Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Dimas Agung Saputro Universitas Trunojoyo Madura
  • Ade Cyntia Pritasari

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpus.v9n2.p52-59

Keywords:

Berfikir Kritis, Minat, karakter, Model Pembelajaran

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan model PjBL di Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada peningkatan minat dan berpikir kritis peserta didik . Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan studi literatur, melibatkan analisis terhadap 18 artikel yang diterbitkan pada rentang waktu 2013 hingga 2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa PjBL efektif dalam peningkatan karakter dan berpikir kritis peserta didik, sejalan dengan konsep profil Pelajar Pancasila. Selain itu, PjBL juga mampu meningkatkan minat belajar melalui kegiatan yang relevan dengan kehidupan nyata. Kesimpulannya, PjBL berperan penting dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna serta membentuk karakter siswa.
Kata Kunci: Berfikir Kritis, Karakter, Minat, Model Pembelajaran

References

Andriyani, D. (2021). Pengenalan literasi digital di PKBM Ilmu Bunda Kota Bengkulu. Jurnal Karya Buana, 6(2), 45–52. https://jurnalunived.com/index.php/JKB/article/view/54

Cahyani, V. L. P., & Arbarini, M. (2025). Model Blended Learning pada Pendidikan Non Formal di Era Digital: Studi Literatur. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(5), 1158-1164. https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.604

Indrayani, N. (2022). Sosialisasi kompetensi literasi digital untuk meningkatkan pemahaman smart digital citizenship di PKBM Harati. Jurnal Humabetang, 3(2), 112–120. https://journal.umpr.ac.id/index.php/humabetang/article/view/6585

Nurhadi, H. (2021). Fleksibilitas dan adaptifitas pendekatan blended learning dalam pendidikan non formal. International Journal of Humanities and Social Science, 5(1), 15–27. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/IJHSS/article/view/7269

Patabang, A., Limbong, M., & Sunaryo, T. (2023). Management of blended learning and digital skills and their influence on the learning independence of vocational students. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 6(1), 106–113. https://doi.org/10.23887/jp2.v6i1.48894

Rahmawati, E., & Fitriyani, R. (2022). Peningkatan literasi buku digital pada PKBM Orkapi Desa Kalisidi. Jurnal Bhakti Masyarakat, 4(1), 77–85. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jbm/article/view/2133

Sukadana, I. M. (2023). Literasi digital dalam pembelajaran: Pelatihan bagi siswa dan guru SMK Ngurah Rai dan PKBM Widya Chandra. Jurnal Bakti Saraswati, 12(1), 1–10. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/11546

UNESCO. (2018). A global framework of reference on digital literacy skills for indicator 4.4.2. Paris: UNESCO Institute for Statistics.

Utama, I. G. B. (2022). Urgensi kompetensi literasi digital bagi mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 11(2), 98–107. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8371

Wijaya, A. (2020). Literasi digital dan pendidikan abad 21. Yogyakarta: Deepublish.

Yuliani, S., & Putra, A. H. (2021). Peran komunitas belajar dalam meningkatkan literasi digital masyarakat desa. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 155–168. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/42117

Published

2025-10-11
Abstract views: 30 , PDF Downloads: 29