Studi Pengaruh Orientasi Serat Fiber Glass Searah dan Dua Arah Single Layer terhadap Kekuatan Tarik Bahan Komposit Polypropylene

Authors

  • M Munasir Jurusan Fisika FMIPA, Universitas Negeri Suarabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n1.p33-41

Keywords:

PP, Fiber glass, komposit, uji tarik

Abstract

Telah dilakukan fabrikasi dan uji kekuatan tarik bahan komposit Polypropylene (matrik) dengan Fiber Glass (sebagai penguat/filler) dengan perbandingan 95% dan 5% (matrix: filler), dengan filler tersusun secara singledirectional dan bidirectional dengan single layer. Massa keseluruhan dari sampel adalah 4 gram. Dari sampel yang sudah dibuat dilakukan uji kompaktibilitas untuk menetukan kekompakan ikatan antar muka antara matrik dan fillernya, dan juga dilakukan uji optimasi pemanasan untuk menentukan temperatur pembakaran yang paling optimum sehingga dihasilkan bahan komposit dengan sifat mekanik / kekuatan tarik terbesar. Berdasarkan uji kualitas ikatan antar muka atau kompaktibilitas komposit polypropylene dengan fiber Glass secara teoritis sudah terjadi kompaktibilitas antara kedua bahan tersebut sehingga membentuk bahan komposit, hal ini ditunjukan oleh grafik upper lower bond. Dan dari hasil uji kekuatan tarik diperoleh, kekuatan tarik terbesar terdapat pada bahan komposit dengan orientasi serat searah dibanding komposit tanpa serat (1,06:1) dan tanpa serat dibanding serat dua arah (1:0,87). Komposit dengan serat dua arah mempunyai kekuatan tarik terendah, hal ini disebabkan oleh arah serat yang tegak lurus dengan arah pembebanan akan memperlemah kekuatan tariknya, hal ini berkebalikan dengan nilai elogationnya yaitu orientasi serat dua arah mempunyai elongation yang lebih besar daripada serat searah. Selanjutnya disarankan untuk penelitian berikutnya, bahwa dalam pembuatan sampel uji diharapkan menggunakan alat yang dapat mengontrol suhu (stabil) dan dapat dilakukan untuk bahan komposit multilayer dengan perbedaan orientasi serat pada tiap lapisnya.

References

William D. Callister Jr. 2003. Material science and Engineering an Introduction. United State of America.

The University of Utah. John Willey and Sons, Inc. Widyaningsih . 2006 . Uji kekuatan tarik pada polypropylene berpenguat fiber glass dengan orientasi searah dan dua arah single layer.Tidak dipublikasikan . UNESA Surabaya

Asrori. MZ. 2000.Fisika Polimer. ITS. Surabaya.

Djaprie, Sriati. 2000. Metalurgi Fisik Modern dan Rekayasa Material. Jakarta:Erlangga.

Djaprie, Sriati. 1985. Ilmu dan Teknologi bahan. Jakarta:Erlangga.

Dyah Kurnia Susanti. 2004. Uji Sifat Mekanik Komposit Poliester yang diperkuat Serat Bambu dengan Arah Serat Searah dan Dua Arah. Tidak dipublikasikan. UNESA. Surabaya.

Ika Setyaningsih Dhidhin. 2004. Pengaruh Penambahan Filler Aluminium Oxide (Al2O3) terhadap kekuatan tarik bahan polietilen jenis Low Density Polyethylen (LDPE). Tidak dipublikasikan. UNESA. Surabaya.

Mardewanti, Endah. 2003. Pengaruh Orientasi Serat Filler dan Lama Pemanasan terhadap Sifat Mekanik Polimer Resin Polyester Yucalak BQTNEX berpenguat Serat Bambu. Tidak dipublikasikan. UNESA. Surabaya.

Rajendra, V: A, Marikani. 2004. Material Science. New Delhi. Tata Mc Graw Hill.

Surdia Prof. Dr.Tata: Saito, Prof Dr. Sinroku. 1999. Pengetahuan Bahan Teknik. PT.Pradnya Paramita. Jakarta.

http://www.courses.ahc.umn.edu/medicalsc hool/BMEn/5001/notes/fiberglass.htm

Downloads

Published

2011-06-14

How to Cite

Munasir, M. (2011) “Studi Pengaruh Orientasi Serat Fiber Glass Searah dan Dua Arah Single Layer terhadap Kekuatan Tarik Bahan Komposit Polypropylene”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 1(1), pp. 33–41. doi: 10.26740/jpfa.v1n1.p33-41.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1655 , PDF Downloads: 1887