Peran Resiliensi dalam Memediasi Hubungan Antara Persepsi Dukungan Sosial Dosen Pembimbing dengan Prokrastinasi Akademik Selama Mengerjakan Skripsi

Authors

  • Sabrina Anindya Rahayu Program Studi Psikologi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Rini Setyowati Program Studi Psikologi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Afia Fitriani Program Studi Psikologi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v14n1.p1-11

Keywords:

persepsi dukungan sosial, resiliensi, prokrastinasi akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran resiliensi dalam memediasi hubungan antara persepsi dukungan sosial dosen pembimbing dengan prokrastinasi akademik selama mengerjakan skripsi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP UNS Angkatan 2017 yang sedang mengerjakan skripsi. Sampel yang digunakan berjumlah 172 orang, diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari skala prokrastinasi akademik (α=0,848), skala resiliensi (α=0,856), dan skala persepsi dukungan sosial dosen pembimbing (α=0,853). Hasil analisis mediasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi dukungan sosial dosen pembimbing dengan prokrastinasi akademik selama mengerjakan skripsi melalui resiliensi (p<0,05). Mediasi resiliensi menghasilkan estimasi pengaruh yang lebih besar dibandingkan pengaruh langsung (-0,383>-0,361). Peningkatan persepsi dukungan sosial dosen pembimbing mengestimasikan peningkatan resiliensi sebesar 0,67. Selanjutnya, peningkatan resiliensi mengestimasikan penurunan prokrastinasi akademik sebesar 0,57.

References

Aini, W. (2014). Kesulitan-kesulitan mahasiswa PLS FIP UNP dalam menyusun skripsi. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), 13-21. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4308/3372

Arum, G. (2018). Hubungan optimisme dan self compassion dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi fakultas kedokteran UNS yang mengerjakan skripsi. (Skripsi, Universitas Sebelas Maret). Digital Library Universitas Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/59838

Fitriah, Z., Hartati, S., & Kurniawan, K. (2016). Faktor penyebab prokrastinasi akademik penyusunan skripsi pada mahasiswa FIP Unnes angkatan tahun 2009. Indonesian Journal in Guidance & Counseling: Theory & Application, 5(4), 46-51. https://doi.org/10.15294/ijgc.v5i4.1352247-51.

Hapsari, E. W. (2016). SELF EFFICACY PENGERJAAN SKRIPSI PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN PADA MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA. Jurnal Experientia, 4(2), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.33508/exp.v4i2.898

Harmini, S., Widjaja, H., Dimyati, Roebyanto, G., & Winarni, E. (2016). Pemetaan problematika mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir/skripsi pada program studi PGSD FIP UM. (Prosiding). Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi, Malang. Retrieved from http://pgsd.fip.um.ac.id/prosiding-seminar-nasional-pgsd-2016/

Hayes, A. (2013). Introduction to mediation, moderation, and conditional process analysis a regression-based approach. The Guildford Press.

Indrianti, N. (2019). Hubungan persepsi dukungan sosial dan resiliensi pada ibu tunggal yang bekerja. (Skripsi, Universitas Negeri Jakarta). Repository Universitas Negeri Jakarta. Retrieved from http://repository.unj.ac.id/3105/

Kesteren, E. (2020, March 12th). Mediation and moderation analysis in JASP. Retrieved from JASP: https://jasp-stats.org/2020/03/12/mediation-and-moderation-analysis-in-jasp/

McCloskey, J., & Scielzo, A. (2012). Finally!: The Development and validation of the academic procrastination scale. Retrieved from https://researchgate.net/publication

Merinda, S. (2015). Perbedaan resiliensi pada pasien diabetes melitus (DM) tipe 2 di Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin. (Skripsi, Universitas Syiah Kuala). Electronic theses and dissertations Universitas Syiah Kuala. Retrieved from https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13204

Mlinac, M., Sheeran, T., Blissmer, B., Lees, F., & Martins, D. (2011). Psychological resilience. In B. Resnick, L. Gwyther, & K. Roberto (Eds.). Resilience in aging: Concepts, research, and outcomes (pp. 67-87). Springer.

Nitami, M., Daharnis, & Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00

Nugroho, Y. (2017). Hubungan antara resiliensi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang). UNNES Repository. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/30172/

Prasetyo, I. (2018). Pengaruh perceived social support pada prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa penulis skripsi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (Skripsi, Universitas Sanata Dharma). Repository Universitas Sanata Dharma. Retrieved from http://repository.usd.ac.id/31515/

Procidano, M., & Heller, K. (1983). Measures of perceived social support from friends and from family: Three validation studies. American Journal of Community Psychology, 11(1), 124. https://doi.org/10.1007/BF00898416

Procidano, M., & Smith, W. (1997). Assessing Perceived Social Support. In G. Pierce, B. Lakey, I. Sarason, & B. Sarason (Eds.). Sourcebook of Social Support and Personality (pp. 93-106). Plenum Press.

Pujartanti, N. (2017). Hubungan persepsi dukungan sosial orangtua dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. (Skripsi, Universitas Sanata Dharma). Repository Universitas Sanata Dharma. Retrieved from https://repository.usd.ac.id/12436/

Raisa, & Ediati, A. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan resiliensi pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Semarang. Jurnal EMPATI, 5(3), 537-542. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15398

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). 7 Keys to Finding Inner Strength and Overcoming Life's Hurdles. Rivers Press.

Rokhmatika, L., & Darminto, E. (2013). Hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas unggulan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 1(1), 149-157. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/1940

Sayekti, W., & Sawitri, D. (2018). Hubungan antara dukungan teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tahun kelima yang sedang mengerjakan skripsi di fakultas ilmu budaya dan fakultas psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 7(1), 412-423. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/20259

Taylor, S., Sherman, D., & Kim, H. (2004). Culture and social support: Who seeks it and why? Journal of Personality and Social Psychology, 87(3), 354362. https://doi.org/10.1037/0022-3514.87.3.354

Tuckman, B. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and Psychological Measurement, 51(2), 473480. https://doi.org/10.1177/0013164491512022

Wagnild, G., & Young, H. (1993). Development and psychometric evaluation of the resilience scale. Journal of Nursing Measurement, 1(2), 165178. Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7850498/

Wangid, M., & Sudiyanto. (2013). Identifikasi hambatan struktural dan kultural mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 19-28. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4794

Windiantie, M. (2014). Studi korelasional mengenai hubungan persepsi mahasiswa tentang feedback yang diberikan oleh dosen pembimbing dengan prokrastinasi dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. (Skripsi, Universitas Padjadjaran). Repository Unpad. Retrieved from http://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/docId/28936

Yousof, A., Musa, R., Isa, M., & Arifin, S. (2020). A validation study of Perceived Social Support (PSS) of chronic patients in Antiretroviral clinics. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-112013/v1

Downloads

Published

2023-02-26

How to Cite

Rahayu, S. A., Setyowati, R., & Fitriani, A. (2023). Peran Resiliensi dalam Memediasi Hubungan Antara Persepsi Dukungan Sosial Dosen Pembimbing dengan Prokrastinasi Akademik Selama Mengerjakan Skripsi. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.26740/jptt.v14n1.p1-11
Abstract views: 1022 , PDF Downloads: 1161