EVALUASI MODEL KIRKPATRICK PADA PROGRAM PRAKTEK PEMBELAJARAN LAPANGAN (PPL) SEBAGAI PENGUATAN PROFESIONALISME MAHASISWA KEGURUAN

Main Article Content

Vina Budiarti Mustika Sari
M. Riadhos Solichin

Abstract

Program Praktek Pembelajaran Lapangan merupakan program wajib yang diikuti oleh mahasiswa calon guru, kondisi Covid 19 membawa dampak pada perubahan kebijakan pendidikan yang berimbas pada system pembelajaran siswa disekolah sehingga perlu dilakukan kembali evaluasi pelaksanaan PPL dimasa Covid 19. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi PPL yang dalam meningkatkan profesionalisme dengan menggunakan model Kirkpatrick 4 level. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan questioner menggunakan skala 1-6. Sampen penelitian menggunakan sampel jenuh pada semua mahasiswa yang memprogram mata kuliah PPL II yang mengajar maple Kewirausahaan di sekolah. Teknik analisis data melalui analisis regresi pada empat level model Kirkpatrick dengan aplikasi SEM. Hasil penelitian ditemukan pada empat tingkatan evaluasi Kirkpatrick, keempatnya mampu merefleksikan Program Praktek Pembelajaran Lapangan (PPL). Reaksi, Pembelajaran, Perilaku dan Hasil dapat menciptakan pengetahuan dan pengalaman bagi calon guru dari hasil pelaksanaan Program PPL yang akan menghasilkan profesionalitas mengajar mahasiswa kependidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, V. B. M., & Solichin, M. R. (2023). EVALUASI MODEL KIRKPATRICK PADA PROGRAM PRAKTEK PEMBELAJARAN LAPANGAN (PPL) SEBAGAI PENGUATAN PROFESIONALISME MAHASISWA KEGURUAN. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 11(1), 37–50. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n1.p37-50
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., Sultan, A., Riana, A., & Tambunan, S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period : A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79

Aykaç, N., Yildirim, K., Altınkurt, Y., & Marsh, M. M. (2017). Understanding the Underlying Factors Affecting the Perception of Pre-Service Teachers’ Teacher Identity: A New Instrument to Support Teacher Education. Üniversitepark Bülten, 6, 67–78.

Ayoo, P. O. (2023). The impact of COVID-19 on higher education in Africa (R. J. Tierney, F. Rizvi, & K. B. T.-I. E. of E. (Fourth E. Ercikan (eds.); pp. 91–101). Elsevier. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.02095-9

Ayu, I., & Astriyani, D. (2011). Evaluasi Keberhasilan Program Jaminan Kesehatan Bali Mandara ( Jkbm ) : Studi Kasus Di Puskesmas Sukawati Ii Kecamatan Sukawati. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan …, 39–50.

Bestiantono, D. S., Agustina, P. Z. R., & Cheng, T.-H. (2020). How Students’ Perspectives about Online Learning Amid the COVID-19 Pandemic? Studies in Learning and Teaching, 1(3), 133–139. https://doi.org/ 10.46627/silet.v1i3.46

Bozdoğan, D. (2015). MALL Revisited: Current Trends and Pedagogical Implications. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 932–939. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.373

Dewi, L. R., & Kartowagiran, B. (2018). An evaluation of internship program by using Kirkpatrick evaluation model. Research and Evaluation in Education, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21831/reid.v4i2.22495

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Direktorat Pembelajaran. (2017). Panduan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Djumingin, S. (2017). The Practice of Lesson Study Model in Teaching Writing Report Text. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(1), 103–110. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i1.4315

Dong, Q. W., Wang, S. M., Han, F. J., & Zhang, R. D. (2018). Innovative Research and Practice of Teachers’ Teaching Quality Evaluation under the Guidance of “Innovation and Entrepreneurship.” Procedia Computer Science, 154, 770–776. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.06.123

Gracia, E. P., Rodríguez, R. S., Pedrajas, A. P., & Carpio, A. J. (2021). Teachers’ professional identity: validation of an assessment instrument for preservice teachers. Heliyon, 7(9). https://doi.org/10.1016/ j.heliyon.2021.e08049

Hernandez, V., Hansen, C. R., Widesott, L., Bäck, A., Canters, R., Fusella, M., Götstedt, J., Jurado-Bruggeman, D., Mukumoto, N., Kaplan, L. P., Koniarová, I., Piotrowski, T., Placidi, L., Vaniqui, A., & Jornet, N. (2020). What is plan quality in radiotherapy? The importance of evaluating dose metrics, complexity, and robustness of treatment plans. Radiotherapy and Oncology, 153, 26–33. https://doi.org/ 10.1016/j.radonc.2020.09.038

Jöreskog, KG, Olsson, UH, & Wallentin. (2016). multivariat analiysis with LISREL. Peloncat. https://doi.org/Jöreskog, KG, Olsson, UH, & Wallhttps://doi.org/ 10.1007/978-3-319-33153-9.

Komarudin. (2013). Psikologi Olahraga. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Mariana, N., Widowati, Hastuti, W. S., Abidin, Y., & Faisal, F. (2021). Mencari Model PPG untuk Indonesia. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Tatono Ptoduction.

Nelson, M. J., & Voithofer, R. (2022). Coursework, field experiences, and the technology beliefs and practices of preservice teachers. Computers & Education, 186, 104547. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/ j.compedu.2022.104547

Nghia, T. L. H., & Duyen, N. T. M. (2019). Developing and validating a scale for evaluating internship-related learning outcomes. Higher Education, 77(1), 1–18. https://doi.org/10.1007/s10734-018-0251-4

Nghia, T. L. H., & My Duyen, N. T. (2018). Internship-related learning outcomes and their influential factors. Education + Training, 60(1), 69–81. https://doi.org/10.1108/ET-02-2017-0030

Praslova, L. (2010). Adaptation of Kirkpatrick’s four level model of training criteria to assessment of learning outcomes and program evaluation in Higher Education. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 22(3), 215–225. https://doi.org/10.1007/s11092-010-9098-7

Ryotaro Hayashi, Garcia, M., Maddawin, A., & Hewagamage, K. P. (2020). Online Learning in Sri Lanka’s Higher Education Institutions during the COVID-19 Pandemic. Adb Briefs, 4(100), 1–7.

Sakthi, T., & Moshi, A. A. M. (2021). Effectiveness measurement study on entrepreneurship awareness camp for technical education students using Kirkpatrick’s model. Materials Today: Proceedings, 45(xxxx), 1609–1613. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2020.08.419

Widhiarso, W. (2017). Semantik Diferensial. Fakultas Psikologi UGM.