Model Pembelajaran SIMAS ERIC : Dampak Terhadap Komunikasi Matematis dan Self Efficacy Siswa

Authors

  • Nadia Az-zahra UIN Raden Intan Lampung
  • Netriwati Netriwati UIN Raden Intan Lampung
  • Siska Andriani UIN Raden Intan Lampung
  • Fadly Nendra Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p143-153

Keywords:

Model Pembelajaran SIMAS ERIC, Komunikasi Matematis, Self Efficacy

Abstract

SIMAS ERIC yaitu Skimming, Mind Mapping, Questioning, Eksploring, Writing, dan Communicating merupakan model pembelajaran inovatif dengan 6 tahapan didalamnya. Model ini mampu menggiring siswa menjadi aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen design. Populasi pada penelitian ini dilakukan di kelas 8 SMPN 6 Metro. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas,  homogenitas, dan hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analisis of Variance).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh dampak positif dari model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap komunikasi matematis dan self efficacy.

References

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Az-zahra, N., Netriwati, N., Andriani, S., & Nendra, F. (2023). Model Pembelajaran SIMAS ERIC : Dampak Terhadap Komunikasi Matematis dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 6(2), 143–153. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p143-153
Abstract views: 259 , PDF Downloads: 483