Adaptive Bitrate Streaming untuk Peningkatan Kualitas Penerimaan Video pada E-learning

Main Article Content

Yeni Anistyasari

Abstract

Peningkatan kualitas video pada e-learning merupakan topik penelitian yang sedang hangat dibicarakan. Beberapa penelitian tentang video pada e-learning lebih banyak berfokus pada konten. Sedangkan cara pengiriman video kepada pengguna e-learning yang memiliki kualitas sinyal beragam belum banyak diteliti. Penelitian ini mengajukan ide pengiriman video pembelajaran berdasarkan prinsip H.264/SVC dan memanfaatkan karakteristik pengguna e-learning berdasarkan kualitas sinyal yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas video yang diterima pengguna e-learning dimanapun berada berdasarkan proportional fairness. Pertama, rumusan masalah dituliskan secara matematis kemudian diselesaikan dengan adaptive bitrate streaming (ABS) sesuai dengan proportional fairnessi berdasarkan algoritma greedy. Simulasi dilakukan untuk menguji kinerja metode yang ditawarkan. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa ABS dapat meningkatkan kualitas video yang diterima pengguna e-learning.

Article Details

Section
Volume 01 Nomor 01

References

[1] T. Hartsell and S. C.-Y. Yuen, œVideo Streaming in Online Learning, AACE J., vol. 14, pp. 3143, 2006.

[2] K. Kurbel, œVideo Streaming Solutions for Web- Based E-Learning Courses, pp. 874877, 2003.

[3] Y. Anistyasari, œModiste¯: A Novel Method for Enhancing Video Streaming in E-learning, in Proc. of The International Conference on Educational Research and Development 2015, 2015.

[4] Z. Sun, C. Yin, and G. Yue, œReduced-complexity proportional fair scheduling for OFDMA systems, in 2006 International Conference on Communications, Circuits and Systems, ICCCAS, Proceedings, 2006, vol. 2, no. 60472070, pp. 12211225.

[5] K. L. Hua, Y. Anistyasari, C. H. Hsu, T. L. Chin, C. L. Yang, and C. Y. Wang, œMulticast scheduling for stereoscopic video in wireless networks, Multimed. Tools Appl., vol. 76, no. 1, pp. 128, 2017.