IMPLEMENTASI STUDENT CENTERED LEARNING DALAM PRAKTIKUM FISIKA DASAR

Authors

  • Rudy Kustijono Jurusan Fisika Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n2.p19-32

Keywords:

student centered learning, , hard skills, soft skills

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengimplementasikan student centered learning dalam praktikum fisika dasar. Berdasarkan pengalaman di jurusan fisika Unesa selama ini, kendala yang dijumpai adalah masih banyak mahasiswa yang belum dapat mandiri dalam melaksanakan kegiatan praktikumnya karena lebih banyak menunggu penjelasan dari
pembimbing dan kurang berinisiatif dalam menyelesaikan masalah praktikumnya. Student centered learning (SCL) merupakan strategi pembelajaran yang menempatkan mahasiswa sebagai subyek aktif dan mandiri yang bertanggung jawab sepenuhnya atas pembelajarannya. Memperhatikan karakteristik praktikum yang lebih mengarah pada pengembangan keterampilan ilmiah (hard skills dan soft skills) mahasiswa dalam mengidentifikasi gejala dan menyelesaikan masalah perlu dilakukan pendekatan pembelajaran yang inovatif yang dapat mengembangkan keterampilan ilmiah mahasiswa secara maksimal. Untuk mengatasi keadaan tersebut, telah diujicobakan suatu mekanisme implementasi SCL dalam praktikum fisika dasar yang diharapkan dapat mengoptimalkan keterampilan praktikum mahasiswa. Efektivitas mekanisme kegiatan praktikum dengan pendekatan SCL tersebut dilihat berdasarkan sejauhmana sasaran yang diinginkan tersebut tercapai. Hasil implementasi student centered learning dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Atribut-atribut student centered learning yang dapat diintegrasikan ke dalam praktikum fisika dasar meliputi: kerja kelompok, diskusi, menulis, presentasi, dan pemecahan masalah. 2) Atribut-atribut softs skills mahasiswa yang bersesuaian dengan atribut-atribut student centered learning yang diintegrasikan ke dalam praktikum fisika dasar adalah: kerjasama merupakan penekanan dari kegiatan kerja kelompok, manajemen diri merupakan penekanan dari kegiatan diskusi, komunikasi tulis merupakan penekanan dari kegiatan menulis, komunikasi lisan merupakan penekanan dari kegiatan presentasi, berfikir kritis dan analitis merupakan penekanan dari pemecahan pemecahan masalah. 3) Mekanisme implementasi student centered learning dalam praktikum fisika dasar melalui kegiatan yang meliputi: pralaboratorium, praktikum, pelaporan, dan presentasi. Implementasi student centered learning dalam praktikum fisika dasar tersebut dapat mendukung keterampilan praktikum. Mekanisme implementasi SCL dalam praktikum fisika dasar tersebut cukup efektif dalam membekali keterampilan praktikum yang harus dimiliki mahasiswa. 4) Mekanisme implementasi student centered learning dalam praktikum fisika dasar tersebut cukup efisien digunakan, karena mahasiswa maupun pembimbing praktikum dapat menggunakan waktu dan peralatan praktikum yang tersedia dengan baik.

References

Utomo, Rujkes, 1991, Peningkatan dan pengembangan Pendidikan, Jakarta: Gramedia.

Made Tirta, 2009, Pembelajaran Terintegrasi. Tersedia pada http://www. Muhlis.file.wordpres.com.

Harsono, 2005, Ke arifan dalam transformasi pe mbe lajaran: dari teacher-centered ke student-centered learning. Tersedia pada http://www.inparametric.com.

Student Centered Learning Berbasis ICT, JTE FT UGM. Tersedia pada http://www. icts-sc.pbwiki.com.

Fachrunnisa, Olivia. 2006. Pendidikan Berbasis Soft Skill Pada Perguruan Tinggi Manajemen Unt Meningkatkan Kualitas Profesional Manajemen. Prosiding Konferensi Merefleksi Domain Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis. FE-UKSW: Salatiga.

Santoso, Bedjo dan Fachrunnisa, 2005, Model Penerapan Soft Skill Di Perguruan Tinggi.

Illah Sailah, 2009, Pengembangan Soft Skills Di Perguruan Tinggi, P2SDM LPPM IPB

Dewi Irma, 2009, Lulusan PT butuh Soft Skills. Tersedia pada http://www.fe.elcom.umy.ac.id.

Theresa. Kane, 2005, Soft skills are hard - and critical to career success Tersedia pada http://www.akacademy.com.

Barbara Dwyer, No Soft Skills No Jobs. Tersedia pada http://www.thejobjourney.org.

Widji Soeratri, Implementasi Soft skills dalam pembelajaran. Tersedia pada http://www.perbanas.ac.id.

Zainuddin. dkk, 2009, Melejitkan Soft Skills Mahasiswa, Surabaya: Airlangga University Press.

Goleman, 1999, Working with Emotional Question. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Stoltz, 1977, Adversity Quotien, Jakarta: PT Grasindo

Borba, Michele, 2001, Leadership Competencies, Canada: Publihed Hertage Branch.

Tina Afiatin, 2009, Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning. Tersedia pada http://www. inparamet ric.com.

Ali, 1994, Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Suharsimi, 1989, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata , 1989, Metodologi Penelitian, Jakarta: CV Rajawali.

Downloads

Published

2011-12-14

How to Cite

Kustijono, R. (2011) “IMPLEMENTASI STUDENT CENTERED LEARNING DALAM PRAKTIKUM FISIKA DASAR”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), pp. 19–32. doi: 10.26740/jpfa.v1n2.p19-32.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 7845 , PDF Downloads: 4806