Stimulasi Berpikir Komputasi Melalui Digital Storytelling Menggunakan CoSpaces Edu
Main Article Content
Abstract
Digital storytelling memberikan pendekatan pedagogis untuk mendorong mahasiswa berpikir algoritmik dan keterampilan mendongeng untuk membuat cerita yang bermakna dan relevan dengan kebutuhan dan minat pribadi. Penelitian ini memanfaatkan CoSpaces Edu berbasis animasi 3D sebagai perangkat untuk menciptakan digital storytelling. Jumlah responden yang digunakan yaitu 120 mahasiswa non-teknik di tahun pertama. Mahasiswa diminta membuat digital storytelling kemudian pengajar menilainya berdasarkan rubrik penilaian yang tersedia. Dimensi berpikir komputasi terdiri dari Abstraction, Paralellism, Logical Thinking, Synchronization, Flow Control, User Interactivity, dan Data Representation. Sedangkan dimensi digital storytelling yaitu Ide, Pengorganisasian, Voice & Tone, Pemilihan kata, Penyusunan kalimat, dan Convention. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil model pengukuran memenuhi persyaratan seperti reliabilitas, validitas konvergen, dan diskriminan. Begitu pula dengan hasil struktural menunjukkan bahwa digital storytelling berpengaruh signifikan positif terhadap berpikir komputasi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Submission of an original manuscript to the journal will be taken to mean that it represents originality work not previously published. Please see JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology) originality guidelines for details. Use this in conjunction with the points below about references, before submission i.e. always attribute clearly using either indented text or quote marks as well as making use of the preferred IEEE style of formatting. Authors submitting articles for publication warrant that the work is not an infringement of any existing copyright and will indemnify the publisher against any breach of such warranty. For ease of dissemination and to ensure proper policing of use, papers and contributions become the legal copyright of the publisher unless otherwise agreed.
The editor may make use of Thurnitin software for checking the originality of submissions received.