Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Ratna Dwi Susilowati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sutama Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nuqhty Faiziyah Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p68-78

Keywords:

media, matematika, pembelajaran, podcast.

Abstract

Implemebtasi kagiatan pemebelajaran matematika cukup menyulitkan siswa dan guru saat pandemi Covid-19, apalagi siswa harus belajar dari rumah. Dengan adanya teknologi saat ini, banyak kemudahan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, ada berbagai media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru, misalnya dengan inovasi pembelajaran via podcast. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan podcast dalam pembelajaran matematika di tengah pandemi Covid-19, dan 2) untuk menganalisis penerapan podcast dalam pembelajaran matematika di tengah pandemi Covid-19. Jenis penelitian merupakan penelitian referensi. Fokus penelitian ini adalah mengkaji penerapan podcast dalam pembelajaran matematika di tengah pandemi Covid-19.  Keabsahan data dengan berbagai sumber dan perpanjangan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode Komparasi Konstanta. Proses analisisi data ini yaitu mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan simpulan, Hasil penelitian menunjukkan podcast bermanfaat sebagai media suplemen pembelajaran untuk siswa, selain kuliah tatap muka di kelas dan membaca buku teks. Sehingga siswa dapat lebih memahami konsep, teori dan aplikasi yang mungkin belum tersedia selama di kelas. Selain itu, podcast dapat menjadi media alternatif untuk pembelajaran jarak jauh.

 

References

[1] Darmalaksana, Wahyudin, et al. "Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21." Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2020): 1-12.
[2] Bozkurt, Aras. "From distance education to open and distance learning: A holistic evaluation of history, definitions, and theories." Handbook of Research on Learning in the Age of Transhumanism. IGI Global, 2019. 252-273.
[3] Rahmawati, Indah. "Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Digital Class Platform Edmodo." Universitas Terbuka Convention Center. 2016.
[4] Kusuma, Jaka Wijaya, and Hamidah Hamidah. "Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19." JIPMat 5.1 (2020).
[5] Tung, K. Y. (2000). Pendidikan dan riset di internet. Jakarta: Dinastindo.
[6] Afriansyah, E. A., et al. "The analysis of mathematics with ATLAS. ti." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1402. No. 7. IOP Publishing, 2019.
[7] Phillips, B. (2017). Student-produced podcasts in language learningexploring student perceptions of podcast activities. IAFOR Journal of Education
[8] Tapp, David. "The Innovative Use of Podcasting to Support Under-Represented Groups." Innovative Practice in Higher Education 1.3 (2013).
[9] Sutama. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Sukoharjo: CV. Jasmine. (2019)
[10] Ho, C. T. B., Chou, Y. H. D., & Fang, H. Y. V. (2016). Technology adoption of podcast in language learning: Using Taiwan and China as examples. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 6(1), 1. doi: 10.17706/ijeeee.2016.6.1.1-12..
[11] Rafiza, Rafiza Nur. "Podcast: Potensi Dan Pertumbuhannya Di Indonesia." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 11.1 (2020): 1-12.
[12] Schreiber, Christof, and Rebecca Klose. "Mathematical Audio-Podcasts for Teacher Education and School." Teachers and Curriculum 17.2 (2017): 41-46.
[13] Phillips, Birgit. "Student-produced podcasts in language learningexploring student perceptions of podcast activities." IAFOR Journal of Education (2017).
[14] Hutabarat, Peny Meliaty. "Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi." Jurnal Sosial Humaniora Terapan 2.2 (2020).
[15] Fadilah, Efi, Pandan Yudhapramesti, and Nindi Aristi. "Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio." Jurnal Kajian Jurnalisme 1.1 (2017).
[16] Al Qasim, Nada, and Hind Al Fadda. "From Call to Mall: The Effectiveness of Podcast on EFL Higher Education Students' Listening Comprehension." English Language Teaching 6.9 (2013): 30-41.
[17] Thomas, Simon, and Sean H. Toland. "Imitating podcasts by providing audio content to support and enhance language learning." JALT CALL Journal 11.1 (2015): 3-17.
[18] Dedi Abidin, Jainul., and Sutrisno Widodo. "Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast Materi Story Telling Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Krian 1 Sidoarjo." Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 9.2 (2018).
[19] Rahmawan, Andi Dian, and Nendra Mursetya Somasih Dwipa. "Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika." Abdimas Dewantara 2.1 (2019): 36-44.
[20] Asri, Atiqah Nurul, Titien Indrianti, and Nancy Perdanasari. "Penerapan Digital Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Program Studi Manajemen Informatika." Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial 8.2 (2018): 81-89.
[21] Mayangsari, Dewi, and Dinda Rizki Tiara. "Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial." Jurnal Golden Age 3.02 (2019): 126-135.
[22] Rinaldi, Anggi Aris, Daryati Daryati, and Riyan Arthur. "Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan." Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil 6.1 (2017): 1-7.
[23] Maulana, Arris, et al. "Pengembangan Media Video Presentasi Pada Mata Kuliah Hidrologi Di Universitas Negeri Jakarta." Kwangsan 7.2 (2019): 295729.
[24] Özkan, Yonca, and Seda Güler. "Podcast applications in pre-service language teacher education from a constructivist perspective." World Journal on Educational Technology: Current Issues 10.3 (2018): 131-141.
[25] Rosell-Aguilar, Fernando. "Podcasting as a language teaching and learning tool." Case Studies in Good Practice 10.3 (2015): 31-39.
[26] Selwood, Jaime, Joe Lauer, and Kazumichi Enokida. "What are more effective in English classrooms: textbooks or podcasts?." CALL communities and cultureshort papers from EUROCALL 2016 Edited by Salomi Papadima-Sophocleous, Linda Bradley, and Sylvie Thouësny (2016): 424.
[27] Rafiza, Rafiza Nur. "Podcast: Potensi Dan Pertumbuhannya Di Indonesia." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 11.1 (2020): 1-12.
[28] Rahmawan, Andi Dian, and Nendra Mursetya Somasih Dwipa. "Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika." Abdimas Dewantara 2.1 (2019): 36-44.
[29] Muller, Richard, and Rand Wergin. "A Test of Learning Concepts: Teaching Business Integration to the Freshman Business Student Learner via Podcasting." Journal of Learning in Higher Education 10.1 (2014): 45-51.
[30] Koppelman, Herman. "Using Podcasts in Distance Education." International Association for Development of the Information Society (2013).
[31] Sadiman dkk. œMedia Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers., (2011).
[32] Bustari, Ahmad, Iskandar Abdul Samad, and Diana Achmad. "The use of podcasts in improving students speaking skill." JELE (Journal of English Language and Education) 3.2 (2017): 97-111.
[33] Bolliger, Doris U., Supawan Supanakorn, and Christine Boggs. "Impact of podcasting on student motivation in the online learning environment." Computers & Education 55.2 (2010): 714-722.

Downloads

Published

2020-09-30
Abstract views: 6349 , PDF Downloads: 4599 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0 , PDF Downloads: 0