The Relationship Between Addiction to the Online Game Mobile Legends Bang-Bang (MLBB) and Sleep Quality in Teenagers

Authors

  • Ferdi Fauzi Universitas Negeri Padang
  • Devi Rusli Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v15n02.p218-228

Keywords:

Online game addiction, sleep quality, teenagers, kecanduan game online, kualitas tidur, remaja

Abstract

Background: Teenagers in Padang City have a high interest in online games, especially Mobile Legends Bang-Bang. Objective: The aim of research was to determine the relationship between online game addiction and sleep quality in teenagers of Padang. Method: A correlational quantitative approach was used for this research. The sample used 300 teenagers using purposive sampling technique. The sleep quality measuring tool by Buysse et.al (1989) contains 10 items consisting of 18 subjective questions and 6 observational questions. The online game addiction measuring tool contains 21 items with 3 questions for each aspect. Data analysis used Spearman’s technique because the data distribution was not normal but linear for both variables. Result: The results show a significant relationship between online game addiction and sleep quality in teenagers, with p = 0.001 (< 0.05). Conclusion: Thus, it can be concluded that the higher the level of online game addiction in teenagers, the lower the sleep quality they experience. This research also found differences in the level of online game addiction and sleep quality in terms of gender.

Abstrak

Latar Belakang: Remaja di Kota Padang memiliki minat yang tinggi pada game online khususnya Mobile Legends Bang-Bang. Tujuan: Tujuan penelitian dilakukan adalah mengetahui hubungan  kecanduan game online dengan sleep quality pada remaja di Kota Padang. Metode: Pendekatan kuantitatif korelasional digunakan untuk penelitian ini. Sampel digunakan sebanyak 300 remaja melalui teknik purposive sampling. Alat ukur sleep quality oleh Buysse et.al (1989) terdapat 10 item terdiri 18 pertanyaan subjektif dan 6 pertanyaan observatif.  Alat ukur kecanduan game online memiliki 21 item dengan 3 pertanyaan pada tiap aspek. Analisis data menggunakan teknik Spearman karena distribusi data tidak normal tetapi linier pada kedua variabel. Hasil: Hasil menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kecanduan game online dan sleep quality pada remaja, dengan nilai p=0,001 (< 0,05). Kesimpulan: Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa makin tinggi tingkat kecanduan game online pada remaja, maka makin rendah sleep quality yang mereka alami. Penelitian ini juga menemukan adanya perbedaan tingkat kecanduan game online dan sleep quality yang ditinjau dari jenis kelamin.

 

Author Biography

Devi Rusli, Universitas Negeri Padang

Department of Psychology

References

Amanda, R. A. (2016). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku agresif remaja di Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 4(3), 290-304. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2601

Amanah, S., Mahendra, A. M., & Silaen, J. (2023). Peran konseling keluarga dalam mengatasi kenakalan remaja. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3406-3409. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11542

APJII. (2023). Penetrasi & profil perilaku pengguna internet Indonesia. Buletin APJII Quartal 2.

Aulia, D., Karim, D., & Erika. (2023). Hubungan kecanduan game online dengan kualitas tidur pada remaja. Riau Nursing Journal, 1(2), 245-253. https://rnj.ejournal.unri.ac.id/index.php/rnj/article/view/39

Buysse, D. J., Reynolds, C. F., Monk, T. H., Berman, S. R., & Kupfer, D. J. (1989). The Pittsburgh sleep quality index: A new instrument for psychiatric practice and research. Psychiatric Research, 28(2), 193-213. https://doi.org/10.1016/0165-1781(89)90047-4

Chung, J. S., An, H., & Suh, S. (2020). What do people do before going to bed? A study of bedtime procrastination using time use surveys. Sleep Research Society, 43(4), 1-10. https://doi.org/10.1093/sleep/zsz267

Darwis, M., Amri, K., & Reymond, H. (2020). Dampak dari kecanduan game online di kalangan remaja usia 15-18 tahun di Kelurahan Kayuombun. Ristekdik Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 228-233. http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2020.v5i2.228-233

Diananda, A. (2018). Psikologi remaja dan permasalahannya. Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133. http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/istighnaHarya

Febriandari, D., Nauli, F. A., & Rahmalia, S. (2016). Hubungan kecanduan bermain game online terhadap identitas diri remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 50-56. https://doi.org/10.26714/jkj.4.1.2016.50-56

Fenny, F., & Supriatmo, S. (2016). Hubungan kualitas tidur dan kuantitas tidur dengan prestasi belajar pada mahasiswa fakultas kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 5(3), 140-147. http://dx.doi.org/10.22146/jpki.25373

Fitri, N., Hanum, F. J., & Reza, M. (2020). Hubungan penggunaan smartphone pada malam hari terhadap kualitas tidur mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 1(3), 379-385. https://doi.org/10.25077/jikesi.v1i3.78

Ghuman, D., & Griffiths, M. D. (2012). A cross-genre study of online gaming: Player demographics, motivation for play and social interactions among players. International Journal of Cyber Behavior Psychology And Learning, 2(1), 13-29. https://10.4018/ijcbpl.2012010102

Griffiths, M. (2000). Does internet and computer “addiction” exist? Some case study evidence. Cyberpsychology & Behavior, 3(2), 211-218. https://doi.org/10.1089/109493100316067

Haibannissa, S., Sulastri, T., & Ningsih, R. (2022). Dampak bermain game online terhadap kualitas tidur pada remaja SMA. Jurnal Keperawatan, 7(2), 201-213. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.968

Handriana, I., Wati, E., & Amelia, D. (2021). Hubungan kebiasaan bermain game online dengan pola tidur pada remaja di Desa Baturuyuk Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka tahun 2021. E-Journal STIKES YPIB Majalengka, 9(2), 168-179. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2729617

Haryati, H., Yunaningsi, S. P., & Raf, J. (2020). Faktor yang mempengaruhi kualitas tidur mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Halu Oleo. Jurnal Surya Medika, 5(2), 22-33. https://doi.org/10.33084/jsm.v5i2.1288

Hurlock, E. B. (1998). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga

Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan kecanduan game dengan motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap bimbingan dan konseling. Konselor, 4(4), 200-207. https://doi.org/10.24036/02015446473-0-00

Jelita, T., Takaeb, A. E. L., & Ndoen, E. M. (2023). Hubungan kecanduan game online dengan pola tidur remaja SMA Negeri 1 Kupang saat pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2(4), 861-874. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v2i4.2331

Keswara, U. R., Syuhada, N., & Wahyudi, W. (2019). Perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(3), 233-239. Https://Doi.Org/10.33024/Hjk.V13i3.1599

King, D & Delfabbro, P. (2019). Internet gaming disorder: Theory, assessment, treatment and prevention. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/C2016-0-04107-4

Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2009). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. Media Psychology, 12(1), 77-95. https://doi.org/10.1080/15213260802669458

Mulyadi, M., & Iriyanti, S. (2016). Sosialisasi dampak negatif kecanduan smartphone. Journal of Social Empowerment, 1(2), 102-107. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jse/article/view/284

Nashori, F., & Diana, R. R. (2005). Perbedaan kualitas tidur dan kualitas mimpi antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Humanitas (Jurnal Psikologi Indonesia), 2(2), 77-88. http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v2i2.317

Nursyifa, F. I., Widianti, E., & Herliani, Y. K. (2020). Gangguan tidur mahasiswa fakultas keperawatan Universitas Padjadjaran yang mengalami kecanduan game online. Jurnal Keperawatan BSI, 8(1), 32-41. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/166

Pramesti, A., Embrik, I. S., & Pratiwi, A. (2023). Hubungan kecanduan game online dengan kualitas tidur pada remaja di SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang. Jurnal Dunia Ilmu Kesehatan, 1(2), 45-49. https://doi.org/10.59435/jurdikes.v1i2.156

Pratama, P. G. J. Y., Wartiningsih, M., & Karimah, A. (2022). Korelasi antara resiko kecanduan game online menggunakan gadget terhadap kualitas tidur mahasiswa kedokteran Universitas Ciputra. Prominentia Medical Journal, 3(1). https://doi.org/10.37715/pmj.v3i1.2756

Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak game online terhadap perubahan perilaku sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98–103. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3236

Rizal, G. L., & Pratiwi, P. A. (2022). Hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial remaja di Kota Padang. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 126-134. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1310

Sari, E., Dewi, A. P., & Karim, D. (2021). Pengaruh terapi Seft terhadap kualitas tidur remaja dengan insomnia: Literature review. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 1-14. https://jurnal.usk.ac.id/JIK/article/view/21493

Sastrawan, I. M. A., & Griadhi, I. P. A. (2017). Hubungan antara kualitas tidur dan daya konsentrasi mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika Udayana, 6(8), 1-8. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/33470

Sathyanarayana, A., Joty, S., Luque, L. F., Ofli, O., Srivastava, J., Elmagarmid, A., Arora, T., & Taheri, S. (2016). Sleep quality prediction from wearable data using deep learning. JMIR Mhealth Uhealth, 4(4), 1-13. https://doi.org/10.2196/mhealth.6562

Sleep Foundation. (2022). Sleep statistics. A OneCare Media Company. https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/sleep-facts-statistics

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

WHO. (2018). Gaming disorder. https://www.who.int/news-room/q-a/detail/gaming-disorder

Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam penelitian psikologi & pendidikan. UMM Press.

Yee, N. (2002). Ariadne – understanding MMORPG addiction.

Young, K. (2009). Internet addiction: Diagnosis and treatment considerations. Journal of Contemporary Psychotherapy, 39(4), 241-246. https://Doi.Org/10.1007/S10879-009-9120-X

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Fauzi, F., & Rusli, D. (2024). The Relationship Between Addiction to the Online Game Mobile Legends Bang-Bang (MLBB) and Sleep Quality in Teenagers. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 15(02), 218–228. https://doi.org/10.26740/jptt.v15n02.p218-228
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 13