PENERAPAN METODE ANALISIS VIDEO SOFTWARE TRACKER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KONSEP GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS X SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n1.p15-22Keywords:
keterampilan proses, metode analisis video software TrackerAbstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui keterampilan proses yang dimiliki siswa setelah menerapkan metode analisis video software Tracker di kelas X SMAN 1 Sooko Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains yang dimiliki siswa setelah menerapkan metode analisis video software Tracker, aktivitas siswa, respon siswa, dan kendala yang dihadapi pada saat pembelajaran. Jenis dari penelitian ini adalah Deskriptif
Kuantitatif dengan desain one group pretest posttest, satu kelas yang diberi perlakuan dan direplikasi satu kali. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses siswa dalam hal mengamati, mengukur, merancang eksperimen, interpretasi data, dan berkomunikasi setelah menerapkan metode analisis video software Tracker mengalami kenaikan baik secara kualitas maupun kuantitas. Dimana keterlaksaan pembelajaran yang baik, aktivitas siswa yang sangat baik,
respon siswa yang juga baik, beberapa kendala yang muncul saat kegiatan pembelajaran telah dapat diatasi. Secara kuantitas terlihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal keterampilan proses. Secara kualitas adalah peningkatan skor rata-rata tiap kelas pada saat post tes dibandingkan hasil pre tes.
References
Arikunto, Suharsimi 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi aksara.
Carin, Arthur A.1993.Teaching Science Through Discovery.Professor Emiritus Queens College.
Depdiknas.2006.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.
Giancoli, Douglas C.2001. Fisika Edisi Kelima Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Hariyono.2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. JURNAL PENDIDIKAN DASAR VOL.7.UNESS
Ibrahim, Muslimin.2003.Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unipress UNESA.
Nur, Mohammad.2011.Modul Keterampilan-Keterampilan Proses Sains. Surabaya: Unipress UNESA.
Sudirman N,dkk.1987.Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surapranata, Sumarna.2004.Analisis, Validitas, dan Reliabilitas Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosda Karya
IOPSCIENCE.2011.Videos determine the Moons g. Phys. Educ. 46 12
(http://rudy-unesa.blogspot.com/2012/01/pembelajaran-berbasis keterampilan.html)
(http://iopscience.iop.org/0031-9120/46/1/F01)
(http://weelookang.blogspot.com/2011/11/tracker-sharing-to-moehq-officers.html)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.

