Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpus.v9n2.p41-46Kata Kunci:
anak sekolah dasar, peran orang tua, Pembentukan karakterAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua sangat penting dalam membangun karakter anak-anak di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan meninjau literatur sebelumnya yang membahas hubungan antara peran orang tua dan perkembangan karakter anak-anak pada usia ini, terutama melalui interaksi orang tua dan cara asuh mereka. Studi menunjukkan bahwa orang tua yang aktif mendidik anak-anak mereka dengan mengawasi, berkomunikasi dengan baik, dan berperilaku baik dapat menanamkan sifat-sifat yang baik seperti disiplin, tanggung jawab, jujur, dan empati. Selain itu, telah terbukti bahwa dukungan orang tua dalam kegiatan belajar di rumah dan di sekolah dapat meningkatkan karakter sosial anak, termasuk kemampuan mereka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan teman sebaya. Singkatnya, peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sekolah dasar sangat penting dan tidak dapat diabaikan. Akibatnya, orang tua harus melakukan lebih banyak untuk membantu anak-anak mereka menjadi orang yang lebih baik di masa depan
Referensi
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak
sekolah dasar di zaman serba digital.
Darmawanti, R. R. (2023). Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini.
IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 3(2), 64-78.
Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter sopan santun remaja: Pengaruh
metode sosialisasi orang tua dan kontrol diri. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(2), 114-
125.
Hamid, S. I., Dewi, D. A., Fakhrudin, A. M., Setianingsih, E., & Putri, F. W. (2021). Pentingnya Peran
Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak sebagai Generasi Penerus Bangsa. Aulad:
Journal on Early Childhood, 4(3), 143-149.
Kartini, D. (2020). Pola asuh dan perkembangan karakter anak. PT Gramedia Pustaka Utama.
Kurnia, R., Lismayani, A., & Ilyas, S. N. (2024). Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Di
Era Digital. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 36-40.
Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan,
Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53-62.
Megiati, Y. E., Lestari, F. A. P., & Pratiwi, N. K. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam
Meminimalisir Pengaruh Media Elektronik Televisi Terhadap Perkembangan Anak Sekolah
Dasar. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 2(03), 294-300.
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter
anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal
Pendidikan Islam, 11(2), 191-207.
Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga. Jurnal
Kependidikan, 6(2), 293-308.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai
karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.
Syahroni, S. (2017). Peranan orang tua dan sekolah dalam pengembangan karakter anak didik. Jurnal
Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 6(1), 13-28.
Sari, S. L., Devianti, R., & NUR’AINI, S. A. F. I. T. R. I. (2018). Kelekatan orangtua untuk
pembentukan untuk pembentukan karakter anak. Educational guidance and counseling
development journal, 1(1), 16-31.
Suparno, S. (2019). Peran orang tua dalam pendidikan karakter anak usia dini. Pustaka Pelajar
Suryawan, I. (2018). Seni rupa dan pendidikan karakter. Media Cipta.
Wahib, A. W. A. (2014). Konsep orang tua dalam membangun kepribadian anak. Jurnal Paradigma
Institut, 1(1).
Wahyudi, A. (2021). Kolaborasi sekolah dan orang tua dalam pembentukan karakter anak. Alfabeta.
Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan
karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30-37.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 alvina hidayati, Ade Cyntia Pritasari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstract views: 86
,
PDF Downloads: 66



