Profil Literasi Kuantitatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Ditinjau dari Adversity Quotient

Authors

  • Nita Safitri Maulidah STKIP PGRI Sidoarjo
  • Lestariningsih Lestariningsih STKIP PGRI Sidoarjo
  • Risdiana Chandra Dhewy STKIP PGRI Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n2.p117-131

Keywords:

Literasi Kuantitatif, Soal Tipe PISA, PISA, Adversity Quotient.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi kuantitatif siswa SMA dalam menyelesaikan soal tipe PISA ditinjau dari Adversity Quotient. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini diawali dengan pemberian angket Adversity Respon Profile untuk mengetahui kategori Adversity Quotient. Kemudian setiap kategori Adversity Quotient dipilih satu siswa untuk diberi tes soal tipe PISA dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa SMA dengan kategori climber mempunyai literasi kuantitatif yang lebih baik daripada siswa SMA dengan kategori camper dan quitter. Siswa SMA dengan kategori camper mempunyai literasi kuantitatif yang lebih baik daripada siswa SMA dengan kategori quitter.

References

[1] Kemendikbud, Lampiran Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud, 2016.
[2] OECD, PISA 2009 Technical Report. PISA: OECD Publishing, 2012.
[3] OECD, Country Note: Indonesia - Results from PISA 2018. PISA: OECD Publishing, 2019.
[4] J. De Lange, Mathematics for Literacy - Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges. Journal National Council on Education and the Diciplines. Tidak diterbitkan, pp.81, 2003.
[5] Assosiation of American Colleges and Universities (AAC&U), (2009). Quantitative Literacy Value Rubric. http:// www.aacu.org/ value/ rubrics/ pdf/ QuantitativeLiteracy.pdf.2009. Diakses tanggal 6 Oktober 2019
[6] Stoltz, Adversity Quotient: Mengubah Hambatan menjadi Peluang. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana, 2000.
[7] I. Purnamasari, M. Ade, & N. Asep, Literasi Kuantitatif Siswa Ditinjau dari Aspek Quantity di Kelas VII A SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Untan, Vol. 5(2), pp. 8-9, 2016.
[8] Suryaningrum, Analisis kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA (Programme For International Student Assessment) di SMA Negeri 1 Tayu Pada Tahun Pelajaran 2017/2018, Semarang: UIN Walisongo Semarang, 2018.
[9] M. B. Miles, M. A. Huberman, & J. Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, Washington DC: SAGE Publication Inc, 2014.
[10] L. Darojat & Kartono, Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan AQ dengan Learning Cycle 7E. Journal of Mathematics Education Research, Vol. 5(1), pp. 6, 2016.
[11] I. Kurniawan, T. A. Kusmayadi, & I. Sujadi, Proses Berpikir Kreatif Siswa Climber dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Peluang. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 3(6), pp. 608, 2015.
[12] K. Mawardhiyah & J. T. Manoy, Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Program For Internasional Student Assessment (PISA) Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). MATHEdunesa, Vol. 7(3), pp. 638-643, 2018.
[13] Y. C. Pratiwi, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Dalam Pembelajaran Creative Problem Solving Ditinjau Dari Adversity Quotient. Malang: Universitas Negeri Malang, 2016.
[14] Z. Arifin, N. Kurniasih, & H. Kurniawan, Kemampuan Metakognisi Siswa Climber dalam Memecahkan Masalah Matematika Soal PISA. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, Vol. 6, pp. 305, 2018.
[15] N. Prameswari & S. Khabibah, Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). MATHEdunesa, Vol. 5(3), pp. 348-357, 2016.

Downloads

Published

2021-04-30
Abstract views: 175 , PDF Downloads: 189 , PDF Downloads: 0