ISSN : 2615-0808
PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JCMS
a) Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimal 10-20 kata, dan harus mencerminkan substansi kependidikan yang diuraikan pada batang tubuh artikel.
b) Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, diletakkan di bawah judul; untuk artikel yang berasal dari penelitian kelompok, maka semua anggota harus dicantumkan dengan urutan yang sama.
c) Instansi dan Alamat Penulis: ditulis nama instansi tempat penulis berasal dan alamat e-mail yang letaknya di bawah nama penulis; jika penulis lebih dari seorang, maka alamat e-mail cukup penulis utamanya.
d) Abstrak: ditulis dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, satu alenia yang panjangnya antara 120-150 kata. Abstrak terdiri atas tujuan, metode, dan hasil.
e) Kata Kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, terdiri atas beberapa buah kata/istilah dan disebut dalam judul/abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal.
f) Batang Tubuh Artikel: Artikel terdiri atas pendahuluan yang memuat latar belakang masalah dan atau reviu pustaka mutakhir (maksimal 20%), metode (15%), hasil dan pembahasan (60%), serta kesimpulan (5%). Pembahasan harus dilengkapi dengan rujukan dari referensi/sumber primer dan mutakhir yang salah satunya dari artikel di jurnal yang relevan dan terakreditasi.
g) Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian dan narasumber.
h) Daftar Pustaka: diusahakan paling banyak dari sumber primer (jurnal) mutakhir (3-5 tahun) dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka. Daftar pustaka tidak boleh memuat karya penulis sendiri.
Berikut adalah beberapa contoh penulisan daftar pustaka dari beberapa jenis sumber.
Slamet PH. 2014. “Politik Pendidikan Indonesia dalam Abad ke-21â€, dalam Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, XXXIII (3), hlm.324-337.
Creswell, John W. 2014. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Englewood Cliff, New Jersey: Pearson Merill Prentice Hall.
Penaflorida, Andrea H. 2014. “Nontraditional Forms of Assessment and Response to Student Writing: a Step Toward Learner Autonomyâ€, dalam Richards, Jack C. dan Willy A. Renandya (eds), Methodology in Language Teaching, an Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.Hlm.100-115.
Mueller, John. 2014. Authentic Assessment Toolbox. North Central College, Naperville, http://jonathan.mueller.faculty.noctrl.edu/toolbox/index.htm, diunduh 9 September 2014.