PENGARUH GAYA HIDUP SEHAT DAN CITRA MEREK TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN MINUMAN RTD (READY TO DRINK) DI KALANGAN MAHASISWA KAMPUS U NESA KETINTANG (CASE: COCA=COLA ZERO SUGAR & TEH BOTOL SOSRO TAWAR)

Penulis

  • Fahreza Megananda Universitas Negeri Surabaya
  • Sanaji Sanaji Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1613-1622

Kata Kunci:

brand image, consumer preferences, healthy lifestyle, ready to drink

Abstrak

This study aims to examine and analyze the influence of a healthy lifestyle and brand image on consumer preferences for ready-to-drink among students at State University of Surabaya on the Ketintang campus. The categories of ready-to-drink that became the object of the research were Coca-Cola Zero Sugar and The Botol Sosro Tawar. This study is using a quantitative approach with a sampling technique using a non-probability sampling method. The population for this research is ready-to-drink (RTD) consumers, which are students from the State University of Surabaya on the Ketintang campus. Number of samples that used by researchers in this study were 116 samples according to the formula of Machin and Champbell (1987). The statistic used is multiple linear regression with the help of IBM SPSS Statistics 25.0. The results show that a healthy lifestyle and.brand image.have a positive and significant effect on consumer preferences.

Referensi

Deil, S. (2014). Strategi Pemasaran Produk Asli RI ini Sukses Kalahkan Coca-cola. Www.Liputan6.Com.(https://www.liputan6.com/bisnis/read/796505/strategi-pemasaran-produk-asli-ri-ini-sukses-kalahkan-coca-cola, diakses pada 25 November 2021).

Gratia, A. A., & Septiani, A. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Sehat terhadap Psychological Well-Being dan Dampaknya pada Auditor KAP (Studi Empiris pada Auditor Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah Dan DIY). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 120-131.

Herdiana, T., & Alamsyah, D. (2017). Country of Origin Dan Citra Merek: Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 31-40. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.488

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. (Edisi 1). Yogyakarta: BPFE

Neilsen. (2016). Whats in Our Foods and on Our Mind. Ingredient and Dining-out Trends around The World. https://www.nielsen.com/wp-content/uploads/sites/3/2019/04/global-ingredient-and-out-of-home-dining-trends-aug-2016.pdf

Rahayu, E. /SWA M. (2017). Pameran HI SEA 2017 Dukung Industri Mamin Sehat _ SWA. Www.Swa.Co.Id. (https://swa.co.id/swa/trends/marketing/pameran-hi-sea-2017-dukung-industri-mamin-sehat, diakses pada 25 November 2021).

Rostanti, Q. (2016). Survei: Konsumen Indonesia Lebih Sadar Pola Makan Sehat | Republika Online. Www.Republika.Co.Id. (https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/16/09/06/od39ce335-survei-konsumen-indonesia-lebih-sadar-pola-makan-sehat, diakses pada 30 Desember 2021).

Sari, A., Manumono, D., & Astuti, A. (2019). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Buah Pisang. 3. (https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/agritas/article/view/7174, diakses pada 30 Desember 2021).

Simamora, B. (2003). Membongkar kotak hitam konsumen. Jakarta; Tim Setter (Ed.). Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori Penerapannya Dalam Pemasaran. Edisi Kedua (2nd ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen 1st ed. Yogyakarta: CAPS.

Winosa, Y. (2018, September). Berebut Manisnya Industri Minuman Dalam Kemasan. Www.Wartaekonomi.Co.Id. (https://www.wartaekonomi.co.id/read193618/berebut-manisnya-industri-minuman-teh-dalam-kemasan, diakses pada 30 Desember 2021).

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Megananda, F., & Sanaji, S. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP SEHAT DAN CITRA MEREK TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN MINUMAN RTD (READY TO DRINK) DI KALANGAN MAHASISWA KAMPUS U NESA KETINTANG (CASE: COCA=COLA ZERO SUGAR & TEH BOTOL SOSRO TAWAR). Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1613–1622. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1613-1622

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstract views: 2536 , PDF Downloads: 3549

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.