APLIKASI METODE DISKUSI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Authors

  • D Dwikoranto Physics Department, Faculty Mathematics and Science of The State University of Surabaya (UNESA)

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n2.p40-49

Keywords:

metode diskusi, kemampuan kognitif, afektif, social, pembelajaran sains

Abstract

Metode diskusi dapat diterapkan dalam pembelajaran sains untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan afektif siswa. Juga dapat melatihkan keterampilan social, sifat toleransi dan kemampuan analisis kritis dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah. Diskusi dapat pula dipergunakan untuk mengawali inkuiri dalam sains dan mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, merumuskan suatu hipotesis, menguji jawaban yang bersifat tentatif, mencari solusi dan generalisasi. Keberhasilan suatu diskusi bergantung pada fleksibilitas guru dan kebijaksanaan guru, kemampuan guru dalam mengorganisir jalannya diskusi, keluasaan ilmu guru, aktivitas siswa, pengaturan lingkungan fisik, dan penjadwalan. Hambatan terhadap salah satu faktor tersebut akan mengurangi keefektifan diskusi. Pemilihan topik-topik yang menarik, kontroversial dan isu yang sedang berkembang mendukung keberhasilan dalam diskusi.

References

Corebima, A.D., Susilo, H., Hedi Sutomo. 2005. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Biologi SMP Konstruktivistik Kontekstual Berorientasi Life Skill dengan Pola PBMP di Kota dan Kabupaten Malang. Laporan Penelitian Akhir Tahun 2005. Kementrian Riset dan Teknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Alam.

Maududi, M. Ali. 2002. Pengaruh Penerapan Pembelajaran dengan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SLTPN 2 Krucil Probolinggo. Skripsi

Gularso, W. 2008. Diskusi sebagai sarana pengembangan keterampilan kognitif, afektif dan sossial. Makalah: Jogjakarta. UNY

Jatmiko, Budi. 2003. Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Makalah. Surabaya: Unesa

Kardi, Soeparman. 2010. Ceramah, Resitasi dan Diskusi. Bahan ajar pendidikan sains Unesa

Tjokrodiharjo. 2005. Model Pembelajaran Diskusi. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Unesa

Gularso, W. 2008. Diskusi sebagai sarana pengembangan keterampilan kognitif, afektif dan sossial. Makalah: Jogjakarta. UNY

Downloads

Published

2011-12-14

How to Cite

Dwikoranto, D. (2011) “APLIKASI METODE DISKUSI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS”, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), pp. 40–49. doi: 10.26740/jpfa.v1n2.p40-49.

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1658 , PDF Downloads: 2629