Implementation of the Independent Campus Learning Policy in Higher Education
DOI:
https://doi.org/10.26740/jcms.v9n1.p13-23Kata Kunci:
Independence, Freedom to learn, Independent Campus, Quality educationAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Secara khusus indikasi implementasi MBKM tertuang pada jumlah mahasiswa dari perguruan tinggi (PT) dalam berbagai Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM, faktor pendukung, tantangan, kebijakan yang diterapkan di PT, dampak yang diperoleh mahasiswa, dampak bagi PT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan induktif. Jenis yang digunakan adalah fenomenologi, karena fenomena-fenomena sebagaimana dirumuskan pada permasalahan penelitian akan dikaji secara mendalam dan ditelaah untuk menemukan pola keterkaitan antar fenomena sebagai bagian utama memecahkan permasalahan pokok. Data dikumpulkan dengan bantuan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diuji keabsahannya, selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) FKIP Universitas Mataram, FISH Universitas Negeri Surabaya, dan FT Universitas Negeri Makassar telah mengimplementasikan kebijakan MBKM, (2) implementasi MBKM memberikan dampak pada peningkatan kepercayaan diri mahasiswa dalam memperoleh tambakan kompetensi di luar kompetensi inti sesuai program studinya, (3) faktor pendukung berupa tersedianya pilihan BKP bagi mahasiswa, faktor tantangan keterbatasan dana pendukung dan perangkat implementasi BKP, dan (4) sebagai bagian penting penentu IKU perguruan tinggi, maka perlu senantiasa penyesuaian implementasi kebijakan MBKM.
Referensi
Barnawi, & Darojat, J. (2017). Penelitian Fenomenologi Pendidikan: Teori dan praktik. (1st ed.). Ar-Ruzz Media.
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (1st ed., Vol. 1). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Huang, Y., & Huang, G. (2020). Design and implementation of the web-based independent learning platform. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 750(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/750/1/012007
Knight, J. (2008). Higher Education in Turmoil: The changing world of internationalization. (13th ed.). Sense Publishers.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data Kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. (T. R. Rohadi & Mulyarto, Eds.; 1st ed., Vol. 1). Universitas Indonesia (UI-Press).
Mota, R., & Scott, D. (2014). Education for Innovation and Independent Learning (Vol. 1). Elsevier.
Sudirtha, I. G., Widiartini, N. K., & Anggendari, M. D. (2021). Development of 21stcentury skill learning designs through the application of the concept of independent learning in the vocational field. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012062
Thomas, D. R. (2006). A general inductive approach for analyzing qualitative evaluation data. American Journal of Evaluation, 27(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1098214005283748
Universitas Mataram. (2021). Rencana Strategis Universitas Mataram Tahun 2021-2025. Universitas Mataram.
Wesna, M., Wardono, & Masrukan. (2021). Mathematical literacy ability in terms of the independent learning students on reciprocal teaching learning models with approaching RME assisted by google classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042040
Willis, J. W. (2008). Qualitative Research Methods in Education and Educational Technology: Research, innovation, and methods in Educational Technology. Information Age Publishing.
Yang, D., Swekwi, U., Dai, X., & Tu, C. C. (2022). Potential Implications of Optimism and Mental Health for the Independent Learning of Chinese University Students. Sustainability (Switzerland), 14(17). https://doi.org/10.3390/su141710602
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Civics and Moral Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

