Online Assignment Submission System untuk Efisiensi Pengelolaan Tugas Mahasiswa

Main Article Content

Mohammad Suryawinata
Nuril Lutvi Azizah
cindy taurusta

Abstract

Dalam sebuah proses pendidikan, mahasiswa akan mengikuti beberapa tahap. Mulai dari perkuliahan, mengerjakan tugas-tugas, dan mengikuti ujian, baik itu tengah semester maupun akhir semester. Proses ujian akhir semester secara  tertulis masih banyak dilakukan pada matakuliah yang tidak menerapkan proyek akhir berupa perancangan sebuah system, produk atau karya tulis. Banyak dosen  di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo selama ini masih menggunakan kertas untuk proses penugasan mahasiswa seperti membuat makalah atau portofolio. Evaluasi dalam merupakan satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari proses pendidikan. Banyak istilah yang digunakan untuk melakukan evaluasi pendidikan antara lain tes, asesmen, ujian, dan lain sebagainya. Evaluasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami dan mempelajari materi. Selain itu evaluasi juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik  mencapai tujuan pembelajaran. Penugasan atau pemberian tugas merupakan salah satu cara evaluasi dalam proses belajar mengajar dengan memberikan tugas pada peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti akan melakukan pengembangan sistem pengumpulan tugas secara online dengan mempertimbangkan efektifitas waktu dan biaya yang bisa diminimalisir. Pengumpulan tugas secara online ini penting karena dapat membantu mahasiswa dalam pengumpulan tugas agar tidak saling menunggu dengan mahasiswa lain. Serta untuk dosen, manfaat dari sistem ini diharapkan bisa menghemat waktu dalam mengorganisir tugas dan juga mengetahui urutan mahasiswa yang mengumpulkan tugas dari awal hingga akhir deadline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu pengumpulan tugas dan pengelolaan tugas oleh dosen menjadi lebih efektif.

Article Details

Section
Volume 02 Nomor 01
Author Biography

Mohammad Suryawinata, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Program Studi Informatika 

Fakultas Teknik 

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

[1] VivaNews, œUN Komputer Hemat Anggaran Negara 30%, Online http://www.viva.co.id/berita/nasional/613492-menteri-anies-un-komputer- hemat-anggaran-negara-30-persen. Diakses 1 Oktober 2017.

[2] Romiszowski, A.J. "The Selection and Use of Instructional Media", Kogan Page, London, 1998

[3] Soffer, T. Kahan, T. Livne, E., œE-assessment of online academic courses via students' activities and perceptions Studies in Educational Evaluation Volume 54, September 2017, Hal 83-93

[4] Daugherty, K.K., Bodenberg, M., œTeaching students to become effective educators through an academic elective course Currents in Pharmacy Teaching and Learning Vol. 9, Issue 2, MarchApril 2017, Hal. 246-254

[5] Joyce, J., Gitomer, D. H., Iaconangelo¸ C. J., œClassroom assignments as measures of teaching quality Learning and Instruction, Online 13 September 2017

[6] Fook, C. Y., Sidhu, K. G., œInvestigating Learning Challenges Faced by Students in Higher Education Procedia - Social and Behavioral Sciences Volume 186, 13 May 2015, Pages 604-612

[7] Welch, S. J., œAvoiding Common Problems During Online Submission of Manuscripts" Chest Volume 131, Issue 5, May 2007, Pages 1591-1594

[8] Kuo, H., Burnard, P., McLellan, R., Cheng, Y., Wu, J., œThe development of indicators for creativity education and a questionnaire to evaluate its delivery and practice Thinking Skills and Creativity, Volume 24, 2017, Pages 186-198,

[9] Elen J. Instefjord, E.J., Munthe E., "Educating digitally competent teachers: A study of integration of professional digital competence in teacher education", Teaching and Teacher Education, Volume 67, 2017, Pages 37-45,

[10] Lapets,A., Kfoury, A., "A User-friendly Interface for a Lightweight Verification System", Electronic Notes in Theoretical Computer Science, Volume 285, 2012, Pages 29-41.