Sistem Informasi Monitoring Akademik Dan Prestasi Siswa Dengan Metode Waterfall

Main Article Content

Entin Sutinah
Gustiyasyah Nurul Azima
Encep Fahmi Imaduddin

Abstract

Proses monitoring kegiatan akademik di SDN Jatiluhur IV masih berjalan manual, dimana pihak sekolah hanya menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk penyimpanan datanya, sedangkan dalam aplikasi tersebut datanya masih kurang akurat karena sistem belum mampu untuk melakukan pengecekan data secara otomatis. Selain itu, untuk mendapatkan laporan akademik masih membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk mendapatkannya dikarenakan data-data akademik yang masih terpisah. Dalam proses pengembangan sistem monitoring akademik siswa, penulis memberikan solusi pembangunan sebuah sistem baru, dimana dalam sistem baru tersebut terdapat fasilitas-fasilitas berupa, penyimpanan data yang terintegrasi dan akurat serta memudahkan guru, wali kelas, wali murid dan kepala sekolah dalam mengontrol kegiatan belajar mengajaar. Metode pengembangan sistem Penulis menggunakan metode waterfall dan UML (Unifed Modeling Language) sebagai software arsitecture. Tools yang digunakan dalam membangunan sistem ini dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta untuk database server menggunakan MySQL. Dengan adanya sistem ini nantinya akan memudahkan pihak sekolah ataupun wali murid dalam proses monitoring akademik dan prestasi siswa

Article Details

Section
Volume 02 Nomor 01

References

[1] Hermansyah dan R.S. Pauline, Sistem Informasi Monitoring Prestasi Akademik dan Aktifitas Siswa Sekolah Dasar Berbasis Web, ISSN: 2088-1762 Vol. 3, No. 2, Tanggerang: Jurnal Sisfotek, p.30-37, 2013.

[2] Hafidz, Ketaren Muhammad, Edy Budiman dan Rudiman, Sistem Informasi Monitoring Nilai Siswa Sdn 017 Anggana, e-ISSN: 2540-7902, Samarinda: Prosiding Seminar Teknologi Informasi FKTI Unmul Vol. 2, No. 1 September 2017, p.330-335, 2017.

[3] Pressman, Roger, S, Rekayasa Perangkat Lunak, Pendekatan Praktisi, Edisi 7, Yogyakarta : Andi, .2012.

[4] Sutabri, Tata, Konsep Dasar Informasi, Yogyakarta: Andi, 2012.

[5] Kadir, Abdul, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta:Andi, . 2003.