Implementasi Sistem Manajemen Administrasi Keuangan Santri (SIMANTRI) di Ponpes. Al Fattah, Sidoarjo Sistem Manajemen Administrasi Keuangan Santri (SIMANTRI)

Main Article Content

Dwi Fatrianto Suyatno
Agus Prihanto
Asmunin Asmunin
Andi Iwan Nurhidayat

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 harus sebisa mungkin dihindari dilingkungan Pondok Pesantren(Ponpes) Al Fattah, Sidoarjo. Sehingga walisantri yang biasanya harus ke bagian Tata Usaha pondok untuk membayar SPP atau Tabungan Santri harus mulai dapat berpindah metodenya dengan cara melalui transfer bank. Permasalahan kemudian timbul ketika semua walisantri harus melakukan konfirmasi pembayaran melalui nomor telepon bagian Tata Usaha setelah mereka melakukan transfer yaitu bagian layanan administrasi tidak bisa dengan cepat merespon konfirmasi transfer tersebut karena harus merekap manual transaksi transfer bank. Pihak Ponpes kesulitan untuk melakukan pembukuan keuangan, karena data keungannya tercampur antara transaksi pembayaran SPP dan Tabungan Santri.
Dari situasi ini, maka perlu dilakukan perbaikan layanan manajemen terkait pelayanan adminitrasi keuangan santri khususnya di bagian pembayaran SPP. PKM ini ditujukan untuk memperbaiki kedua aspek tersebut dengan mengimplementasikan teknologi informasi melalui pembuatan Sistem Manajemen Administrasi Keuangan Santri (SIMANTRI) yang dintegrasikan dengan aplikasi Chatbot yang terhubung dengan media pengirim pesan Telegram. Dengan demikian ada dua aspek yang ingin diperbaiki yaitu 1) aspek teknologi dan 2) aspek tata kelola layanan.

Article Details

Section
Articles