Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika

Authors

  • Desak Made Dwika Saniriati Universitas Jember
  • Dafik Dafik Universitas Jember
  • Randi Pratama Murtikusuma Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n2.p132-145

Keywords:

Adobe Animate, Schoology, Barisan dan Deret Aritmetika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran Adobe Animate berbantuan Schoology pada materi barisan dan deret aritmetika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang meliputi tahap definisi, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI dari salah satu sekolah menengah atas di Jember. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan media pembelajaran ini berdasarkan penilaian validator memenuhi kategori œSangat Tinggi, tingkat kepraktisan berdasarkan angket respon pengguna memenuhi kategori œBaik, dan tingkat keefektifan menunjukkan 17 dari 20 siswa memperoleh nilai tes di atas KKM. Dengan demikian media pembelajaran Adobe Animate berbantuan Schoology pada materi barisan dan deret aritmetika dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

References

<p>Kemendikbud, œPermendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses, pp. 113, 2013.</p><p>Z. Taleb, A. Ahmadi, and M. Musavi, œThe Effect of M-learning on Mathematics Learning, <em>Procedia - Soc. Behav. Sci.</em>, vol. 171, pp. 8389, 2015.</p><p>R. P. Murtikusuma, œPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK SISWA KELAS XI SMK, <em>Saintifika</em>, vol. 17, no. 2, pp. 2033, 2015.</p><p>A. Bray and B. Tangney, œTechnology usage in mathematics education research A systematic review of recent trends, <em>Comput. Educ.</em>, vol. 114, pp. 255273, 2017.</p><p>E. Oktavianingtyas, F. S. Salama, A. Fatahillah, L. A. Monalisa, and T. B. Setiawan, œDevelopment 3D Animated Story as Interactive Learning Media with Lectora Inspire and Plotagon on Direct and Inverse Proportion Subject, <em>J. Phys. Conf. Ser.</em>, vol. 1108, no. 1, 2018.</p><p>R. P. Murtikusuma, Hobri, A. Fatahillah, S. Hussen, R. R. Prasetyo, and M. A. Alfarisi, œDevelopment of blended learning based on Google Classroom with osing culture theme in mathematics learning Development of blended learning based on Google Classroom with osing culture theme in mathematics learning, <em>IOP Conf. Ser. J. Phys.</em>, vol. 1165, 2019.</p><p>R. P. Murtikusuma, A. Fatahillah, E. Oktavianingtyas, S. Hussen, and N. Lailiya, œThe development of interactive mathematics learning media based on schoology and visual basic through industrial revolution 4.0, <em>IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci.</em>, vol. 243, no. 1, 2019.</p><p>I. Falahudin, œPemanfaatan Media dalam Pembelajaran, <em>J. Lingk. Widyaiswara</em>, vol. 1, no. 4, pp. 104117, 2014.</p><p>K. A. Bakar, A. F. M. Ayub, W. S. Luan, and R. A. Tarmizi, œExploring secondary school students motivation using technologies in teaching and learning mathematics, <em>Procedia - Soc. Behav. Sci.</em>, vol. 2, no. 2, pp. 46504654, 2010.</p><p>F. Ozdamli, D. Karabey, and B. Nizamoglu, œThe Effect of Technology Supported Collaborativelearning Settings on Behaviour of Students Towards Mathematics Learning, <em>Procedia - Soc. Behav. Sci.</em>, vol. 83, pp. 10631067, 2013.</p><p>N. Yuwita, A. Aminudin, and G. Setiadi, œDifusi Inovasi Dalam Media Pembelajaran Interaktif Teks Fantasi Menggunakan Aplikasi Adobe Animate Creative Cloud, <em>J. Herit.</em>, vol. 7, no. 2, pp. 4567, 2019.</p><p>F. S. Abdullah and T. N. H. Yunianta, œPengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri, <em>AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat.</em>, vol. 7, no. 3, pp. 434443, 2018.</p><p>S. Samsudin, M. D. Irawan, and A. H. Harahap, œMobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate CC, <em>J. Teknol. Inf.</em>, vol. 3, no. 2, pp. 141148, 2019.</p><p>M. Warsito, Haryono, and H. Wibawanto, œE-Learning Development Based on Schoology for Subject of Information and Communication Technology Grade VII using Flipped-Learning Approach, <em>Innov. J. Curric. Educ. Technol.</em>, vol. 8, no. 1, pp. 110, 2019.</p><p>A. S. Sicat, œEnhancing College Students Proficiency in Business Writing Via Schoology, <em>Int. J. Educ. Res.</em>, vol. 3, no. 1, pp. 159178, 2015.</p><p>W. Sriyanto and N. Kaniadewi, œUsing Schoology in the Era of IR 4.0 (Factors Analysis From Students Perception), <em>Int. J. Educ. Vocat. Stud.</em>, vol. 1, no. 5, pp. 451454, 2019.</p><p>T. Aminoto and H. Pathoni, œPenerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi, <em>J. Sainmatika</em>, vol. 8, no. 1, pp. 1329, 2014.</p><p>C. Kartika Murni, œPengaruh E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Perangkat Keras Jaringan Kelas X Tkj 2 pada SMK Negeri 3 Buduran, Sidoarjo, <em>J. It-Edu</em>, vol. 1, no. 1, pp. 8690, 2016.</p><p>M. Rosalina, œAnalysis The Use of Schoology E-Learning Towards Students Learning Motivation Enhancement in STKIP Surya, <em>Indones. J. Sci. Educ.</em>, vol. 2, no. 1, pp. 8995, 2018.</p><p>N. Nur, Rusli, and Awi, œAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan Dan Deret Aritmatika, <em>Issues Math. Educ.</em>, vol. 2, no. 1, pp. 4348, 2018.</p><p>I. N. Aminatus Zahroh, Zainal Abidin, œPengembangan E-Module Matematika Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP, <em>J. Pendidikan, Penelitian, dan Pembelajaran.,</em> vol. 14, no. 7, pp. 123129, 2019.</p><p>R. Rachmadtullah, M. S. Zulela, and M. Syarif Sumantri, œComputer-based interactive multimedia: A study on the effectiveness of integrative thematic learning in elementary schools, <em>J. Phys. Conf. Ser.</em>, vol. 1175, no. 1, 2019.</p><p>A. S. Yusuf, L. Hakim, and A. Abdillah, œPerancangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Computer Assisted Instruction Model Tutorial pada Topik Fotosintesis Menggunakan Adobe Animate CC untuk SMP Designing Media of Integrated Science Learning on Photosynthesis Topics Based on Tutorial Model, <em>Proceeding Biol. Educ. Conf.</em>, vol. 16, no. 1, pp. 4248, 2019.</p><p>N. L. Ulva, S. Kantun, and J. Widodo, œPenerapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia, <em>J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos.</em>, vol. 11, no. 2, pp. 96102, 2017.</p>

Downloads

Published

2021-04-30
Abstract views: 2371 , PDF Downloads: 1828