Sistem Informasi E-Procurement Untuk Mewujudkan Proses Pelelangan Barang dan Jasa Yang Transparan, Efisien dan Akuntable

Main Article Content

Khusnul Qotimah

Abstract

E-procurement adalah  suatu proses pengadaan barang dan jasa secara online melalui internet, dengan adanya e-procurement diharapkan proses akan menjadi transparan dan dapat mudah diawasi oleh peserta lelang dan masyarakat sehingga proses pengadaan barang dan jasa akan adil (fair).

Sistem Informasi E-Procurement adalah Sistem Informasi berbasis web yang digunakan sebagai sarana untuk membantu proses pengadaan barang dan jasa mulai dari proses pelelangan, pendaftaran pelelang, data pelelangan, data penawar, proses penawaran hingga proses seleksi pemenang. Ada 4 pengguna dalam Sistem Informasi E-procurement ini, yaitu : Admin, Pelelang, Penawar dan Tamu.

Pemilihan penyedia barang dan jasa dengan menggunakan sistem e-Procurement diharapkan untuk mewujudkan tujuan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang efektif, efisien, transparan, adil atau tidak diskriminatif dan akuntabel.

Article Details

Section
Volume 01 Nomor 01

References

[1] Kadir, Abdul. œTuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL Yogyakarta. Penerbit Andi, 2008.

[2] Kalakota, Ravi and Marcia Robinson, œE-Business 2.0 : Roadmap for Success. Addison Wesley,Longman Inc., Cambridge, Massachussets, 2001.

[3] Madcoms, œAplikasi Manajemen Database Pendidikan Berbasis Web Dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta:Penerbit Andi, 2005.

[4] Pujadi, Tri, Shandy, Dian Novita Sari, Carla Wibowo, œPerancangan Sistem E-Procurement Pada Pt. Multi Eraguna Usaha. Yogyakarta : UPN Veteran, 128,vol. 128-138, 2009.

[5] Sugiyono. œMetode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

[6] Suryatiningsih dan Muhamad, Wardani. œCourseware Politeknik Telkom mata kuliah Web Programming. Bandung: Politeknik Telkom, 2009.

[7] Sutanta, Edhy, œBasis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta : Penerbit Andi, 2011.

[8] Turban, Efraim, et al, Electronic Commerce 2008: A Managerial Perspective. Prentince Hall, Inc., Upper Saddle River, New Jersey, 2008.