IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA MATERI ELASTISITAS

Authors

  • Weni Susanti Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Jatmiko Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n1.p26-33

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), hasil belajar siswa, elastisitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan pembelajaran fisika di SMA dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, (2) peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan, (3) respons siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan, dan (4) aktivitas siswa.  Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan œOne Group Pre-test Post-test Design pada 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi, masing-masing kelas berjumlah 36, 37 dan 35 siswa. Data diperoleh melalui observasi, pemberian soal pre-test dan soal post-test, serta angket respon siswa. Hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan dilakukan dengan uji-t berpasangan, analisis n-gain score dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terlaksana dengan kategori baik; (2) hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan meningkat secara signifikan pada α=0.05 dengan n-gain score untuk kelas eksperimen sebesar 0,48, kelas replikasi I sebesar 0.51, dan kelas replikasi II sebesar 0.42 seluruhnya dalam kategori sedang, dan peningkatan hasil belajar siswa pada ketiga kelas tersebut secara statistik tidak berbeda. Pada kompetensi sikap diperoleh nilai modus pada ketiga kelas sebesar 3.00 dan termasuk dalam kategori baik. Untuk kompetensi keterampilan, diperoleh nilai rata-rata untuk penilaian kinerja dan tertulis kelas eksperimen sebesar 3.73, kelas replikasi I sebesar 3.72 dan replikasi II sebesar 3.71; (3) hasil pesentase rata-rata respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TAI positif dengan kategori sangat baik; dan (4) aktivitas siswa mengalami peningkatan selama pembelajaran berlangsung.

References

Listyarti R. Pendidikan Karakter dalam Keluarga Aktif, Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Erlangga; 2012.

Giancoli DC. Fisika Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga; 2001.

Wardoyo SM. Pembelajaran Konstruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta; 2013.

Slavin RE. Cooperative Learning- Teori, Riset, dan Praktik. Penerjemah: Yusron N. Bandung: Nusa Media; 2013.

Amarendra, GV. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Menggunakan Strategi Elaborasi pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisea di Kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 5 Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Surabaya, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro; 2015.

Rahmawati D. Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas IV SD Negeri di Kecamatan polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010. Tesis dipublikasikan online, PPS UNM Surakarta, Program Studi Pendidikan Matematika; 2010 (diakses pada 12 Desember 2015).

Sudjana. Metode Statistik. Bandung: PT Tarsito; 2005.

Downloads

Published

2016-06-08

How to Cite

Susanti, W. and Jatmiko, B. (2016) “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA MATERI ELASTISITAS”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(1), pp. 26–33. doi: 10.26740/jpfa.v6n1.p26-33.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 3283 , PDF Downloads: 1769

Most read articles by the same author(s)