APLIKASI METODE DISKUSI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS
DOI:
https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n2.p40-49Keywords:
metode diskusi, kemampuan kognitif, afektif, social, pembelajaran sainsAbstract
Metode diskusi dapat diterapkan dalam pembelajaran sains untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan afektif siswa. Juga dapat melatihkan keterampilan social, sifat toleransi dan kemampuan analisis kritis dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah. Diskusi dapat pula dipergunakan untuk mengawali inkuiri dalam sains dan mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, merumuskan suatu hipotesis, menguji jawaban yang bersifat tentatif, mencari solusi dan generalisasi. Keberhasilan suatu diskusi bergantung pada fleksibilitas guru dan kebijaksanaan guru, kemampuan guru dalam mengorganisir jalannya diskusi, keluasaan ilmu guru, aktivitas siswa, pengaturan lingkungan fisik, dan penjadwalan. Hambatan terhadap salah satu faktor tersebut akan mengurangi keefektifan diskusi. Pemilihan topik-topik yang menarik, kontroversial dan isu yang sedang berkembang mendukung keberhasilan dalam diskusi.
References
Corebima, A.D., Susilo, H., Hedi Sutomo. 2005. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Biologi SMP Konstruktivistik Kontekstual Berorientasi Life Skill dengan Pola PBMP di Kota dan Kabupaten Malang. Laporan Penelitian Akhir Tahun 2005. Kementrian Riset dan Teknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Alam.
Maududi, M. Ali. 2002. Pengaruh Penerapan Pembelajaran dengan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SLTPN 2 Krucil Probolinggo. Skripsi
Gularso, W. 2008. Diskusi sebagai sarana pengembangan keterampilan kognitif, afektif dan sossial. Makalah: Jogjakarta. UNY
Jatmiko, Budi. 2003. Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Makalah. Surabaya: Unesa
Kardi, Soeparman. 2010. Ceramah, Resitasi dan Diskusi. Bahan ajar pendidikan sains Unesa
Tjokrodiharjo. 2005. Model Pembelajaran Diskusi. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Unesa
Gularso, W. 2008. Diskusi sebagai sarana pengembangan keterampilan kognitif, afektif dan sossial. Makalah: Jogjakarta. UNY
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with this journal should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 License (CC BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JPFA with the article license CC-BY-NC 4.0.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)