KEEFEKTIFAN MEDIA FILM PENDEK DAN LAGU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X MA NEGERI 1 SERANG

KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK

Authors

  • RAM PRIMURHADI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Tatu Hilaliyah Universitas Sultan ageng Tirtayasa
  • Herwan Herwan Universitas Sultan ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n1.p76-95

Abstract

Kurangnya kemampuan menulis pada masyarakat Indonesia membuat mereka kesulitan dalam menyampaikan ide dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek kebahasaan yang cukup sulit dikuasai jika tidak dilatih dengan tekun. Upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis pada masyarakat Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Pembelajaran keterampilan menulis dapat dilakukan di sekolah yaitu pada materi menulis cerita pendek. Pemilihan media yang digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek penting dilakukan untuk menarik minat peserta didik. Media yang tepat dapat mengefektifkan pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media film pendek dan lagu terhadap keterampilan menulis cerita pendek peserta didik. Temuan dalam penelitian ini membuktikan bahwa terdapat keefektifan media film pendek dan lagu terhadap keterampilan menulis cerita pendek. Hasil posttest dengan menggunakan media film pendek menunjukkan nilai rata-rata sebesar 78,89, sedangkan hasil posttest dengan menggunakan media lagu menunjukkan nilai rata-rata sebesar 73,52. Dapat disimpulkan bahwa media film pendek lebih efektif dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hasil tersebut membuktikan bahwa peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar sehingga keterampilan menulis cerita pendeknya meningkat.

References

Anggraeni, Sri Wulan. 2016. Penggunaan Media Lagu Anak dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Sekolah Dasar. Vol. 1 No. 1: 49-60.

Dalman, H. 2020. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajar, 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center

Fatmawati, Aristia. 2019. Penggunaan Media Tayangan Film Pendek dalam Pembelajaran Menyusun Kembali Teks Cerita Pendek Secara Lisan dengan Metode Simulasi pada Siswa SMP. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1, No. 1.

Hafidhoh, Noor dan Muhammad Rizal Rifa’i. 2021. Karakteristik Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum 2013 di MI. Awwaliyah: Jurnal PGMI. Vol. 4 No. 1.

Handayati, Wiwit, Syahrul R dan Afnita. 2013. Keaktifan Penggunaan Media Lagu dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IX SMPN 5 Lubuk Basung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1, No. 2: 226-232.

Hidayat, Ahyar, Wikanengsih dan Diena San Fauziya. 2020. Pembelajaran Menulis Cerpen Menggunakan Metode Picture and Picture. Parole; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 3 No. 5.

Kumalasari, Novi Deriska. 2011. Efektifitas Media Lagu dalam Meningkatkan Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Temanggung. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kurniawati, Dedek dan Siti Nur Asmah. 2020. Inovasi Media Lagu untuk Pembelajaran Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 5, No. 2: 112-117.

Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Munirah. 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. (Ansari, Ed.) Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nasihudin dan Hariyadin. 2021. Pengembangan Keterampilan dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 4.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Putri, N. P. 2020. Keterampilan Membaca: Teori Ferdinand De Saussure. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia). Vol. 3, No. 1.

Rahman, A. Abdul. 2020. Efektivitas Media Lagu Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemampuan Istima’ Peserta Didik Kelas X IKA MAN 1 Soppeng. Skripsi. Parepare: IAIN Parepare.

Rispa. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Teknik Semi-Terbimbing dengan Media Syair Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Gowa. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sau, Febriany I. 2020. Penerapan Media Film Pendek untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Esai pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Pontianak. Jambura Journal of Linguistics and Literature. Vol. 1, No. 1: 1-13.

Situmorang, Nila Martha Yehonala. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research. Vol. 2, No. 2.

Subekti, Mukodas Arif. 2022. Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa SMA. Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra dan Pengajaran. Vol. 4, No. 1.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarsinih, Eny. 2018. Kajian terhadap Nilai-nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu’ Karya Alex R. Nainggolan sebagai Alternatif Bahan Ajar. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 3, No. 2.

Windari. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Film terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi. Padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

PRIMURHADI, R., Hilaliyah, T., & Herwan, H. (2024). KEEFEKTIFAN MEDIA FILM PENDEK DAN LAGU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X MA NEGERI 1 SERANG: KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 11(1), 76–95. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n1.p76-95
Abstract views: 105 , PDF Downloads: 98