Tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) tentang kebersihan pribadi siswa kelas vi sd negeri wadungasih 1

Authors

  • Regyta Yustyamy Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Sri Wahjuni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v2i1.22993

Keywords:

PHBS, kebersihan pribadi, siswa

Abstract

Masa keemasan seorang anak dimulai semenjak memasuki usia sekolah dasar karena identik dengan usia agen perubahan. Sehingga dalam masa ini sangat cocok jika mulai diajarkan tata cara Penanaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) supaya apa yang diajarkan bisa melekat dalam diri individu dengan baik. Riset yang dilakukan bertujuan untuk memahami tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) tentang kebersihan pribadi siswa kelas V SD Negeri Wadungasih 1 Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Riset ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam riset ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Wadungasih 1 dengan mengimplementasikan teknik total sampling yang didapatkan 67 responden. Instrumen penelitian ini berupa angket pengetahuan PHBS siswa SD Negerti Wadungasih 1 Sidoarjo yang berupa pertanyaan pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen angket untuk mengukur tingkat pengetahuan PHBS tentang kebersihan pribadi siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan presentase hasil ukur tingkat pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan pengimplementasian PHBS pada siswa ditemukan bahwa kategori “kurang” yaitu 0 siswa. Kategori “cukup” sebanyak 6 siswa atau 8,96% dan kategori “baik” sebanyak 61 siswa atau 91,04%. Dengan  nilai rata-rata siswa 84,14, nilai maksimal 97,22 dan nilai minimum 58,33 serta nilai standar deviasinya 6,93. Sebagian besar pemahaman dan implementasi PHBS siswa kelas VI SD Negeri Wadungasih 1 dalam kategori baik. Maka dari itu harus dipertahankan dan agar menjadi kebiasaan diperlukan penanaman pengetahuan tambahan yang komprehensif.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aswadi, Syahrir, S., Delastara, V., & Surahmawati. (2017). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Siswi SDK Rita Pada Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur. Al-Sihah : Public Health Science Journal, 9(2), 187–196.

Cahyaningrum, R. (2016). Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap Kebersihan Pribadi Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Kraton Yogyakarta.

Chrisnawati, Y., & Suryani, D. (2020). Hubungan Sikap, Pola Asuh Keluarga, Peran Orang Tua, Peran Guru dan Ketersediaan Sarana Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), 1101–1110. https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.484

Dasar, T. P. D. S. (2021). Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 2021.

Dreibelbis, R., Freeman, M. C., Greene, L. E., Saboori, S., & Rheingans, R. (2014). The Impact of School Water, Sanitation, and Hygiene Interventions on the Health of Younger Siblings of Pupils: A Cluster-Randomized Trial in Kenya. American Journal of Public Health, 104(1), 91–97. https://doi.org/10.2105/AJPH.2013.301412

Grimes, J. E. T., Tadesse, G., Gardiner, I. A., Yard, E., Wuletaw, Y., Templeton, M. R., Harrison, W. E., & Drake, L. J. (2017). Sanitation, Hookworm, Anemia,Stunting, and Wasting in Primary School Children in Southern Ethiopia: Baseline Results from a Study in 30 Schools. PLoS Neglected Tropical Diseases, 11(10), 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pntd.0005948

Jimung, M. (2019). Pengaruh Guru Sebagai Role Model terhadap Motivasi Penerapan PHBS Siswa di SMP Freater Parepare. Jurnal Kesehatan Lentera ACITYA, 6(2), 40–45. http://www.lppmfatimaparepare.org/index.php/acitya/article/view/45

Julianti, R., Drs. H. M Nasirun, M. P., & Wembrayarli, S.Pd., M. S. (2018). Pelaksanaan PHBS Di Lingkungan Sekolah. Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17.

McMichael, C. (2019). Water Sanitation and Hygiene (WASH) in Schools in Low-Income Countries: A Review of Evidence of Impact. 10.3390/ijerph16030359. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(3), 1–21. https://doi.org/10.3390/ijerph16030359

Nasiatin, T., & Hadi, I. N. (2019). Determinan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri. Faletehan Health Journal, 6(3), 118–124. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i3.111

Riani Rompas et al. (2018). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat anak Usia Sekolah di SD Inprestalikuran Kecamatan Kawangkoan Utara.

Saunders-Hastings, P., Crispo, J. A. G., Sikora, L., & Krewski, D. (2017). Effectiveness of Personal Protective Measures in Reducing Pandemic Influenza Transmission: A Systematic Review and Meta-Analysis. Epidemics, 20, 1–20. https://doi.org/10.1016/j.epidem.2017.04.003

Shaughnessy, R., Hernandez, M., & Haverinen-Shaughnessy, U. (2022). Effects of classroom cleaning on student health: a longitudinal study. Journal of Exposure Science & Environmental Epidemiology. Journal of Exposure Science and Environmental Epidemiology, 32(5), 767–773. https://doi.org/10.1038/s41370-022-00427-8

Sholikhah, H. H., & Sustini, F. (2013). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tentang Food Borne Disease pada Anak Usia Sekolah di SDN Babat Jerawat I Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Buletin Penelitian Kesehatan, 16(4), 351–362.

Vionalita, G., & Kusumaningtiar, D. (2017). Knowledge of Clean and Healthy Behavior and Quality of Life among School-Children. January. https://doi.org/10.2991/hsic-17.2017.67

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Yustyamy, R., & Wahjuni, E. S. (2023). Tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) tentang kebersihan pribadi siswa kelas vi sd negeri wadungasih 1. Bima Loka: Journal of Physical Education, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v2i1.22993

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 320 , PDF Downloads: 112