Game Edukasi Matematika Bilangan Pecahan Berbasis Android untuk Siswa Kelas 5 SD
Main Article Content
Abstract
Game edukasi matematika bilangan pecahan berbasis android merupakan sebuah media pembelajaran inovatif yang mempunyai tujuan untuk membantu mengurangi kejenuhan siswa SD kelas 5 dalam mempelajari mata pelajaran matematika bilangan pecahan. Karena selain belajar matematika bilangan pecahan, di dalam game siswa juga dapat bermain. Selain itu siswa dapat belajar matematika bilangan pecahan dimana saja karena game edukasi matematika bilangan pecahan ini berbasis android, dan siswa cukup dengan menginsatall game ini di smartphone android mereka. Dalam game edukasi bilangan pecahan ini menampilkan game petualangan yang ketika berpetualang bertemu Non playeble character (NPC) dan menampilkan soal matematika bilangan pecahan dan juga pembahasan soalnya yang inovatif dan menarik. Game ini dibagi menjadi 3 level tingkatan antara lain (pengenalan bilangan pecahan, penjumlahan pengurangan bilangan pecahan, dan perkalian pembagian bilangan pecahan) yang dapat dimainkan dan dipelajari siswa dengan mudah dan tentunya bermanfaat untuk pembelajaran. Game edukasi matematika bilangan pecahan ini dibangun menggunakan Unity engine dan Metode yang di gunakan untuk membangun game edukasi ini yaitu metode Game Development Life Cycle (GDLC).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of an original manuscript to the journal will be taken to mean that it represents originality work not previously published. Please see JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) originality guidelines for details. Use this in conjunction with the points below about references, before submission i.e. always attribute clearly using either indented text or quote marks as well as making use of the preferred IEEE style of formatting. Authors submitting articles for publication warrant that the work is not an infringement of any existing copyright and will indemnify the publisher against any breach of such warranty. For ease of dissemination and to ensure proper policing of use, papers and contributions become the legal copyright of the publisher unless otherwise agreed.
The editor may make use of Thurnitin software for checking the originality of submissions received.