PENERAPAN METODE ANALISIS VIDEO SOFTWARE TRACKER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KONSEP GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS X SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO

Authors

  • Muhammad Habibbulloh Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya.
  • Madlazim Madlazim Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya.

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n1.p15-22

Keywords:

keterampilan proses, metode analisis video software Tracker

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui keterampilan proses yang dimiliki siswa setelah menerapkan metode analisis video software Tracker di kelas X SMAN 1 Sooko Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains yang dimiliki siswa setelah menerapkan metode analisis video  software Tracker, aktivitas siswa, respon siswa, dan kendala yang dihadapi pada saat pembelajaran. Jenis dari penelitian ini adalah Deskriptif
Kuantitatif dengan desain one group pretest posttest, satu kelas yang diberi perlakuan dan direplikasi satu kali. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses siswa dalam hal mengamati, mengukur,  merancang eksperimen, interpretasi data, dan berkomunikasi setelah menerapkan metode analisis video software Tracker mengalami kenaikan baik secara kualitas maupun kuantitas. Dimana keterlaksaan pembelajaran yang baik, aktivitas siswa yang sangat baik,
respon siswa yang juga baik, beberapa kendala yang muncul saat kegiatan pembelajaran telah dapat diatasi. Secara kuantitas terlihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal keterampilan proses. Secara kualitas adalah peningkatan skor rata-rata tiap kelas pada saat post tes dibandingkan hasil pre tes.

References

Arikunto, Suharsimi 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi aksara.

Carin, Arthur A.1993.Teaching Science Through Discovery.Professor Emiritus Queens College.

Depdiknas.2006.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.

Giancoli, Douglas C.2001. Fisika Edisi Kelima Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Hariyono.2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. JURNAL PENDIDIKAN DASAR VOL.7.UNESS

Ibrahim, Muslimin.2003.Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unipress UNESA.

Nur, Mohammad.2011.Modul Keterampilan-Keterampilan Proses Sains. Surabaya: Unipress UNESA.

Sudirman N,dkk.1987.Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surapranata, Sumarna.2004.Analisis, Validitas, dan Reliabilitas Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosda Karya

IOPSCIENCE.2011.Videos determine the Moons g. Phys. Educ. 46 12

(http://rudy-unesa.blogspot.com/2012/01/pembelajaran-berbasis keterampilan.html)

(http://iopscience.iop.org/0031-9120/46/1/F01)

(http://weelookang.blogspot.com/2011/11/tracker-sharing-to-moehq-officers.html)

Downloads

Published

2014-06-14

How to Cite

Habibbulloh, M. and Madlazim, M. (2014) “PENERAPAN METODE ANALISIS VIDEO SOFTWARE TRACKER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KONSEP GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS X SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), pp. 15–22. doi: 10.26740/jpfa.v4n1.p15-22.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 4376 , PDF Downloads: 5333

Most read articles by the same author(s)