Managing Academic Stress: Case Study of High School Students and Strategies in Biology Learning

Authors

  • Naufalia Qisthi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mia Angrianan Juniarti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yanti Hamdiyati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adi Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Winarno Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v15n01.p32-47

Keywords:

Academic Stress, Social Emotional Learning, Biology Learning Strategy, Stres Akademik, Strategi Pembelajaran Biologi

Abstract

Abstract

Background: Stress is a phenomenon that is often ignored in society because it is related to mental health. Academic stress is a subjective response to high academic demands and changes in the school environment. Objectve: These findings highlight the need for educational institutions to consider lesson timing to manage students' academic stress. Method: The research method used is quantitative descriptive. In data analysis, 40 students from one class were taken as samples using purposive sampling technique. The sample determined by the researcher was public and private high school students without gender restrictions. Result: The variable biology lesson hours has a significant correlation with students' academic stress levels, while gender does not have a significant correlation. The Kruskal Wallis test showed little difference in stress levels between biology lessons held in the morning or afternoon. Conclusion: Using the SEL approach can help educational institutions create learning environments that are more adaptive and responsive to students' needs in dealing with academic stress.

 

Abstrak

Latar Belakang: Stres merupakan fenomena yang sering diabaikan dalam masyarakat karena terkait dengan kesehatan mental. Stres akademik merupakan respons subjektif terhadap tuntutan akademik yang tinggi dan perubahan lingkungan sekolah. Tujuan: Temuan ini menyoroti perlunya institusi pendidikan mempertimbangkan pengaturan waktu pelajaran untuk mengelola stres akademik siswa. Method: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengeksplorasi tingkat stres akademik siswa Sekolah Menengah Atas pada pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Dalam analisis data, 40 siswa dari satu kelas diambil sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang ditentukan oleh peneliti yaitu siswa SMA negeri dan swasta tanpa batasan jumlah gender. Hasil: Variabel jam pelajaran biologi memiliki korelasi signifikan dengan tingkat stres akademik siswa, sedangkan gender tidak memiliki korelasi signifikan. Uji Kruskal Wallis menunjukkan sedikit perbedaan dalam tingkat stres antara pelajaran biologi yang diadakan pada jam pagi atau siang. Simpulan: Penggunaan pendekatan SEL dapat membantu institusi pendidikan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa dalam menghadapi stres akademik.

References

Abdullah, S. F., Shah, N. A., & Idaris, R. M. (2020). Stress and its Relationship with the Academic Performance of Higher Institution Students. International Journal of Advanced Research in Education and Society, 2(1), 61-73.

Ahmad, B., & Laha, M. S. (2020). Penerapan Studi Lapangan dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sosiologi Iisip Yapis Biak). Jurnal Nalar Pendidikan, 2(1), 63-72.

Ambarwati, D., Wibowo, U., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173-184. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560.

Andiarna, F., & Kusumawatim E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stes Akademik Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2).

Agustin, I. S., Razak, A., & Jalal, N. M. (2023). Resiliensi dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 3(1), 96-107.

Astuti, H. P. P., & Syaifuddin. (2022). Pengelolaan Stres Akademik di Masa Pandemi: Studi Kasus pada Siswa di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 110-122.

Aziz, H. A. (2022). Guru harus dapat Adaptif Soal Teknologi agar menjadi Alat dalam Melawan Problematika Pendidikan. Thesis Commons. https://doi.org/10.31237/osf.io/zw2rs

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2015). Tingkat Tekanan akademik Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Universitas Pelita Harapan Surabaya, 1(1).

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa dengan Belajar. Jurnal Edicatto: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40-47.

Costa, C., Briguglio, F., Mondello, S., Teodoro, M., Pollicino, M., Canalella, A., Verduci, F., Italia, S., & Fenga, C. (2021). Perceived Stress in a Gender Perspective: a Survey in a Population of Unemployed Subjects of Southern Italy. Frontiers in Public Health, 9(1), 1-9.

Desamparado, C. G. A., Mendoza, S. J., Minguito, T. K., & Moneva, J. C. (2019). Stress Levels among the Senior High School Students in Practical. International Journal of Scientific and Research Publications, 9(1), 464-475. http://dx.doi.org/10.29322/IJSRP.9.01.2019.p8559

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dony Darma Sagita, Shafna Utami Nur Fairuz, & Syifa Aisyah. (2021). Perbedaan Tekanan akademik Mahasiswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Konseling Andi Matappa, 5(1), 9–16.

http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v5i1.862

Fahmi, N. N., & Slamet. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Jurnal Hisbah, 13(1).

Goliszek, A. (2005). Stress Management: 60 Second, (in Indonesian). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Green, Z. A., Faizi, F., Jalal, R., & Zadran, Z. (2021). Emotional Support Received Moderates Academic Stress and Mental Well-being in a Sample of Afghan University Students amid COVID-19.

Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. H. (2017). Perbedaan Tekanan akademik pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan berdasarkan Jenis Kelamin di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News, 2(3), 220-229.

Helaluddin & Alamsyah. (2019). Kajian Konseptual tentang Social-Emotional Learning (SEL) dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan, 11(1), 1-16.

Hidayat, R., Siswanto, A., & Bangun, B. N. (2017). Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia Rentjana Pembelajaran 1947 hingga Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Labsos.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas ”Outdoor Learning”. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Iskandar. (2020). Teachers’ Fidelity to Curriculum: An Insight From Teachers’ Implementation of The Indonesian EFL Curriculum Policy. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), Vol. 3, No. 2, 2020, pp. 50-55.

Izzati, I. D. C., Tentama, F., & Suyono, H. (2020). Academic Stress Scale: A Psychometric Sudy for Academic Stress in Senior High School. European Journal of Education Studies. 7(7), 153-165.

Jannah, A. B. N., Kholili, M. I., & Hidayat, R. R. (2022). Stres Akademik dalam Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh: Perbedaan Gender. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 6(1), 36-48.

https://doi.org/10.20961/jpk.v6i1.62485

Karaman, M. A., Lerma, E., Vela, J. C., & Watson, J. C. (2019). Predictors of Academic Stress among College Students. Journal of College Counseling, 22(1), 41-55. https://doi.org/10.1002/jocc.12113

Khoirunnisa., & Gumiandari, S. (2023). Menurunkan Stres Akademik Siswa SMA NU Lemahabang dengan Menggunakan Teknik Self Instruction dan Self Efficacy. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 887-895.

Kowal, M., Coll-Martín, T., Ikizer, G., Rasmussen, J., Eichel, K., Studzińska, A., Koszałkowska, K., Karwowski, M., Najmussaqib, A., Pankowski, D., Lieberoth, A., & Ahmed, O. (2020). Who is the Most Stressed During the COVID-19 Pandemic? Data From 26 Countries and Areas. Applied Psychology: Health and Well-Being, 1–21. https://doi.org/10.1111/aphw.12234

Kusuma, A. D., Rachmah, D. N., & Dewi, R. S. (2018). Perbedaan Stres Akademik pada Siswa yang Bersekolah Full Day dan yang tidak Full Day di MAN Tanah Bumbu dan MAN 3 Banjarmasin. Jurnal Kognisia, 1(1), 55-62.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231.

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Octasya, T., & Munawaroh, E. (2021). Level of Academic Stress for Students of Guidance and Counseling at Semarang State University during the Pandemic. Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(1), 27-33.

OECD. (2018). Social and Emotional Skills Well-being, Connectedness and Success. Directorate for Education and Skills OECD: Prancis.

Olff, M. (2017). Sex and Gender differences in Post-Traumatic Stress disorder: an update. European Journal of Psychotraumatology, 8(4). https://doi.org/10.1080/20008198.2017.1351204

Öner, H., & Karabudak, S. S. (2021). Negative Emotions and Coping Experiences of Nursing Students During Clinical Practices: A Focus Group Interview. Journal of Psychiatric Nursing, 12(3), 205-215.

https://doi.org/10.14744/phd.2021.59480.

Panggabean, D., & Hidayat, D. (2022). Integrasi Teknologi Pembelajaran dalam Aktivitas Belajar dan Mengajar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5020-5024.

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1061.

Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The Impact of Stress on Students in Secondary School and Higher Education. International Journal of Adolescence and Youth. 25(1), 104-112.

Quraisy, A., Wahyuddin., & Hasni, N. (2021). Analisis Kruskal-Wallis terhadap Kemampuan Numerik Siswa. Journal of Statistics and its Application on Teaching and Research. 3(3), 156-161.

https://doi.org/10.35580/variansiunm12895

Rahayu, E. W., & Djabbar, M. E. A. (2019). Peran Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Prosiding Temilnas XI IPPI, 216-224.

Rohmatillah, W., & Kholifah, N. (2021). Stres Akademik antara Laki-Laki dan Perempuan Siswa School from Home. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 8(1), 38-52.

Rosanti., Purwanti., & Wicaksono, L. (2022). Studi tentang Stres Akademik pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(9), 1576-1582.

Saputri, N. V. C., Rohimah, T. R., Riandi., & Widodo, A. (2022). Analisis Rancangan Inovasi Menggunakan Berbagai Aplikasi pada Pendekatan, Metode, Model, dan Media dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 84-90.

Shofiyah, M. N., & Chamid, M. S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Stres Siswa saat Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Regresi Logistik Ordinal. Jurnal Sains dan Seni ITS, 11(1), 23-28.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyati. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Pada Siswa Kelas V Mi Mabdaul Huda Kedung Karang Wedung Demak, Tahun Pelajaran 2018/2019.

Suparno, P. (2013). Konsep Inteligensi Ganda Dan Aplikasinya Di Sekolah: Cara Menerapkan Konsep Multiple Intelligences Howard Gardner. Yogyakarta: Kanisius.

South, J. (2017). Reimagining the Role of Technology in Education: National education Technology Plan Update. USA: U.S. Department of Education.

Tantri, S., & Roseline, C. (2021). Hubungan Jenis Kelamin, Stress, dan Kepuasan Mahasiswa Akuntansi terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1783-1797.

doi:10.24843/EJA.2021.v31.i07.p14

Valdez, P. (2019). Circadian Rhytms in Attention. The Yale Journal of Biology and Medicine, 92(1), 81-92.

Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: UPI Press.

Wilujeng, C. S., Habibie, I. Y., Ventyaningsih, A. D. I. (2023). Hubungan antara Jenis Kelamin dengan Kategori Stres pada Remaja di SMP Brawijaya Smart School. Smart Society Empowerment Journal, 3(2), 6-11.

Yikealo, D., Yemane, B., & Karvinen, I. (2018). The Level of Academic and Environmental Stress among College Students: A Case in the College of Education. Open Journal of Social Sciences, 6(11), 40–57. https://doi.org/10.4236/jss.2018.611004

Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning (SEL) to Reduce Student Academic Stress during the COVID-19 Pandemic: Social Emotional Learning (SEL) untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Proceding of Innter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1-8.

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Qisthi, N., Juniarti, M. A. ., Hamdiyati, Y., Rahmat, A., & Winarno, N. (2024). Managing Academic Stress: Case Study of High School Students and Strategies in Biology Learning. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 15(01), 32–47. https://doi.org/10.26740/jptt.v15n01.p32-47
Abstract views: 298 , PDF Downloads: 193