Model Pembelajaran SIMAS ERIC : Dampak Terhadap Komunikasi Matematis dan Self Efficacy Siswa

Authors

  • Nadia Az-zahra UIN Raden Intan Lampung
  • Netriwati Netriwati UIN Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani UIN Raden Intan Lampung
  • Fadly Nendra Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p143-153

Keywords:

Model Pembelajaran SIMAS ERIC, Komunikasi Matematis, Self Efficacy

Abstract

SIMAS ERIC yaitu Skimming, Mind Mapping, Questioning, Eksploring, Writing, dan Communicating merupakan model pembelajaran inovatif dengan 6 tahapan didalamnya. Model ini mampu menggiring siswa menjadi aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen design. Populasi pada penelitian ini dilakukan di kelas 8 SMPN 6 Metro. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas,  homogenitas, dan hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analisis of Variance).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh dampak positif dari model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap komunikasi matematis dan self efficacy.

References

M. Pembelajaran Simas Eric Solusi Alternatif Meningkatkan Motivasi Belajar Ryan Humardani Syam Pratomo And S. Mukminati Nur, “Model Pembelajaran Simas Eric Solusi Alternatif Meningkatkan Motivasi Belajar|| Learning Model Simas Eric Alternative Solutions To Increase Learning Motivation,” Jurnal.Ulb.Ac.Id, Vol. 7, No. 1, Pp. 195–207, 2021, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Https://Jurnal.Ulb.Ac.Id/Index.Php/Nukleus/Article/View/1985.

M. Zuhri, N. Sumiarni, W. W.-E.-I. Jurnal, And Undefined 2022, “Pengaruh Model Simas Eric (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating) Terhadap Penguasaan Kaidah Nahwu Dalam,” Syekhnurjati.Ac.Id, Accessed: Sep. 14, 2022. [Online]. Available: Https://Www.Syekhnurjati.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Ibtikar/Article/View/10740-30037-1-Sm-1.

E. Darmawan, … M. A.-B. J., And Undefined 2019, “Integration Of Simas Eric With Google Classroom: Enhancing Biology Students Motivation And Scientific Writing,” Journal.Unj.Ac.Id, Accessed: Nov. 26, 2021. [Online]. Available: Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Biosfer/Article/View/9278.

I. Istiqomah, … N. N.-N., And Undefined 2021, “The Model Simas Eric Berbasis Assessment For Learning Dan Self-Confidence: Dampaknya Dan Interaksi Terhadap Pemecahan,” Ejournal.Unitaspalembang.Ac.Id, Accessed: Oct. 09, 2022. [Online]. Available: Http://Ejournal.Unitaspalembang.Ac.Id/Index.Php/Nabla/Article/View/292.

E. Darmawan, Y. Brasilita, … S. Z.-B. J., And Undefined 2018, “Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Berbeda Gender Dengan Model Pembelajaran Simas Eric Di Sman 6 Malang,” Researchgate.Net, 2018, Doi: 10.21009/Biosferjpb.11-1.5.

S. Soraya, … R. R.-J. (Jurnal, And Undefined 2021, “Pengaruh Model Pembelajaran Sq3r Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Pola Bilangan,” Journal.Stkipsingkawang.Ac.Id, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Https://Journal.Stkipsingkawang.Ac.Id/Index.Php/Jpmi/Article/View/880.

P. Pertiwi, H. N.-E. J. I. Pendidikan, And Undefined 2022, “Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa,” Edukatif.Org, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Https://Www.Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/1820.

S. Rohim, K. U.-J. Of Education, T. And Learning, And Undefined 2019, “The Effect Of Problem-Posing And Think-Pair-Share Learning Models On Students’ Mathematical Problem-Solving Skills And Mathematical Communication Skills,” Learntechlib.Org, Vol. 4, 2019, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Https://Www.Learntechlib.Org/P/217674/.

R. As, R. Masykur, S. A.-A. J. P. Studi, And Undefined 2020, “Efektifitas Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry Untuk Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Number Smart,” Scholar.Archive.Org, Doi: 10.24127/Ajpm.V9i3.2719.

E. Cahyaningsih, S. Andriani, U. Islam Negeri Raden Intan Lampung, J. Endro Suratmin, K. Sukarame, And K. Bandar Lampung, “Resource Based Learning (Rbl): Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis,” Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id, Vol. 4, No. 4, 2021, Doi: 10.22460/Jpmi.V4i4.1009-1018.

T. Marwanda, … Y. Y.-M. J., And Undefined 2021, “Developing Pisa-Like Problems To Assess Students’mathematical Communication And Problem Solving Abilities,” Journal3.Uin-Alauddin.Ac.Id, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Https://Journal3.Uin-Alauddin.Ac.Id/Index.Php/Mapan/Article/View/19183.

H. K.-J. (Jurnal P. Unsika) And Undefined 2014, “Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa Sma,” Journal.Unsika.Ac.Id, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Http://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Judika/Article/View/119.

S. Soraya, R. Rosmaiyadi, And R. Wahyuni, “Pengaruh Model Pembelajaran Sq3r Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Pola Bilangan,” Jpmi (Jurnal Pendidik. Mat. Indones., Vol. 6, No. 1, Pp. 28–34, 2021.

S. Zahrowiyah, S. S. Faradiba, And A. Alifiani, “Kemampuan Komunıkasi Matematıs Tulis Pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Self-Effıcacy Peserta Didik,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., Vol. 6, No. 2, Pp. 1995–2010, 2022.

L. M.-E. R. International And Undefined 2022, “Online Learning And Students’ Mathematics Motivation, Self-Efficacy, And Anxiety In The ‘New Normal,’” Hindawi.Com, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Https://Www.Hindawi.Com/Journals/Edri/2022/9439634/.

N. Supriadi, “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau Dari Keyakinan Diri,” Core.Ac.Uk, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/295431405.Pdf.

R. Septianingsih, W. Gunawan, U. Islam Negeri Raden Intan Lampung, And J. H. Letnan Kolonel Endro Suratmin, “Pengaruh Model Pembelajaran Ecirr Dan Pq4r Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy,” Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id, Vol. 5, No. 3, 2022, Doi: 10.22460/Jpmi.V5i3.843-858.

S. Ana, I. Istihana, S. A.-P. J. P. Matematika, And Undefined 2022, “Pengaruh Mid (Meaningful Instructional Design) Dan Self Efficacy Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah,” Phi.Unbari.Ac.Id, Accessed: Oct. 09, 2022. [Online]. Available: Http://Phi.Unbari.Ac.Id/Index.Php/Phi/Article/View/193.

D. Noviyanti, … E. S.-E. S., And Undefined 2021, “Efektivitas Strategi Pembelajaran Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Efficacy,” E-Journal.Iain-Palangkaraya.Ac.Id, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Https://E-Journal.Iain-Palangkaraya.Ac.Id/Index.Php/Edusains/Article/View/1990.

S. Komalasari, L. L.-S. N. Dan, And Undefined 2018, “Model Pembelajaran Simas Eric Dengan Strategi Pembelajaran Tugas Dan Paksa,” Proceeding.Unindra.Ac.Id, Accessed: Aug. 27, 2022. [Online]. Available: Http://Proceeding.Unindra.Ac.Id/Index.Php/Dispanas2018/Article/View/135.

I. Hidayati, A. A.-J. C. J. P. Matematika, And Undefined 2022, “Hubungan Kecemasan Matematis Dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X Mipa Sman 1 Rumbio Jaya,” J-Cup.Org, Vol. 06, No. 01, Pp. 291–299, 2022, Accessed: May 24, 2022. [Online]. Available: Https://J-Cup.Org/Index.Php/Cendekia/Article/View/1043.

C. Yolantia, W. Artika, … C. N.-J. P., And Undefined 2021, “Penerapan Modul Problem Based Learning Terhadap Self Efficacy Dan Hasil Belajar Peserta Didik,” Jurnal.Unsyiah.Ac.Id, Accessed: May 24, 2022. [Online]. Available: Http://Www.Jurnal.Unsyiah.Ac.Id/Jpsi/Article/View/21250.

Downloads

Published

2023-05-31
Abstract views: 182 , PDF Downloads: 294