PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRI MELALUI PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN FISIKA DALAM MATA KULIAH MULTIMEDIA

Authors

  • Rudy Kustijono Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p10-22

Keywords:

TIK, Inquiri, Blog, PAIKEM

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan pembelajaran berbasis inquiri melalui pengembangan blog pembelajaran fisika dalam mata kuliah multimedia. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis inquiri tersebut, mengetahui dampak pengembangan blok pembelajaran fisika terhadap proses inquiri mahasiswa, dan mengetahui apakah pembelajaran tersebut dapat dikategorikan PAIKEM yaitu pembelajaran yang aktif, inovatif,kreatif, efektif, dan menyenangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan langkah penelitian studi pendahuluan, pengembangan produk dan ujicoba produk. Pokok bahasan penelitian adalah materi yang berhubungan dengan fisika dan aplikasinya, sedangkan ujicoba terbatas diterapkan pada mahasiswa Jurusan Fisika Unesa yang berjumlah 50 orang yang sedang memprogram mata kuliah multimedia pada semester gasal tahun akademik 2012-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan blog pembelajaran fisika dapat merefleksikan proses tahapan inquiri mahasiswa dengan baik (planning ≥ 80%, retrieving ≥ 85%, processing ≥ 75%, creating ≥ 70%, sharing ≥ 95%, dan evaluating ≥ 80%). Di samping itu pembelajaran berbasis inquiri melalui pengembangan blog pembelajaran fisika dalam mata kuliah multimedia tersebut dapat dikategorikan sebagai PAIKEM karena semua kriteria yang ada mendapatkan penilaian yang baik dari mahasiswa (aktifitas 96%, inovasi 90%, kreatifitas 94%, efektifitas 86%, dan menyenangkan 86%).

References

Alberta Learning, 2004. Learning and Teaching Resources Branch. Focus on inquiry: a tea-chers guide to implementing inquiry-based learning. Alberta, Canada

Brickman P., Gormally C., Armstrong N., Hallar B., 2009, Effects of Inquiry-based Learning on Students Science Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning Vol. 3, No. 2 (July 2009) ISSN 1931-4744 @ Georgia Southern University

Abd-El-Khalick F., Boujaoude S., Duschi R., Lederman N.G., Hofstein A., Mamlok-Naama R., Niaz M., Treagust D., Tuan H., 2004, Inquiry in Science Education: International Perspectives. Wiley Periodicals, Inc.

Donham, J. (2001). The importance of a model. In J. Donham, K. Bishop, C. C. Kuhlthau, & D. Oberg (Eds.), Inquiry-based learning: Lessons from Library Power. Worthington, OH: Linworth.

Kustijono R., 2012, Keterampilan Proses Sains dalam Praktikum Fisika Dasar di Jurusan Fisika FMIPA Unesa, Prosiding Seminar Nasional Sains Program Pascasarjana Unesa 2012, ISBN: 978-979-028-534-7.

Lane, Jill L., 2007, Inquiry Based Learning. Schreyer Institute for Teaching Excellence. Penn State University Park;

Akinoglu O., 2008, Assessment of The Inquiry-Based Project Implementation Processs in Science Education Upon Students Point of Views. International Journal of Instruction. January 2008 Vol.1, No.1. ISSN: 1694-609X.

De Vito, Alfred. 1989. Creative Wellsprings for Science Teaching. West Lafayette, Indiana: Creative Venture.

Joice, Bruce and Marsha Weil. 1996. Model of Teaching. Boston: Allyn and Bacon.

Beyer, Barry K. 1991. Teaching Thinking Skill: A Handbook for Elementary School Teachers. New York, USA: Allyn & Bacon

Nur, Mohamad (Editor). 1998. Proses Belajar Mengajar dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. Surabaya: SIC.

Carin, Arthur A and Robert B. Sund, 1989. Teaching Science Through Discovery. Columbus, Ohio: Merril Publishing Company

Houston, W. Robert., et all. 1988. Touch the Future Teach. St. Paul, MN: West Publishing Company

Hartono, B., (2004), Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran. Tersedia pada http://www. bebeasli.com.

Embi M.A., 2011. Aplikasi Web 2.0 Dalam Pengajaran & Pembelajaran, Pusat Pembangunan Akademik Universiti Kebangsaan Malaysia. Cetakan Pertama 2011 Universiti Kebangsaan Malaysia

Susana de Juana-Espinosa & Sergio Lujan-Mora. 2007. The use of weblogs in higher education: Benefits and barriers.

Anamaria Dutceac Segesten. 2010. Blogs in higher education some ideas abouttheir benefits and downsides.http://uvenus.org/2010/06/07/blogs-in-highereducation%E2%80%93-some-ideas-abouttheir-benefits-and-downsides/html

Lowe, A.J. 2006. Blog use in teaching Dragster activity. Internet: http://www.webducate.net/dragster2/examples/bloguse

Sukmadinata, 2012, Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Downloads

Published

2012-12-14

How to Cite

Kustijono, R. (2012) “PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRI MELALUI PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN FISIKA DALAM MATA KULIAH MULTIMEDIA”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), pp. 10–22. doi: 10.26740/jpfa.v2n2.p10-22.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 722 , PDF Downloads: 835