PERAN INTENTION TO USE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGI PADA GENERASI XYZ DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jim.v11n1.p211-221Kata Kunci:
data security and privacy ; intention to adopt fintech; loyalty to use fintech; perceived of usefulness; quality and administrative service.Abstrak
Abstract
Saat ini terjadi peningkatan pengguna financial technology yang cukup signifikan. financial technology diterapkan pada system pembayaran dan transaksi perbankan. Penelitian ini fokus kepada financial technology yang diterapkan pada system pembayaran. Kebutuhan masyarakat akan financial technology pada system pembayaran meningkat sejak terjadinya pandemic covid-19. Seiring dengan terjadinya pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia, banyak aktifitas yang harus dilakukan secara daring dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi perceived usefulness toward financial technology. Dengan mengkaji factor ini perusahaan dapat mengetahui factor apa saja yang mendorong pengguna untuk terus menggunakan financial technology dalam jangka waktu yang lama, misalnya ketika kondisi pandemic covid- 19 sudah berakhir pengguna tetap menggunakan layanan financial technology karena mereka merasakan kemudahan dalam bertransaksi. Disamping itu untuk meningkatkan competitive advantage, perusahaan perlu mengetahui factor-faktor yang mendorong pengguna untuk mempercayakan aktifitas pembayarannya menggunakan layanan financial technology. Faktor – faktor tersebut diantaranya trust, data security and privacy, dan quality and administrative service. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan Struktural Equation Model (SEM). Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 300 orang responden. Target responden pada penelitian ini adalah masyarakat di Sumatera Barat
Referensi
Byrnes, S., (2020). Can Consumer Data Privacy Coexist with How Businesses Want to Use Data? Forbes. Retrived 1 January 2021 from https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2020/04/27/can-consumer-data-privacy-coexist-with-how-businesses-want-to-use-data/?sh=f6ca29928180.
Hu, Z., Ding, S., Li, S., Chen, L., Yang, S., (2019). Adoption intention of fintech services for bank users: an empirical examination with an extended technology acceptance model. Symmetry, 11(3), 340.
Jung, J.-H., Shin, J.-I., (2019). The effect of choice attributes of internet specialized banks on integrated loyalty: the moderating effect of gender. Sustainability, 11(24), 7063.
Kauflin, J., (2020). The 10 Biggest Fintech Companies in America 2020. Forbes. Retrived 1 January 2021 from https://www.forbes.com/sites/jeffkauflin/2020/02/12/the-10-biggest-fintech-companies-in-america-2020/
Le, Min, T.H, (2021). Examining factors that boost intention and loyalty to use Fintech post-COVID-19 lockdown as a new normal behavior. Retrived 1 December 2021 from https://www.cell.com/heliyon/fulltext/S2405-8440(21)01924-1.
Salz, P.A., (2020). Mobile Marketing Experts Show How Fintech Apps Will Emerge Fighting Fit from the Covid-19 Crisis. Forbes. Retrived 1 December 2021 from https://www.forbes.com/sites/peggyannesalz/2020/05/04/mobile-marketingexperts-show-how-fintech-apps-will-emerge-fighting-fit-from-the-covid-19-crisis/#4136976c4d50.
Schein, E.G. (2009). The Corporate Culture Survival Guide. San Fransisco, CA: John Wiley & Sons.
Statista, (2019). Number of mobile Phone Users Worldwide from 2015 to 2020. Retrived 1 December 2021 from https://www.statista.com/statistics/274774/forecast-of-mobile-phone-users-worldwide/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
  Abstract views: 696
                                                        ,
 PDF Downloads: 550
                                
						






