PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v12n1.p101-112Kata Kunci:
Language Skills, Mandarin language, social media, vocabularyAbstrak
Penelitian ini mengkaji media sosial yang merupakan suatu platform digital yang menyediakan berbagai macam fasilitas untuk aktivitas sosial, seperti berkomunikasi ataupun membagikan konten berupa video atau foto. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya media sosial yang mempromosikan pembelajaran bahasa Mandarin secara online atau memberikan pengetahuan terkait bahasa Mandarin secara gratis. Maka perlu dikaji guna mengetahui apakah penggunaan media sosial dapat bermanfaat terkait memperkaya perbendaharaan kosakata, meningkatkan empat keterampilan berbahasa Mandarin, ataupun manfaat lainnnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik survei melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang menggunakan Instagram sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin. Selain itu, para peserta didik juga menyebutkan bahwa Instagram mempunyai banyak manfaat dalam membantu proses pembelajaran peserta didik. Kesimpulannya adalah media Instagram banyak digunakan oleh responden untuk membantu proses pembelajaran bahasa Mandarin bagi para peserta didik, karena Instagram memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat, sehingga membuat para peserta didik tertarik untuk mempelajari bahasa Mandarin menggunakan Instagram.
Referensi
Ambarsari, Z. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Pada Era 4.0. Syiar: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 81–85. https://doi.org/10.54150/syiar.v4i1.400
Ashrianti, R. D., Wardhani, R., & Zelia, V. (2022). Penggunaan Teknik Menceritakan Kembali Pada Mata Kuliah Menyimak Bahasa Mandarin. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, 158–162.
Budhi, R. K., Yanggah, M. E., & Hari, Y. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Aksara Bahasa Mandarin Untuk Anak Pra Sekolah Berbasis Android. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERSUNISBANK (SENDI_U) KE-2 Tahun 2016 Kajian Multi Disiplin Ilmu Dalam Pengembangan IPTEKS Untuk Mewujudkan Pembangunan Nasional Semesta Berencan (PNSB) Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Glo, 180–187.
Jumarni, Saud, S., & Sukmawaty. (2020). Kemampuan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas V SD Frater Makassar. INTERFERENCE: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 159–165.
Kursus. (n.d.). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kursus
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif.
Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51–65. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651
Sarana. (n.d.). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/sarana
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428
Slang. (n.d.). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/slang
Trihardini, A., Wikarti, A. R., Abdurrahman, R., & Anggrini, R. (2020). Kesetaraan Hanyu Shuiping Kaoshi Level I-Iv Dengan Cefr Pada Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin. Jurnal Cakrawala Mandarin, 4(1), 11–24. https://doi.org/10.36279/apsmi.v4i1.94
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Metode Penelitian. In Cv Science Techno Direct.
Wikarti, A. R., & Andriani, S. (2022). Kesetaraan Hanyu Shuiping Kaoshi Level I-IV dengan Common European Framework of Reference pada Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin. Fenghuang: Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin, 01(03), 11–21.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

