94. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/46819

Wawan, A., & Dewi. (2015). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika.

Yusmawati, & Hutomo, P. (2021). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Praktek dan Aplikasi. CV. Nakomu.

Zoki, A., & Prasetiyo, R. (2023). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar PJOK. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 146–150. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.313

Published

2024-01-13

How to Cite

Permana, M. A., Syafaruddin, S., Bayu, W. I., & Rasyono, R. (2024). Sikap belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.28737

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 38 , PDF Downloads: 2