Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) adalah jurnal nasional yang mempublikasikan artikel riset yang original dan berkualitas tinggi. JRPIPM memfokuskan pada semua bidang pendidikan dan inovasi pembelajaran matematika.

Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) akan menerbitkan naskah-naskah ilmiah dalam cakupan pendidikan matematika dan inovasi pembelajaran matematika. Naskah/Artikel/Tulisan dapat berupa hasil penelitian, kajian teoritis dan inovasi dalam pembelajaran matematika. Naskah/Artikel/Tulisan yang belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan.

Naskah/Artikel/Tulisan ditulis dalam bahasa Indonesia dengan sitematika judul; nama penulis; nama lembaga; alamat email; abstrak yang disertai kata kunci; pendahuluan; metode/awalan, hasil dan pembahasan; kesimpulan/ hasil lebih lanjut; dan daftar pustaka.

Tulisan/naskah dapat dikirimkan ke: jrpipm@unesa.ac.id

Petunjuk Penulis dapat diunduh  DI SINI

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel atau naskah yang dikirimkan merupakan artikel/naskah yang belum pernah dipublikasikan atau sedang dalam proses review oleh jurnal/prosiding manapun.
  2. Penulisan artikel/naskah ditulis dalam format Latex ataupun Microsoft Office dokumen.
  3. Abstrak dan kata kunci, ditulis dalam dua bahasa (indonesia dan Inggris). Abstrak disajikan maksimum 200 kata. Abstrak minimal berisi judul, tujuan, metode, dan hasil penelitian.

    Artikel diketik dengan program Microsoft Word dengan format .doc atau .docx, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts dengan satu spasi, satu kolom. Dicetak pada kertas format ukuran A4, minimal 10 Halaman dan maksimal 25 halaman.

  4. - Pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, pustaka dan  tujuan penelitian.

    - Jika diperlukan memuat metode penelitian yang berisi paparan tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti..

    - Hasil penelitian berisi paparan tentang hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian atau tujuan penelitian. Pembahasan berisi tentang paparan pemaknaan hasil penelitian yang dikaitkan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis.

    - Kesimpulan berisi tentang temuan penelitian yang merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan.

    - Daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk. Sumber rujukan minimal 75% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber primer artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk tesis dan disertasi).

    - Pengutipan rujukan menggunakan teknik yang menyebutkan nomor referensi dan disarankan menggunakan bentuk  [1] atau jika dua referensi [3,4].

    - Daftar pustaka disusun dengan tata cara diurutkan secara  kronologis tersitasi dalam artikel.

    - Persamaan: Nomor persamaan diletakkan pada margin kanan persamaan tersebut. Pengutipan untuk persamaan disarankan menggunakan bentuk “Persamaan (3)” atau lebih simpel (3).

    - Panjang naskah antara 10 – 25 halaman.

    - Detail format penulisan dapat dilihat dan diunduh langsung pada template penulisan full paper.

  5. Semua naskah ditelaah oleh mitra bestari (reviewer) yang ditunjuk menurut bidang keahliannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan revisi naskah atas dasar masukan dari mitra bestari.

  6. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara online.

 

Privacy Statement

Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika dan jrpipm@unesa.ac.id hanya dapat digunakan sebagai sarana untuk mempublikasikan artikel dan tidak untuk keperluan lain.