PENGARUH KETERAMPILAN DIGITAL ABAD 21 PADA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK SMK

Main Article Content

Dede Rusmana

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu topik utama yang menjadi perhatian dalam penelitian di bidang pendidikan ekonomi. Salah satu aspek kewirausahaan yaitu kemampuan kewirausahaan menjadi komponen pembentuk keterampilan abad 21 yang sangat diperlukan dalam peningkatan sumber daya manusia. Kewirausahaan menjadi permasalahan ekonomi di Indonesia dan mempunyai hubungan dengan pengangguran. Pengangguran terbesar di Indonesia berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jumlah wirausaha di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan tetapi kompetensinya masih rendah. Hal ini sesuai dengan penelitian awal di kabupaten Wonogiri yang menunjukkan kompetensi kewirausahaan pada peserta didik SMK masih rendah. Kompetensi kewirausahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain melalui pelatihan dan pendidikan secara sistematis dan peningkatan kemampuan teknologi terutama teknologi digital. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya kajian mengenai kompetensi kewirausahaan yang direlevansikan dengan pendidikan kewirausahaan dan komponen kemampuan digital. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis penelitian menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan instrumen kuesioner dan responden adalah peserta didik SMK. Hasil penelitian menunjukkan pengintegrasian keterampilan digital abad 21 pada pendidikan kewirausahaan memiliki efek yang positif dan signifikan dalam peningkatan kompetensi kewirausahaan pada peserta didik SMK. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rusmana, D. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN DIGITAL ABAD 21 PADA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK SMK. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32
Section
Articles