PENGARUH MODUL TEMATIK BERBASIS INTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN

Authors

  • Silviana Nur Faizah Universitas Islam Lamongan
  • Minahul Mubin Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p72-76

Keywords:

Modul tematik, integrasi Islam dan sains, energi dan perubahannya, hasil belajar

Abstract

Modul tematik berbasis integrasi Islam dan sains merupakan bahan ajar yang memuat seluruh kompetensi inti dalam pembelajaran tematik. Pada Modul ini Kompetensi Inti 1 yaitu spiritual termuat dalam bentuk integrasi al-Quran dengan materi pada tema energi dan perubahannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Modul Tematik Berbasis Integrasi Islam dan Sains pada Tema Energi dan Perubahannya terhadap hasil belajar siswa MI Murni Sunan Drajat Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen One Group Pre-Test Post-Test dengan menggunakan sampel penelitian di Kelas III A dengan jumlah 36 siswa. Dalam modul ini terdapat materi yang diintegrasikan dengan al-Quran pada tema energi dan perubahannya beserta soal evaluasi. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah 30 butir tes hasil belajar pretest dan posttest dengan metode analisis gain score dan mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul tematik berbasis integrasi islam dan sains pada tema energi dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar, ditunjukkan berdasarkan hasil rerata gain score 0,32 dengan kategori sedang dan mean posttest (81,3) > pretest (72,2). Modul Tematik Berbasis Integrasi Islam dan Sains pada Tema Energi dan Perubahannya diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan intelektual dan spiritual siswa di Madrasah.

References

Esha, Muhammad Inam. 2009. Institutional Transformation. Malang: UIN Maliki Press.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mudlofir, Ali. 2011. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2015. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih dan Erliana Syaodih. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi, Bandung: PT. Refika Aditama.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Surabaya: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2019-02-28

How to Cite

Faizah, S. N., & Mubin, M. (2019). PENGARUH MODUL TEMATIK BERBASIS INTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI MURNI SUNAN DRAJAT LAMONGAN. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(2), 72–76. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p72-76
Abstract views: 1009 , PDF Downloads: 747