PENGEMBANGAN LKM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS CALON GURU IPA

Main Article Content

Laily Rosdiana
Tutut Nurita
Wahyu Budi Sabtiawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja mahasiswa (LKM) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains mahasiswa Jurusan IPA FMIPA Unesa. Kelayakan dari LKM yang dikembangkan yang diukur berdasarkan validitas teoritis dan empirisnya. Rancangan penelitian yang digunakan dalam mengembangkan LKM yang mengacu pada model Plomp (1997), yang terdiri dari fase investigasi awal (prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construc-tion), dan fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan implementasi (implementation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKM literasi yang telah dikembangkan layak digunakan yang didasarkan pada validitas teoritis dan empirisnya. Berdasarkan validitas teoritis, LKM secara isi, konstruksi, dan keterbacaan menunjukkan hasil baik, yaitu kategori sangat kuat untuk validasi isi dan kuat untuk validasi konstruksi. Validitas empiris dari LKM juga menunjukkan hasil positif, yaitu adanya peningkatan kemampuan literasi sains mahasiswa setelah diberikan LKM literasi pada mata kuliah IPBA dengan persentase ketercapaian literasi sains mahasiswa sebesar 100%.

 

Kata Kunci : LKM, Literasi Sains.

Article Details

How to Cite
Rosdiana, L., Nurita, T., & Sabtiawan, W. B. (2018). PENGEMBANGAN LKM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS CALON GURU IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p27-32
Section
Articles

References

Cohen L., Manion L., & Marrison K. 2007. Research Methods in Education. Sixth edition. New York: Routledge.

E.Mulyasa, 2006.Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Ekohariadi, 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Sains Siswa

OECD, 2009. PISA 2009 Assessment Framework-Key Competencies In Reading, Mathematics And Science. OECD

OECD, 2009. Take The Test: Sample Questions From Oecds Pisa Assessments. OECD.

OECD. 2010. PISA 2009 Result: What Students Know and Can DoStudent Performance
in Reading, Mathematics and Science.USA: OECD-PISA

OECD.2013.PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know .[Online].Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa - 2012 results-overview.pdf. [8 Desember 2013]

Plomp, Tj. 1997. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational &
Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in
Dutch).Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland.Faculty of Educational Science
and Technology, University of Twente.

Shwartz, Y., Ben-Zvi, R. And Hofstein, A., 2006. The Use Of Scientific Literacy Taxonomy For Assessing The Development Of Chemical Literacy Among High-School Students. Chemistry Education Research and Practice, 7: 203-225.

Suyono. 2009. Pembelajaran Efektif dan Produktif. Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 37, Nomor 2,Agustus 2009

Widodo, W & Inzanah. 2014. Literasi Sains Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Negeri Surabaya. Prosiding yang dipublikasikan pada Seminar Nasional dengan tema "Peran Literasi Sains Untuk Menyiapkan Generasi Dalam Menghadapi Asean Comunity".

Most read articles by the same author(s)