Sistem Informasi Pendukung Keputusan Pemilihan Toko pada Sentra Oleh-oleh dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting
Main Article Content
Abstract
Sentra UMKM merupakan pusat oleh-oleh khas suatu daerah yang didalamnya terdapat berbagai UMKM lokal beserta produk khasnya. Sentra UMKM di Surabaya menampung lebih dari 526 UMKM lokal. Dengan berkembangnya Sentra UMKM, semakin banyak mitra yang ingin bekerja sama dengan UMKM yang tergabung dalam Sentra UMKM. Dalam menentukan UMKM untuk partner kerja sama, sentra UMKM membutuhkan pertimbangan UMKM terbaik agar berdampak terhadap meningkatnya penghasilan mitra secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain sistem pendukung keputusan prioritas calon partner UMKM menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Sistem pendukung keputusan ini memiliki empat kriteria yang diukur yaitu waktu pengiriman, rating toko, biaya pengiriman, dan jarak. Objek penelitian ini dilakukan di Sentra UKM Siola, Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan pemilihan prioritas partner kerja sama yang mempermudah mitra usaha dalam menentukan UMKM terbaik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.