Evaluasi Program Inaugurasi HIMA Tekpend Mengunakan Model CIPP
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpus.v9n2.p17-22Kata Kunci:
Inaugurasi, Evaluasi Program, Model Evaluasi CIPPAbstrak
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program untuk melihat sejauh mana keberhasilan program Inaugurasi Hima Tekpend. Evaluasi program inaugurasi ini memiliki tujuan untuk bersilaturahmi antar keluarga mahasiswa Tekpend., yang mana acara inaugurasi angkatan 2021 ini mengambil tema FAMOLOKA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penedekatan kualitatif, yang mana penelitian yang menghasilkan berupa data deskriptif. Lalu model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP memilih menggunakan model ini karenak dapat memandu dan mengevaluasi sebuah program dari segala sisinya yatu dari proses perencanaan, konsep, subjek dan obejknya. Sehingga hasil dan pembahasan pada penelitian ini menujukan bahwa konteks, input, proses dan produk dari program Inaugurasi ini sudah baik sesuai dengan yang direncanakan dan mengahasilakan keakraban antar angkatan yang didapat dari program inaugurasi.
Kata Kunci: Inaugurasi, Evaluasi Program, Model Evaluasi CIPP
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2008. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Safruddin Abdul. 2009. Evaluasi Program Pendidikan:Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Daher, W., Baya’a, N., & Jaber, O. (2022). Understanding Prospective Teachers’ Task Design Considerations through the Lens of the Theory of Didactical Situations. Mathematics, 10(3). https://doi.org/10.3390/math10030417
Fitria. (2013). Evaluasi Program Praktik Industri Luar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Fitzpatrick, Jody L., James R. Sanders, dan Blaine R. Worthen. 2004. Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. Boston: Pearson Education, Inc.
Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Jurnal GHAITSA Islamic Education Jurnal, Volume 2(1), 24.
Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). evaluasi program pembelajaran.
Madaus, George F., 1983. Michael S. Scriven, dan Daniel L. Stufflebeam. Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta’dib, 6(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551
Mathematics, A. (2016). evaluasi program. 1–23.
Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah
Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Nana Sudjana & Ibrahim. (2004). Penelitian dan penelian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Owen, John M. 1993. Program Evaluasi: Forms and Approaches. St. Leonards: Allen & Unwin Pty Ltd.
Patton, Michael Quinn. “Overview: Language Matters”. New Directions for Evaluation Volume 2000
Issue 86. November 2004 (http://www3.interscience.wiley.com/journal/109752023/).
Roswati. 2008. Evaluasi Program/Proyek (Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Format Usulan), Jurnal Pendidikan Penabur-No.11/Tahun ke-7/Desember 2008.
http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.%206471%20Evaluasi%20Progra m.pdf. Diambil 12 Juni 2015.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: CV. Alfabeta
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Widoyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Available on http://www.umpwr.ac.id/download/publikasiilmiah/Evaluasi%20Progra m%20Pembelajaran.pdf. Diambil 12 Juni 2015.
Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran:Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wirawan, 2011. EVALUASI: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers. Zubaidah, S., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2017). Evaluasi Program Sekolah Sehat Di Sekolah Dasar
Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 72. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p72-82
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Syifa Asri Kamila, Cucu Sukmana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstract views: 90
,
PDF Downloads: 37



