Analisa Pengaruh Ulasan Pembeli dan Harga Jual Smartphone Terhadap Tingginya Penjualan Smartphone Secara Online. Studi Kasus Smartphone Oppo F9 4Gb Di Toko Online Tokopedia

Main Article Content

Siti Aminatus Zehroh
Siti Zehroh
Nur Aini Rakhmawati
Aris Purwanti Putri
Alexander Sidum LK
Muhammad Bagas Farhan

Abstract

Tingginya permintaan smartphone di Indonesia membuat produsen dan penjual smartphone kian dibanjiri pesanan, terutama untuk merek smartphone Oppo yang kini menjadi primadona masyarakat Indonesia. Didukung dengan kecanggihan teknologi, pembelian barang menjadi sangat mudah dengan adanya toko online. Pembeli tidak perlu lagi pergi ke toko untuk membeli barang, cukup melakukan transaksi online, pembayaran menggunakan kartu kredit/bank, barang akan tiba di dirumah pembeli. Namun, dibalik kemudahan dan kecanggihan teknologi ini, kita harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi online karena kita tidak dapat melihat barangnya secara langsung sehingga kita tidak mengetahui apakah barangnya benar ada, barang tidak cacat, serta barangnya benar-benar akan dikirim ke alamat kita. Inilah yang perlu kita pelajari sebagai pembeli untuk turut menganalisa akun toko online penjual sebelum melakukan transaksi. Dan penting sekali diketahui bagi penjual bahwa ulasan konsumen sangat mempengaruhi pembeli baru untuk membeli di toko onlinenya atau tidak. Oleh karena itu, kami melakukan penelitian pengaruh ulasan pembeli dan harga jual smartphone terhadap tingginya penjualan smartphone secara online. Didapatlah hasilnya bahwa jumlah penjualan toko yang masuk dalam kategori kurang terpercaya yaitu Wahana Accessories dan Laku8989  yang terdapat pada Tabel 2. dan hasilnya kedua sampel toko tersebut memiliki rata-rata jumlah penjualan yang tergolong rendah yaitu sebesar 28.5 penjualan, walaupun kedua toko ini mematok harga pada kisaran menengah kebawah, sedangkan pada sampel toko yang masuk kedalam kategori terpercaya memiliki rata-rata penjualan yang jauh lebih tinggi yaitu 225.

Article Details

Section
Articles

References

Hutami Permita Sari, P. R. M., 2016. PENGARUH CITRA MEREK, FITUR, DAN PERSEPSI HARGA. JURNAL MANAJEMEN BISNIS INDONESIA (JMBI), Volume 5, p. 223.

Anon., 2019. kumparan.com.[Online] Available at:https://kumparan.com/@kumparantech/5-brand-smartphone-terlaris-di- indonesia-awal-2019-1rQxk5iSdUc [Accessed 17 September 2019].

Anon., 2019. kumparan.com. [Online] Available at:https://kumparan.com/@kumparantech/ 5-brand-smartphone-terlaris-di- indonesia-awal-2019-1rQxk5iSdUc [Diakses 17 September 2019].

Elena Anatolyevna Kirillova, E. A. S., 2016.The Principles of the Consumer Right Protection in Electronic Trade: A Comparative Law Analysis. International Journal of Economics and Financial Issues, 6(State and Municipal Regulation, Investment, Commerce: National and International Aspects of the Business), pp. 117-122.