Strategi Aktor Menafsir Naskah RE

Main Article Content

Ahmad Faishal
Moh. Hariyanto

Abstract

Minimnya kajian tentang teater khususnya aktor dan upaya kerja aktor, mendorong peneliti mengkaji hubungan antara naskah aktor dan pertunjukan. Aktor sebagai elemen terpenting dalam pertunjukan teater tidak serta merta begitu saja bisa hadir dan bermain diatas pangung. Aktor membutuhkan serangkaian modal (kehendak, pemikiran, tubuh dan perasaan) disertai dengan kecanggihan teknik dan metode yang tepat untuk bisa bermain dan ˜menjadi aktor yang baik. 

Memahami naskah drama membutuhkan strategi khusus (pembacaan Dekonstruksi) untuk dapat menangkap makna, menemukan gagasan, peran, karakter, hubungan antar tokoh, konflik, setting, alur, artistik dan penyelesaian. Bahkan sampai pada upaya melakukan pemberontakan terhadap naskah itu sendiri (entah adaptasi atau inspirasi).

Penelitian ini difokuskan pada naskah RE Karya Akhudiat, menggunakan metode content analysis dengan pendekatan dekonstruksi. Dekonstruksi memaparkan tiga langkah metodologis, yakni pertama tahap verbal, yaitu tahap pembacaan kritis dengan pencarian paradok dan kontradiktif. Kedua, tahap tekstual yaitu mencari makna yang lebih dalam pada keseluruhan teks. Ketiga, pencarian makna pada tahap linguistik.

Dengan menggunakan strategi dekonstruksi, berpikiran kritis bahkan sampai pada hal yang tak mungkin (nalar) diluar naskah, aktor dapat memahami naskah semaksimal mungkin dan dapat bermain dengan baik. Aktor telah memiliki modal pemikiran yang maksimal.

Article Details

How to Cite
Faishal, A., & Hariyanto, M. (2019). Strategi Aktor Menafsir Naskah RE. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(2), 22–34. https://doi.org/10.26740/geter.v2n2.p22-34
Section
Articles

References

Daftar pustaka
Akhudiat, 2014. Antologi 5 Lakon Akhudiat. Lamongan: Pagan Pres.
Ansari, Isa. 2017. Paradigma Dramaturgi Seni Pertunjukan. Surakarta: ISI Press.
Barker, Chris. 2009. Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Dewojati, Cahyaningrum. 2014. Drama-Drama Indonesia Kajian Multiperspektif . Yogyakarta: Aksara Indonesia.
Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi dan pengkajian. Jakarta: Center of Academic Publishinng Service (CAPS).
Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: PustakaPelajar.