Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n2.p132-145Keywords:
Adobe Animate, Schoology, Barisan dan Deret AritmetikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran Adobe Animate berbantuan Schoology pada materi barisan dan deret aritmetika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang meliputi tahap definisi, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI dari salah satu sekolah menengah atas di Jember. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan media pembelajaran ini berdasarkan penilaian validator memenuhi kategori œSangat Tinggi, tingkat kepraktisan berdasarkan angket respon pengguna memenuhi kategori œBaik, dan tingkat keefektifan menunjukkan 17 dari 20 siswa memperoleh nilai tes di atas KKM. Dengan demikian media pembelajaran Adobe Animate berbantuan Schoology pada materi barisan dan deret aritmetika dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.