Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JCMS

  1. JCMS menerbitkan artikel berbasis hasil penelitian kependidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, peningkatan, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di Indonesia.
  2. Artikel harus asli, belum pernah dipublikasikan, tidak sedang dikirim ke jurnal lain, dan harus disertai pernyataan bukan hasil plagiat atau mengandung unsur plagiat.
  3. Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah antara 15 –20 halaman, kertas ukuran A4, diketik 1,5 spasi, program Windows Microsoft Word tahun 2003 ke atas, tipe huruf Times New Roman, font size 12, margin atas dan kiri 4 cm, kanan dan bawah 3cm.
  4. Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.

a)      Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimal 10-20 kata, dan harus mencerminkan substansi kependidikan yang diuraikan pada batang tubuh artikel.

b)      Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, diletakkan di bawah judul; untuk artikel yang berasal dari penelitian kelompok, maka semua anggota harus dicantumkan dengan urutan yang sama.

c)      Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal dan alamat e-mail yang letaknya di bawah nama penulis; jika penulis lebih dari seorang, maka alamat e-mail cukup penulis utamanya.

d)     Abstrak: ditulis dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, satu alenia yang panjangnya antara 120-150 kata. Abstrak terdiri atas tujuan, metode, dan hasil.

e)      Kata Kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, terdiri atas beberapa buah kata/istilah dan disebut dalam judul/abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal.

f)       Batang Tubuh Artikel: Artikel terdiri atas pendahuluan yang memuat latar belakang masalah dan atau reviu pustaka mutakhir (maksimal 20%), metode (15%), hasil dan pembahasan (60%), serta kesimpulan (5%). Pembahasan harus dilengkapi dengan rujukan dari referensi/sumber primer dan mutakhir yang salah satunya dari artikel di jurnal yang relevan dan terakreditasi.

g)      Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian dan narasumber.

h)      Daftar Pustaka: diusahakan paling banyak dari sumber primer (jurnal) mutakhir (3-5 tahun) dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Daftar pustaka tidak boleh memuat karya penulis sendiri.

Berikut adalah beberapa contoh penulisan daftar pustaka dari beberapa jenis sumber.

  1. Jurnal: nama pengarang, tahun, judul artikel (di antara dua tanda kutip), nama jurnal (cetak miring), volume, nomor, dan halaman. Contoh:

Slamet PH. 2014. “Politik Pendidikan Indonesia dalam Abad ke-21”, dalam Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, XXXIII (3), hlm.324-337.

  1. Buku: nama pengarang (jika lebih dari satu kata, nama belakang yang dijadikan entri), tahun, judul buku (cetak miring), kota penerbit, dan penerbit. Contoh:

Creswell, John W. 2014. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Englewood Cliff, New Jersey: Pearson Merill Prentice Hall.

  1. Buku yang terdiri atas kumpulan artikel dengan banyak pengarang ditulis seperti berikut.

Penaflorida, Andrea H. 2014. “Nontraditional Forms of Assessment and Response to Student Writing: a Step Toward Learner Autonomy”, dalam Richards, Jack C. dan Willy A. Renandya (eds), Methodology in Language Teaching, an Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.Hlm.100-115.

  1. Internet: pengarang, tahun, judul artikel, alamat situs, dan tanggal mengunduh. Contoh:

Mueller, John. 2014. Authentic Assessment Toolbox. North Central College, Naperville, http://jonathan.mueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.htm, diunduh 9 September 2014.

  1. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun, dan halaman. Contoh: (Mitchel, 2013:53), atau Mitchel (2013:53). Rujukan lewat pengarang kedua sedapat mungkin dihindari. Misalnya: Gronlund (dalam Nurgiyantoro, 2014:177).
  2. Artikel dikirim melalui OJS (Open Journal System) dengan mendaftarkan diri melalui laman http://journal.unesa.ac.id/index/cp (disertakan nomor HP untuk memudahkan kontak).
  3. Artikel yang masuk ke meja redaksi dibaca dan direkomendasikan oleh mitra bestari serta direviu dan diseleksi oleh redaktur. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak.
  4. Penulis bersedia melakukan revisi naskah jika diperlukan.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.