Ananlisi Kualitas Website JD.ID Terhadap Kepuasan Pengguna Mengggunakan Metode Webqual 4.0

Main Article Content

Yesni Malau
Pradita Pusfitaningrum

Abstract

Abstrak”Seiring perkembangan era teknologi di Indonesia yang begitu pesat dan banyaknya perusahaan dagang yang memanfaatkan internet sebagai media penjualan,  menjadikan perdagangan elektronik (e-commerce) menjadi salah satu tempat belanja yang sangat digemari, kemudahan dalam bertransaksi serta berbelanja lebih efektif dan efesien menjadi salah satu daya tarik pengunjung dalam memilih situs e-commerce.  JD.id merupakan salah satu situs e-commerce yang ada di Indonesia, agar JD.id mampu bertahan dan terus berkembang di era persaingan situs e-commerce saat ini dan dimasa yang akan datang maka perlu dilakukan penelitian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pengguna terhadap kualitas website JD.id, mengetahui signifikansi tingkat kepuasaan pengguna website JD.id terhadap usability (kemudahan), information quality (kualitas informasi), interaction quality (kualitas informasi), penelitian ini menggunakan metode webqual 4.0, dalam metode ini terdapat beberapa variabel yaitu Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Interaksi terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 responden dengan menggunakan kuesioner secara online yang terdiri dari 24 butir pertanyaan. setiap variabel pertanyaan di katakan valid jika nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian berdasarkan hipotesis menunjukkan bahwa hasil t hitung lebih kecil dari nilai yang sudah di tentukan, hal ini menujukan arti bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas interaksi terhadap kepuasan pengguna website JD.id

Article Details

Section
Volume 02 Nomor 02

References

[1] Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Alhasanah, J.U. Vol. 15 No. 2 Oktober 2014, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

[2] Furkonudin, Suryadi and Darmanto, EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE ECOMMERCE BLIBLI.COM MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN, Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016. Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2016, Vols. ISSN 2013-3805.

[3] Ghozal, I. APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE DENGAN PROGRAM IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.

[4] Nugroho, Adi. E-commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung : Informatika Bandung, 2006.

[5] Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Sanjaya, Imam. s.l. : Jurnal Penelitian IPTEK KOM 14 (1), 2012.

[6] Siregar, S. Metode Penelitian Kuantitatif. (P. F. I. Mandiri, Ed.). Jakarta : Kencana, 2017.

[7] Sugiyono. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung : CV ALFABETA, 2016.

[8] Suyanto and Herman, Asep. Step by Step Web Design Theory and Practices. Yogyakarta : Andi, 2009.

[9] Priyatno, D. Panduan praktis olah data menggunakan SPSS. (R. I. Utami, Ed.). Yogyakarta: : Penerbit ANDI (Anggota IKAPI, 2017.