Technology Acceptance Model Untuk Analisis penerimaan Pengguna Manajemen Pembelajaran Berbasis Online"Google Classroom"Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Ardhini Warih Utami
Dwi Fatrianto Suyatno

Abstract

    Pada saat ini diberbagai negara dibelahan bumi tengah dikejutkan dengan pemberitaan pandemi. Pandemi saat ini yang menjadi ketakutan penduduk dan pemerintah diseluruh dunia adalah pandemi virus corona. Melihat perkembangan
kasus pandemi Covid-19 yang ada Indonesia jumlahnya bertambah dan penyebaran virusnya semakin sulit dikendalikan,
pemerintah pusat membuat kebijakan dalam upaya pencegahan pandemi covid-19 dengan pengaturan jarak sosial (social
distancing) dan fisik(physical distancing) diberbagai lini kehidupan.
  Berdasar surat yang dikeluarkan oleh Mendikbud RI No.3 Tahun 2020 tentang pencegahan COVID-19 yang ada pada
satuan pendidikan tinggi di Indonesia, yang menyatakan himbauan kepada seluruh pendidikan tinggi di seluruh Indonesia
untuk melakukan aktivitas belajar dari rumah. Menggunakan LMS Google Classroom merupakan salah satu solusi yang Anda butuhkan untuk mendukung proses pendidikan dan kegiatan belajar dalam jaringan (Daring) di masa pandemi Covid-19. Kegiatan LMS yang memanfaatkan Google Classroom selama pandemi covid-19 dapat meningkatkan fleksibilitas
belajar. Dengan kata lain, Anda dapat mengakses materi pembelajaran berulang kali setiap saat, semakin meningkatkan
pembelajaran Anda terhadap materi pembelajaran. Hal itu diukur dengan model penerimaan teknologi untuk melihat
bagaimana perasaan dan perilaku pengguna terhadap teknologi informasi yang digunakan selama pandemi Covid-19 untuk
kegiatan pembelajaran online.
Kata Kunci— Technology Acceptance Model, Learning Management System, LMS, Coid-19, Daring, Belajar.

Article Details

Section
Articles